Sejarah

Mengulas 5 Kiper Chelsea dengan Catatan Clean Sheet Terbaik

Podcast Match of the Day terbaru memfokuskan  perhatian ke catatan clean sheet dan penjaga gawang minggu ini. Untuk memberikan sentuhan Chelsea pada daftar, kami memilih 5 kiper terbaik kami berdasarkan jumlah clean sheet yang mereka ciptakan di bawah ini...

Selama jeda kompetisi sepak bola, penyiar reguler Match of the Day, Gary Lineker, Alan Shearer, dan Ian Wright telah menyusun daftar peringkat para pemain yang menonjol di era Premier League. Episode sebelumnya telah terfokus pada pencetak gol terbanyak dan kapten terbaik, sementara perhatian pada edisi terbaru terfokus pada pemain di bawah mistar.

Ada jauh lebih banyak hal dalam seni menjaga gawang daripada sekadar mencetak clean sheet tetapi menorehkan catatn tidak kebobolan tetap menjadi indikator paling berharga dari kualitas seorang penjaga gawang untuk tim. Petr Cech jelas masuk dalam daftar terbaik di Premier League, dengan 202 clean sheet dari 443 penampilan. Pada 2004/05, saat the Blues memenangi gelar untuk pertama kalinya dalam 50 tahun, mantan pemain Republik Ceska ini hanya kebobolan 15 gol sepanjang musim, rekor terendah yang masih bertahan hingga kini.

Cech juga menjadi tajuk utama daftar kami di bawah ini dalam hal kiper yang mencetak clean sheet terbanyak di semua kompetisi untuk Chelsea...

Petr Cech

Cech memimpin dalam catatan clean sheet Chelsea, yang cukup untuk membuatnya menjadi seorang legenda. Namun, ini bukan hanya tentang statistik sederhana ketika membicarakan pencapaian pria berusia 37 tahun tersebut.

Ingatlah aksi heroiknya di final Liga Champions 2012, ketika ia menyelamatkan tiga penalti, atau melakukan penyelamatan penting dari peluang Andy Carroll di final Piala FA dua minggu sebelumnya. Stabil dan spektakuler.

Peter Bonetti

Dengan jersey hijau dan sarung tangannya yang khas, Peter Bonetti menjaga gawang Chelsea selama dua dekade terbaik, menebus kekurangan tinggi badannya dengan kelincahan dan refleks yang membuatnya mendapatkan salah satu julukan sepak bola yang paling ikonik: the Cat. Dia adalah garis pertahanan terakhir dalam semua kesuksesan trofi kami di tahun 60an dan 70an, serta menjadi juara Piala Dunia pertama dari klub ini.

Dalam 729 penampilan untuk tim utama kami, ia juga mencetak rekor lain yang bertahan hingga era modern, ketika total 208 clean sheet untuk Chelsea akhirnya dipatahkan oleh Cech.

Carlo Cudicini

Direkrut pada musim panas 1999 sebagai pemain yang tidak terkenal di luar negara asalnya; dia pergi sebagai legenda the Blues satu dekade berselaang. Cudicini diboyong dengan status pinjaman selama satu musim dari Castel Di Sangro, transfer yang kemudian dilakukan secara permanen dengan harga 160 ribu poundsterling.

Dia kemudian jadi terkenal karena aksi refleks dan keterampilannya dalam menyelamatkan penalti, dengan tingkat keberhasilan yang luar biasa, hampir 50 persen, dan kemudian memenangi penghargaan sebagai Pemain Terbaik Klub dan Penjaga Gawang Terbaik di liga. Setelah 216 penampilan dan 101 clean sheet,  kepindahannya ke White Hart Lane bahkan tidak dapat menodai warisannya di London Barat.

Sam Millington

Berasal dari Walsall, Millington dibeli dari Wellington, di dekat Shropshire, dan memainkan peran penting dalam membantu kami untuk promosi pada tahun 1930, ketika ia menyimpan 14 clean sheet dan hanya absen dalam empat pertandingan.

Sosok kiper yang memakai topi datarnya menjadi pemandangan yang biasa bagi para pendukung the Blues dan Millington membuat 245 penampilan hanya dalam enam musim sebagai penjaga gawang utama kami setelah bergabung pada 1926, tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-30. Sayangnya, cedera menyebabkan dia pensiun ketika dia masih memiliki banyak hal untuk diberikan, tetapi dia pergi dengan torehan 78 clean sheet.

Jim Molyneux

Direkrut dari Stockport pada tahun 1910 sebagai pengganti Jack Whitley, Molyneux segera mengukuhkan posisinya dan mempertahankannya selama 12 tahun berikutnya, yang diwarnai era perang. Meskipun tingginya hanya 1,75 meter, ketangkasan dan antisipasinya yang tajam memungkinkannya untuk sukses dengan cara lain, membuatnya sangat dihormati oleh sesama rekan penjaga gawang.

Molly, sesuai nama panggilannya, tampil di final Piala FA pertama kami, meskipun ia tidak mampu menghentikan Sheffield United dalam kekalahan 3-0 pada 1915. Ia pensiun dengan 239 penampilan tim utama, dan banyak lagi selama era perang, dan membukukan 77 clean sheet.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA