Analisis

Data Day: Chelsea vs Liverpool – Pedro Terbaik di Kategori Tekel dan Intersep

Mari kita lihat statistik dari kemenangan impresif dini hari kemarin yang menggarisbawahi kontribusi berarti dari sejumlah pemain the Blues, salah satunya Pedro di laga ke-200-nya ini…

Terjadi sebanyak 31 tembakan di laga itu, 17 dilepaskan oleh the Blues. Tujuh di antaranya on target, dan empat lainnya diblok.

Liverpool sama sekali tidak melepas tembakan ke arah gawang setelah turun minum. Kelima sepakan mereka dalam kurun waktu itu selalu melambung atau melebar.

Olivier Giroud dan Ross Barkley masing-masing menembak tiga kali - tertinggi di kubu Chelsea.

Liverpool memenangi penguasaan bola sebesar 58,4 persen namun sebagian besar didominasi oleh dua bek tengah mereka, Virgin van Dijk dan Joe Gomez.

Di kubu Chelsea, hanya Marcos Alonso (5 persen) yang lebih sering menguasai bola ketimbang Billy Gilmour (4,9 persen).

Keduanya juga jadi pemain dengan sentuhan terbanyak untuk kami (Alonso 76, Gilmour 62).

Dari 402 operan yang pemain Chelsea lakukan, 74 persen di antaranya sukses menemui rekan-rekannya. Pengoper terakurat di kubu the Blues adalah Toni Rudiger (85 persen).

Secara keseluruhan, dari sisi Chelsea, Alonso adalah yang paling banyak melepas operan (41), diikuti oleh Rudiger (39), dan Gilmour (38).

Giroud membuat dua umpan kunci, tertinggi di kubu Chelsea. Sementara, ketiga pemain depan starter Liverpool tak mencatatkan satu pun.

Pedro jadi pendribel terbaik kami dengan tiga take-on sukses, dan seperti yang disebut oleh Frank Lampard seusai laga, etos kerjanya jadi faktor krusial dalam kemenangan itu. Hal itu juga dibuktikan dengan lima tekel yang dimenanginya ditambah dengan empat intersep - tertinggi bersama pemain lain.

Kami menang tipis dalam duel bola atas, memenangi 24 dari 44 duel. Tujuh duel udara yang dimenangi Giroud hanya kalah dari Van Dijk (delapan).

Tingkat kesuksesan duel bola atas Cesar Azpilicueta yang sebesar 80 persen – empat dari lima duel – adalah rasio terbaik di lapangan.

Sang kapten juga mencatatkan clearance tertinggi (delapan), satu lebih banyak dari Rudiger dan Kurt Zouma.

Dalam dua kemenangan terakhir atas Liverpool di FA Cup, kami selalu menutup turnamen ini dengan trofi (1997, 2012). 

Cobalah kuis Pedro dari kami! 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA