Analisis

Gilmour, Barkley, Mount – Gelandang Chelsea Asli Inggris untuk yang Pertama Sejak Kapan?

Billy Gilmour, Ross Barkley, dan Mason Mount menjadi dinamo bagi tim yang dengan luar biasa menyapu Everton di laga terakhir, dan kami yakin itu jadi laga pertama setelah satu dekade di mana ketiga gelandang diisi oleh pemain-pemain asal Inggris.

Pemain homegrown lain, Reece James, menunjukkan keserbabisaannya dalam menjalankan peran mempertahankan bola ketika menggantikan Mount di setengah jam terakhir.

Dengan membuka debat mengenai posisi mereka sebenarnya, kami yakin terakhir kali kami menurunkan gelandang-gelandang berkebangsaan Inggris sebagai starter adalah saat melawan Leicester di League Cup pada 31 Oktober 2007: Shaun Wright-Phillips, Steve Sidwell, Frank Lampard, dan Scott Sinclair.

Di liga, kita bahkan harus mundur lagi ke belakang hingga 8 April 1998, ketika kami berhadapan dengan Leeds. Saat itu tampil Eddie Newton, Dennis Wise, dan asisten pelatih saat ini Jody Morris di jantung permainan dalam formasi 3-5-2.

Kesuksesan beruntun atas tim Merseyside

Setelah Minggu lalu, the Blues sudah tak terkalahkan selama 25 kali menjamu the Toffees di divisi utama, sejak Desember 1994. Catatan ini menyamai rekor kandang tak terkalahkan klub di liga atas Tottenham, yang dibukukan antara 1993 dan 2016.

Kemenangan atas Everton itu juga membuat the Blues berhasil mengalahkan kedua klub Merseyside di pekan yang sama untuk kali ketiga dalam sejarah kami, yang masing-masing berjarak 14 tahun, dan kali ini hanya berjarak beberapa bulan setelah dobel tandang atas tim London utara di liga dalam selang delapan hari pada Desember.

Double atas tim Merseyside yang dilakukan dalam sepekan

1992
Min 26 Jan - Everton k - FAC R4 1-0 (Allen)
Sab 1 Feb - Liverpool t - D1 2-1 (Jones, Wise)

2006
Min 5 Feb - Liverpool k - PL 2-0 (Gallas, Crespo)
Rab 8 Feb - Everton k - FAC R4 4-1 (Robben, Lampard p, Crespo, Terry)

2020
Sel 3 Mar - Liverpool k - FAC R5 2-0 (Willian, Barkley)
Min 8 Mar - Everton k - PL 4-0 (Mount, Pedro, Willian, Giroud)

Frank Lampard bermain di kedua laga tahun 2006 itu dan mencetak sebuah gol dari titik putih di salah satu laga di antaranya. Dengan 10 gol yang diciptakannya ke gawang the Toffees, klub urutan ketiga yang paling sering ia bobol. Saksikan kompilasi gol-gol terbaiknya di video berikut…

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA