Indonesia

Penyihir dari Amsterdam - Hakim Ziyech Berulang Tahun yang ke-27

Hari ini (19 Maret) Hakim Ziyech berusia 27 tahun dan untuk merayakannya mari kita lihat karier pemain yang disebut sebagai "Penyihir asal Amsterdam", yang akan bermain untuk Chelsea musim depan.

Memulai karier

Setelah memulai kariernya di beberapa klub di kota kelahirannya di Dronten, Belanda bagian tengah, Ziyech bergabung dengan sistem pemain binaan di Heerenveen ketika berusia 14 tahun pada 2007 dan melakukan debutnya di tim profesional untuk klub Eredivisie tersebut saat melawan Rapid Bucharest di ajang kualifikasi Europa League pada Agustus 2012.

Pengalaman di Eredivisie 

Setelah menjadi pemain utama di Heerenveen, ia kemudian bergabung dengan Twente pada 2014 dan menjadi pencipta assist terkemuka Eredivisie dengan 16 assist di musim 2014/15. Semusim kemudian, dia mengemas 17 gol dan 10 assist dan setelah itu pindah ke raksasa Belanda, Ajax, pada musim panas 2016.

Mengangkat Amsterdam

Setelah pindah ke Ajax, Ziyech berperan penting dalam laju timnya hingga ke final Liga Europa di musim 2016/17 dengan mencetak dua gol dan empat assist. Dia terpilih sebagai pesepak bola terbaik Belanda di musim 2017/18, dan musim lalu tampil fantastis untuk membantu klub Amsterdam itu meraih dua gelar domestik dan maju hingga semifinal Liga Champions.

Memilih Maroko

Meski membela Belanda di level yunior, Ziyech juga dapat bermain untuk Maroko mengikuti silsilahnya, dan dia mengonfirmasikan keputusannya untuk mewakili negara Afrika utara itu. Debutnya di panggung dilakoni dengan penampilan di laga persahabatan kontra Pantai Gading pada Oktober 2015. Dia kemudian tampil lagi bagi the Atlas Lions di Piala Dunia 2018 dan Piala Afrika tahun lalu.

Bersinar di Stamford Bridge

Ziyech membuat para penggemar Chelsea terkesan ketika Ajax menyambangi Stamford Bridge di ajang Liga Champions November lalu dengan menyuplai tiga gol dalam laga menegangkan yang berakhir dengan skor imbang 4-4. Awalnya Chelsea mencapai kesepakatan dengan Ajax pada Februari dan kemudian disusul dengan mencapai kesepakatan pribadi dengan si pemain sayap. Dengan demikian, si Penyihir asal Amsterdam ini dipastikan akan membawa sihirnya ke Stamford Bridge per musim depan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA