Indonesia

Apa yang Bisa Diberikan Hakim Ziyech untuk Chelsea

Keputusan Chelsea merekrut Hakim Ziyech sebagai pembelian pertama mereka usai sanksi transfer, sebenarnya membuat saya terkejut. Bukan karena saya meragukan kualitasnya, tapi karena rumor yang muncul di media terbilang jarang.

Selain itu Ziyech lebih kerap dihubungkan dengan klub-klub lain, terutama dari Spanyol. Secara gaya permainan pun, saya sempat menilai bahwa dia lebih cocok untuk bermain di kompetisi yang skillful. Bukan yang mengedepankan fisik seperti di Premier League.

Namun keputusan Chelsea kali ini, menurut saya tepat. Selain karena harganya masuk akal, Ziyech merupakan salah satu winger modern yang terbaik dalam beberapa waktu terakhir. Dia membuktikannya dengan tegas musim lalu bersama Ajax Amsterdam.

Selain Matthijs De Ligt, Frenkie De Jong, dan Dusan Tadic, Ziyech adalah alasan mengapa Ajax bisa menembus semifinal Liga Champions musim lalu, dengan mengalahkan Real Madrid dan Juventus. Visi bermainnya luar biasa, eksekutor bola mati yang handal, fisiknya prima, dan yang paling saya suka adalah dia sudah matang. Karakter pemain ini juga unik, karena dia menurut saya adalah winger yang dermawan. Bukan sosok individual, seperti kebanyakan winger saat ini.

Usianya sekarang 26 tahun, usia yang tepat. Tidak terlalu muda, juga belum bisa dibilang tua. Banyak bintang bertalenta yang gagal di klub dan kompetisi besar, karena mereka tidak kuat secara mental. Tapi Ziyech menurut saya sudah memiliki kedua modal tersebut.

Apa yang bisa diberikannya buat Chelsea musim depan? Ada banyak hal. Secara posisi, dia sudah sesuai sekali dengan skema 4-3-3 Frank Lampard. Dia bisa bermain di kedua sisi sayap bahkan kalau diperlukan sebagai pengatur serangan di belakang striker utama, sehingga Chelsea bisa memiliki alternatif formasi.

Kelebihannya dalam mengeksekusi bola mati juga bakal krusial, yang otomatis bakal menambah opsi eksekutor tendangan bebas dalam skuad Chelsea. Tentu Anda masih ingat bagaimana eksekusinya yang menghasilkan gol ke jala Chelsea, saat jadi motor Ajax bertandang ke Stamford Bridge di fase grup Liga Champions lalu.

Terakhir dan yang menurut saya paling penting adalah pengalamannya. Mengingat skuad Chelsea, terutama di lini depan masih begitu hijau, Ziyech bisa jadi mentor tepat buat Mason Mount juga Callum Hudson-Odoi yang punya talenta besar.

Apalagi geliat transfer Chelsea untuk musim depan masih belum berakhir, jadi buat saya Ziyech adalah langkah awal yang tepat untuk membawa The Blues terbang tinggi musim depan.

Penulis: Temmy Rahadi

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA