Indonesia

Making the Leap – Fikayo Tomori

Dengan hari kabisat tiba hari ini (29 Februari), kami menutup serangkaian fitur kami mengenai bintang-bintang muda yang baru saja melakukan lompatan dari tim Akademi ke tim senior Chelsea dengan melihat salah satu penggawa pertahanan terbaik kami, Fikayo Tomori.

Tahun-Tahun Akademi

Dilahirkan di Kanada, Fikayo Tomori pindah ke Inggris bersama keluarganya saat masih bayi dan bergabung dengan Chelsea sebagai pemain U-8, lebih sering bermain di sisi kanan jantung pertahanan atau di posisi bek kanan di kelompok umur.

Dia membuat debut tim mudanya di usia 16 tahun dan setelah bermain di tim yang memenangi FA Youth Cup dan UEFA Youth League di 2014/15, dia adalah pemain kunci untuk the Blues saat kami mempertahankan gelar-gelar itu pada musim berikutnya, mencetak gol di kedua final. Dia kemudian memenangi penghargaan Pemain Akademi Terbaik  pada musim 2015/16.

 

Menimba Pengalaman

Tomori membuat debut seniornya untuk the Blues sebagai pemain pengganti dalam pertandingan terakhir kami di musim 2015/16 melawan Leicester City dan setelah menandatangani kontrak baru pada bulan Agustus, ia bermain untuk tim binaan kami sebelum dipinjamkan ke Brighton pada bulan Januari, bermain 10 pertandingan untuk klub pantai selatan itu saat mereka memenangi promosi ke Premier League.

Setelah membantu Inggris menjuarai Piala Dunia U-20 di Korea Selatan pada 2017, Tomori menghabiskan dua musim berikutnya sebagai pemain pinjaman di klub Championship, memainkan 26 pertandingan di Hull City pada 2017/18, dan 55 pertandingan di Derby County tahun lalu, di mana performa yang mengesankan di bawah kepelatihan Frank Lampard membuatnya terpilih sebagai Pemain Terbaik Klub saat the Rams mencapai final play-off Championship.


Membuat Debut

Dengan Lampard mengambil alih kursi kepelatihan Chelsea di musim panas, Tomori diberi kesempatan untuk bermain di bawah pelatih kepala baru kami, datang sebagai pemain pengganti di Piala Super melawan Liverpool dan melakukan debut penuh untuk the Blues dalam pertandingan Premier League melawan Sheffield United di akhir Agustus.

Dia mempertahankan tempatnya untuk kunjungan ke markas Wolves dan memanaskan laga dengan dengan mencetak gol dari jarak 35 meter yang menakjubkan, yang pertama untuk klub, yang menghasilkan kemenangan 5-2. Kehadirannya di tim dan penampilan yang bagus terus berlanjut hingga ia mendapatkan panggilan pertamanya sebagai pemain senior Inggris di bulan Oktober dan debut penuh untuk the Three Lions melawan Kosovo pada bulan berikutnya.

Peluang di Masa Depan

Tomori bergabung dengan para pemain seperti Mason Mount, Callum Hudson-Odoi, dan Reece James yang berkomitmen ke klub ketika ia menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun pada Desember lalu. Sementara ia adalah yang termuda dari deretan bek tengah kami di usia 22 tahun, ketenangannya di lini belakang dan ancaman mencetak gol dalam atributnya membuatnya menjadi pemain muda the Blues lainnya dengan masa depan yang cerah bagi klub dan negara.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA