Analisis

Zouma Ungkap Kunci untuk Mengalahkan Liverpool dan Latihan Gilmour

Terakhir kali Kurt Zouma punya andil dalam terciptanya clean sheet Chelsea adalah dalam laga tandang di markas Tottenham sebelum Natal lalu, jadi bisa dimengerti jika bek ini merasa puas dapat melakukannya lagi dini hari tadi, terutama dengan menghadapi tim seperti Liverpool.

Laga itu berakhir dengan skor yang sama dengan saat mereka mengalahkan Spurs, 2-0. Willian kembali menyumbang satu gol sementara satu gol lagi diciptakan oleh Ross Barkley. Zouma membandingkan performa yang menghasilkan dua gol itu dengan performa-performa yang kurang efektif sebelumnya. Menurutnya, semangat tim adalah kunci untuk mengalahkan Liverpool.

“Semua berjuang keras untuk memenangi setiap bola, berlari, bertahan, dan menyerang. Kurasa laga ini menarik untuk disaksikan dan kami bermain dengan sangat baik.”

“Clean sheet selalu bagus, terlebih melawan Liverpool. Kami tahu mereka punya pemain-pemain hebat di depan, mereka punya tim yang hebat, dan kami bertahan dengan sangat baik. Tapi ini bukan cuma soal pemain bertahan, kami semua bertahan dan menyerang dengan sangat baik sebagai sebuah tim. Kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol.”

“Kami tampil dengan baik tapi kami harus tetap fokus karena ada laga-laga di mana kami tampil baik dan di laga berikutnya biasa saja. Entah, mungkin pemain-pemain agak lelah, mungkin kami kurang fokus.”

“Melawan Liverpool, mentalitas inilah yang harus kami jaga di setiap pertandingan. Kami punya laga yang sangat penting pada hari Minggu (melawan Everton), kami harus menang di kandang dan melaju dari situ.”

Zouma mengungkap kekagumannya kepada Billy Gilmour, yang baru berusia 18 tahun, atas kinerjanya di lini tengah saat melawan Liverpool, yang mana merupakan start ketiganya di tim senior.

“Penampilan yang sulit dipercaya, sangat dewasa dan tenang di permainan ini, juga cerdas saat menguasai bola dan tidak,” kata Zouma yang berusia tujuh tahun di atas Gilmour.

“Dia fantastis, seperti sedang berlatih saja. Dia berlatih dengan sangat bagus. Dia sangat percaya diri dan mampu mempertahankan bola, dia berlari ke sana-sini dan menekan lawan. Dia punya masa depan yang cerah, dia hanya perlu terus bekerja keras.”

Baca: Pandangan Frank Lampard

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA