Sejarah

Selamat Ulang Tahun Chelsea! Enam Fakta tentang Sejarah Berdirinya Klub yang Mungkin Tidak Anda Ketahui...

Untuk merayakan hari berdirinya klub hari ini 115 tahun lalu, kami sajikan enam fakta tentang masa lalu Chelsea Football Club yang mungkin belum Anda ketahui, antara lain mengenai nama-nama yang diajukan, julukan, dan warna.

Pada 10 Maret 1905, klub hebat ini secara resmi didirikan di pub Rising Sun yang terletak di seberang stadion – kini bernama Butcher’s Hook.

Berikut enam informasi lain yang perlu Anda ketahui tentang sejarah berdirinya klub…

Pada awalnya ada beberapa nama yang diajukan untuk menjadi nama klub, antara lain Kensington FC, London United, dan Stamford Bridge FC. Frederick Parker mengusulkan nama Chelsea agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan Stamford Bridge di Yorkshire, yang merupakan medan pertempuran pada 1066.

Pada bulan Juni 1905, sebelum ada permainan bola, Stamford Bridge yang baru dibangun menjadi tuan rumah perlombaan London Athletic Club, dan dua bulan kemudian East Stand dibuka, menggunakan kerangka besi ukuran besar yang didatangkan dari rumah pengecoran di Glasgow dengan harga £2.000 (sekitar £250.000 untuk nilai sekarang).

Chelsea FC membayar sebesar £1.500 (sekarang sekitar £185.000) sebagai uang sewa tahunan kepada pemilik Stamford Bridge, Gus Mears, untuk dapat menggunakan stadion itu di musim 1905/06. London Athletic Club, yang terus menggunakan fasilitas di stadion yang dipugar pada musim panas, hanya membayar sebesar £250 (sekitar £30.000 sekarang).

Chelsea FC Chronicle, matchday programme, mencari julukan baru bagi klub di surat kabar lokal. Muncul nama-nama seperti the Buns (seperti nama roti Chelsea Buns), the Cherubs, dan the Colts, hingga akhirnya memilih mengunakan julukan di the Pensioners (menggunakan nama penghuni Rumah Sakit Kerajaan di dekatnya).

Chelsea awalnya menggunakan warna kaus biru muda yang dikenal dengan nama "Eaton Blue". Warna ini terinspirasi dari warna kain sutra yang digunakan oleh kuda balap presiden klub pertama, Lord Cadogan. Setelah itu, the Pensioners memakai warna royal blue yang ikonik itu untuk kali pertama di musim 1907/08.

Dalam pertandingan pada 2 September 1905, ketika kesebelasan Chelsea pertama kali berdiri di lapangan, sebagian besar pemain starter adalah pemain Skotlandia, dengan rincian sebagai berikut: William Falk (Inggris), Bob McKee (Skotlandia), Bob McEwan (Skotlandia), Tommy Miller (Skotlandia), Bob Macroverts (Skotlandia), Jordi Kay (Skotlandia), Martin Moran (Skotlandia), Jackie Robertson (Skotlandia), Davi Copeland (Skotlandia), Jimmy Windridge (Inggris), dan Jack Kerwan (Irlandia).

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA