Berita

Peter Bonetti 1941-2020

Dengan duka mendalam Chelsea Football Club mengumumkan berpulangnya salah satu pemain terbesar sepanjang sejarah klub, Peter Bonetti.

Eks kiper kami ini telah lama melawan sakit berkepanjangan. Kami semua di Chelsea mengucapkan duka cita yang mendalam dan tulus kepada keluarga dan teman-teman Peter.

Bonetti adalah seorang kiper superstar di era 1960-an dan 1970-an. Terbilang kecil untuk ukuran kiper namun memiliki aura keglamoran yang besar, ia secara teknis sangat inovatif dan luar biasa berani. The Cat, demikian julukannya, adalah jaminan keamanan lini belakang di antara banyak pemain unik di era emas Chelsea.

Ia benar-benar menjadi garis pertahanan terakhir dalam beberapa laga terbesar kami. Gambaran kiper kami yang tengah cedera dan upaya supernya untuk menggagalkan upaya Leeds United di partai ulang final FA Cup 1970, 50 tahun lalu bulan ini, adalah salah satu gambaran paling heroik di laga mengesankan itu, laga yang mencetak rekor penonton TV sebanyak 28 juta orang di Inggris saja.

Kala itu Bonetti adalah salah satu pilar utama di tim the Blues yang muncul di bawah manajemen Tommy Docherty dan dipoles oleh Dave Sexton. Sebagian besar anggota tim itu berasal dari kelompok binaan pemain muda Chelsea, sesuatu yang tentunya dapat dibanggakan oleh para penggemar kami.

Ia melakukan debutnya untuk Chelsea saat masih berusia 18 dan layak menjadi seorang kiper besar. Sejak hari itu, ia terus mengalami kemajuan.

Selama dua dekade, sejumlah kiper muda yang berseragam Chelsea selalu tak mampu menandingi sosok yang juga biasa terlihat menggulung lengan kausnya hingga siku ini. Sebagian besar rekor yang Bonetti ciptakan untuk kategori clean sheet dan trofi di level klub baru bisa dipecahkan belum lama ini. Beliau adalah pemegang rekor penampilan kedua terbanyak kami, dia adalah kiper dalam raihan gelar-gelar bersejarah pertama klub, dan masih jadi kiper homegrown tersukses sepanjang masa kami.

Julukan “the Cat” diberikan oleh rekan setimnya Ron Tindall. Julukan itu kemudian melekat di dirinya, di Chelsea dan di dunia, karena sangat cocok dengan pembawaanya yang tenang namun dengan gerakan yang anggun.

Bonetti terkenal di dunia sepak bola dan inovasinya dalam seni menjaga gawang. Meski memiliki tinggi kurang dari 180 cm, dialah kiper pertama berani yang keluar dari garis gawang, menantang serangan lawan yang seringkali brutal, dan menangkap bola-bola tinggi di area penalti. Dia juga yang memulai gerakan menggelindingkan atau melempar bola ke pemain-pemain berkaus biru alih-alih menendangnya jauh-jauh.

Ia jugalah kiper yang memperkenalkan penggunaan sarung tangan berkebun untuk mengatasi licinnya bola pada saat musim dingin, yang berujung pada diciptakannya sarung tangan merek Peter Bonetti, sarung tangan pertama dan sangat sukses yang tidak hanya digunakan oleh anak-anak di seluruh tanah Inggris, tetapi juga kiper-kiper di level atas. Peter, yang punya pandangan jauh ke depan ini, kemudian ditunjuk sebagai pelatih kiper pertama klub.

Para suporter yang cukup beruntung dapat menyaksikan aksi-aksi legendaris Bonetti akan mengingat begitu banyak penyelamatan hebat, dengan puncak di kemenangan FA Cup 1970 dan Piala Winners di Eropa setahun kemudian.

Selain dalam kesuksesan perdana klub di kompetisi tersebut berturut-turut, Bonetti juga mengawal gawang kami ketika kami berhasil mengangkat trofi yang dimainkan dengan sistem gugur untuk pertama kalinya – Piala Liga pada 1965.

The Cat terpilih sebagai runner-up di ajang Footballer of the Year musim 1969/70 atas konsistensinya dalam menampilkan permainan berstandar tinggi sepanjang musim. Sebelum itu, dia juga adalah pemenang penghargaan Player of the Year pertama Chelsea, pada 1967, dan terpilih sebagai pemain terbaik klub dalam sebuah polling penggemar dua tahun kemudian.

Selama karier profesionalnya, ia tampil sebanyak 729 kali untuk Chelsea, catatan yang hanya kalah dari kaptennya, Ron Harris. Peter adalah pemegang rekor clean sheet terbanyak di Chelsea hingga dipatahkan oleh Petr Cech pada Januari 2014. Kedua kiper terbaik sepanjang masa ini bukan hanya saling mengenal, namun juga saling menghormati.

Posisi Peter Bonetti di antara dewa sepak bola Chelsea tak terbantahkan. Dia adalah the Cat yang mendobrak tradisi, menantang kebiasaan, menarik perhatian, mendapat sorakan, dan penuh kebanggaan. Semuanya itu tampak di hadapan publik Stamford Bridge yang memujanya.

Karier Peter Bonetti di Chelsea

Debut: Manchester City (k), Divisi Satu, 2 April 1960
Laga terakhir: Arsenal (k), Divisi Satu, 14 Mei 1979
Penampilan: 729 (terbanyak kedua dalam sejarah klub)
Clean sheet: 208 (terbanyak kedua dalam sejarah klub)
Penghargaan klub: League Cup 1965, FA Cup 1970, Piala Winners 1971
Penghargaan individu: Player of the Year Chelsea 1967

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA