Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 2 Liverpool 0

Chelsea lolos ke perempat final Piala FA! Performa tim yang luar biasa dikukuhkan dengan gol-gol jarak jauh yang diciptakan Willian dan Ross Barkley yang dilengkapi dengan sejumlah penyelamatan bagus Kepa dan penampilan menonjol di lini tengah dari Billy Gilmour yang berusia 18 tahun.

Keempat pemain itu, semuanya masuk ke dalam tim dini hari tadi, tentu saja memainkan peran utama dalam mengamankan kemenangan kompetisi piala lainnya melawan Liverpool, tetapi tak perlu diragukan lagi bahwa ini merupakan hasil kerja keras kolektif. Laga ini ditutup dengan clean sheet, untuk pertama kalinya sejak 11 Januari dan yang ketujuh dalam delapan pertandingan Piala FA terakhir kami di Stamford Bridge.

Pada pertandingan ini Kepa melakukan penyelamatan bagus pertamanya di awal babak, dan kami membalasnya saat peluang Willian ditepis oleh Adrian. Pemain Brasil itu mencetak gol tak lama setelah itu, pada menit ke-12, dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tidak bisa dihentikan oleh kiper Liverpool.

Adrian tak bisa menghentikan bola sepakan Willian menembus gawangnya

Kepa kemudian menghasilkan tiga penyelamatan dramatis untuk membuat kami tetap unggul, dan ketahanan kami terus meningkat, dibantu oleh man of the match di laga kali ini Gilmour, yang bermain sama bagusnya saat bertahan dan menyerang.

Peluang pemain pengganti Mason Mount membentur mistar saat laga berjalan satu jam dan kemudian kami unggul 2-0, Barkley menggiring bola dari lini tengah untuk mencetak gol yang bagus yang mengarah ke sudut gawang.

Sebenarnya kami menutup pertandingan dengan relatif mudah, dan bahkan bisa saja memperbesar keunggulan kami kemudian jika tembakan Olivier Giroud tidak membentur tiang gawang.

Itu tidak menjadi masalah karena Liverpool akhirnya menelan kekalahan kedua dalam empat hari. Sementara itu kami akan menunggu siapa lawan kami pada babak berikutnya dalam undian delapan besar yang akan diadakan pada Kamis dini hari WIB.

Selebrasi di akhir laga

Awal yang seru

Chelsea memulai laga dengan buruk. Kedua bek tengah kami kehilangan bola saat laga baru berjalan tiga menit, dengan yang kedua dari insiden itu, saat umpan Toni Rudiger dicegat, mengarah ke Sadio Mane yang tak terkawal. Untungnya tembakannya langsung mengarah ke Kepa, yang berhasil memblok dan menghentikan bola masuk ke gawangnya.

Kami tidak membiarkan ancaman yang terjadi di awal laga memengaruhi kami, dan dengan cepat meningkatkan penguasaan bola di Stamford Bridge.

Pada menit ke-5 Pedro sepertinya akan menandai penampilannya yang ke-200 dengan gol, tetapi Neco Williams berhasil menyapu tembakannya. Dari tendangan sudut yang dihasilkan, Cesar Azpilicueta melepaskan sundulan melebar dan di luar jangkauan Giroud dan Rudiger.

Barkley menembakkan bola ke arah gawang yang berhasil ditepis Adrian dan bola pantulan nyaris disambar Pedro.

Chelsea memimpin

Gilmour berhasil mendominasi lini tengah kami saat menguasai dan tidak menguasai bola. Satu pergerakan dan umpan di tengah mengubah pertahanan menjadi serangan dan bola mengarah ke Pedro di sisi kiri. Umpan silangnya berhasil dikontrol Barkley, yang memungkinkannya berlari ke arah Willian yang tidak terkawal dan melepaskan tembakan yang berhasil dihentikan dengan lengan Adrian. Pemain Brasil kami mencetak gol 20 detik setelahnya.

Fabinho yang berada di bawah tekanan Barkley akhirnya kehilangan bola yang mengarah ke Willian, dan kali ini tendangannya dari jarak 18 meter terlalu keras untuk dibendung kiper Liverpool, dan bola bersarang di sudut bawah gawang. Laga yang seru selama 13 menit dipertontonkan.

Merayakan gol pembuka

Kepa melakukan penyelamatan

Kepa telah keluar dari susunan tim inti sejak putaran sebelumnya kompetisi ini. Dia mengingatkan semua orang tentang kualitasnya sebelum laga berjalan 20 menit dengan tiga penyelamatan beruntun yang luar biasa.

Williams melepaskan umpan silang dan Cesar Azpilicueta menyapu bola yang malah kembali ke zona berbahaya. Bola akhirnya jatuh ke Mane, yang melepaskan sepakan dari jarak dekat yang berhasil diblok Kepa.

Ancaman belum berakhir. Divock Origi kemudian melepaskan tembakan lainnya, tetapi Kepa dengan lengan kirinya menangkis bola yang jatuh ke kaki Curtis Jones, yang juga melepaskan tembakan yang berhasil dihentikannya.

Penyelamatan Kepa dari tembakan Origi, yang berdiri di tengah di antara tiga pemain, jadi salah satu momen terbaik laga ini

Termotivasi dengan aksi heroik tersebut, Kepa meluncur ke sebelah kiri untuk menepis sepakan Mane setelah pemain Senegal itu menusuk kotak penalti kami dan melepaskan tembakan melengkung pada menit ke-30.

Tempo melambat jelang turun minum, peluang dari kedua tim tetap tercipta.

Kami dipaksa melakukan perubahan sebelum dan sesudah jeda. Mateo Kovacic yang tertatih-tatih digantikan oleh Mount, dan kemudian ketika babak kedua dimulai Willian harus keluar lapangan dan digantikan oleh Jorginho.

Gol kedua yang mengesankan

Suporter tuan rumah meningkatkan atmosfer dukungan mereka saat Liverpool menaikkan tekanan. Kami bertahan dengan baik dengan Kurt Zouma berhasil memotong tembakan Adam Lallana. Dan kemudian saat laga berjalan hampir satu jam kami nyaris menggandakan keunggulan kami, tendangan bebas Mount melambung di atas mistar dan terbang ke tribun Matthew Harding.

Suporter di tribun itu hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk menyaksikan sebuah gol solo yang mengesankan.

Pedro merebut bola di area permainan Chelsea dan Giroud mengalahkan Van Dijk dalam duel udara, dengan bola kemudian mengarah ke Barkley, yang berdiri sekitar 65 meter dari gawang. Dia pun mengambil inisiatif untuk menusuk pertahanan Liverpool dan melepaskan tembakan. Dia menunjukkan kecepatan dan kejelian melihat ruang, dan melepaskan tembakan yang bersarang ke sudut bawah gawang dari tepi kotak penalti. Itu jelas momen yang sangat manis bagi mantan pemain Everton itu.

Tembakan akurat dari Barkley setelah pergerakan yang mengagumkan

Kami memiliki dua peluang besar untuk menutup kemenangan kami. Yang pertama diciptakan Pedro, saat ia mencuri bola dari dua pemain Liverpool di area permainan kami dan berlari ke ruang yang cukup terbuka. Namun tembakannya dengan mudah dihalau Adrian.

Kemudian saat laga tersisa 15 menit giliran peluang Giroud yang melambung di atas mistar. Dia berhasil melewati hadangan Joe Gomez - yang kesulitan menghadapinya sepanjang laga - dan berlari dengan kencang ke arah gawang. Adrian menebus kesalahannya pada gol pembuka dengan penyelamatan sensasional, mengalihkan bola ke bagian bawah mistar. Bola memantul ke sisi yang salah dari garis dari sudut pandang kami.

Dengan 10 menit tersisa, Jurgen Klopp memasukkan Roberto Firmino dan Mohamed Salah untuk mencoba dan bertahan di kompetisi ini, tetapi justru Chelsea yang mengancam akan mencetak gol berikutnya. Mount melepaskan tembakan yang melebar dan sepakan Giroud membentur tiang.

Kami tetap bertahan dengan baik untuk memadamkan beberapa serangan terakhir Liverpool, dan ketika peluit panjang berbunyi publik Stamford Bridge bisa merayakan malam yang indah.

Gilmour dengan tenang menguasai bola

Kabar Tim

Frank Lampard membawa enam pemain yang tidak masuk  tim inti saat melawan Bournemouth, termasuk Gilmour dan Kepa. Rudiger, Zouma, Barkley dan Willian adalah perubahan lainnya. Pemain muda Tino Anjorin masuk skuat cadangan.

Liverpool membuat tujuh perubahan dalam susunan pemain mereka dari laga terakhir mereka di liga.

Apa selanjutnya?

Tetangga Liverpool, Everton, akan berkunjung ke Stamford Bridge pada hari Minggu untuk pertandingan penting Premier League lainnya. Kick-off dimulai pukul 21:00 WIB

Sebelum itu kami akan mengetahui lawan kami di perempat final Piala FA setelah hasil pertandingan Sheffield Wednesday vs Man City besok malam.

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta (k), Rudiger, Zouma, Alonso; Barkley, Gilmour, Kovacic (Mount 42); Willian (Jorginho 51), Giroud (James 90), Pedro.
Pemain cadangan tidak dimainkan Caballero, Tomori, Anjorin, Batshuayi.
Pencetak Gol Willian 13, Barkley 64

Liverpool (4-3-3): Adrian; Williams, Gomez, Van Dijk (k), Robertson; Lallana (Salah 80), Fabinho, Jones (Milner 70), Mane, Minamino, Origi (Firmino 70).
Pemain cadangan tidak dimainkan Lonergan, Matip, Chirivella, Oxlade-Chamberlain.
Kartu kuning Fabinho 61, Milner 76, Mane 90+4

Penonton 40.103
Wasit Chris Kavanagh

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA