Sejarah

Duel di Wembley – Final FA Cup 1970 – 50 Tahun Silam

Sabtu ini bertepatan dengan perayaan lima puluh tahun duel besar antara Chelsea dan Leeds United yang memperebutkan trofi paling terkenal dalam sejarah kompetisi antar klub.

Dibutuhkan dua laga untuk menentukan pemenangnya, yang keduanya diperpanjang hingga babak tambahan. Akhirnya, tim asal London barat berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan tim dari West Yorkshire. Perayaan emas yang patut dirayakan.

Untuk mengenang laga ini, aplikasi The 5th Stand akan menayangkan kembali final FA Cup 1970 ini secara utuh pada hari Sabtu pukul 22.00 WIB, mengikuti waktu kick-off yang sebenarnya, sama halnya dengan tayangan partai ulang final FA Cup pada akhir bulan ini. Video ini dapat disaksikan kapan saja, berdasar permintaan, setelah pukul 22.00 WIB.

Tak salah lagi – laga final antara Chelsea melawan Leeds ini benar-benar laga yang abadi!

Dua klub besar yang belum pernah menjuarai FA Cup – dan 50 tahun lalu, kompetisi ini sampa bersengsinya dengan liga.

Kedua tim sama-sama dekat dengan gelar juara kompetisi ini di beberapa musim sebelumnya.

Kedua tim juga dianggap sebagai tim terbaik di Inggris kala itu, dan dengan dukungan terbanyak.

Kedua tim punya gaya main dan reputasi yang bertolak belakang – yang dari utara berbakat dan berkemampuan tinggi namun juga mampu menaklukkan lawan dengan intimidasi; yang satu lagi melambangkan keluwesan London namun keras. Tentunya tidak ada yang menyukai kekalahan, dan pasukan Chelsea ini tak dapat diintimidasi!

Saat kedua tim berhadapan untuk memperebutkan hadiah besar, bisa dipastikan laga seru tersaji, dan meski laga ulang di Old Trafford kemudian terkenal sebagai salah satu laga terburuk yang pernah dimainkan (dan disaksikan di depan TV), laga pertama di Wembley ini juga bukan untuk mereka yang memiliki jantung lemah.

Belum lagi kondisi lapangannya!

Sampai jumpa pada Sabtu mulai pukul 22.00 WIB.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA