Wawancara

Christian Pulisic Soal Tetap Berkomunikasi dengan Rekan Setim, Mengatasi Cedera, Beradaptasi dengan Premier League, dan Mengikuti TikTok

Musim perdana Christian Pulisic di London barat penuh dengan kejutan, baik di awal musim dan dengan ditangguhkannya kompetisi. Saat ini, ia berada di tanah kelahirannya, Amerika Serikat.

Pemuda asal Amerika itu meluangkan waktu untuk mengobrol bersama kami, memberi tahu kabarnya, apa yang dilakukannya untuk mengisi waktu, dan melihat lagi pengalaman pertamanya di sepak bola Inggris sejauh ini sebelum diberlakukannya lockdown…

Hai Christian, apa kabar?

Aku pulang ke Amerika Serikat dan tentunya sangat menyenangkan bisa berkumpul bersama keluarga di saat seperti ini. Mereka semua baik-baik saja, mereka semua sehat, jadi semuanya oke. Di AS, virus memang menyebar di titik-titik tertentu tapi kota tempat tinggalku tidak terlalu parah. Memang ada beberapa kasus tapi skalanya tidak seperti di tempat-tempat lain. Mudah-mudahan penyebarannya mulai melambat.

Apa pesanmu untuk semua orang di AS dan mereka yang ada di seluruh dunia tentang imbauan untuk tetap berada di rumah?

Jelas sekali penting untuk tetap berada di rumah, tetap di dalam ruangan. Aku rasa akan lebih baik jika kita semua tinggal di rumah, agar semua ini bisa lebih cepat selesai. Kurasa banyak orang tidak menyadari betapa besar andil mereka dengan tetap berada di rumah dan berapa banyak nyawa yang dapat diselamatkan. Ini sangat penting. Ada banyak orang bekerja di rumah sakit yang melakukan pekerjaan mereka dengan luar biasa, dan seperti yang kubilang, kita perlu menjalankan bagian kita dengan tetap berada di dalam ruangan dan tetap sehat. Mudah-mudahan ini akan segera berakhir.

Bagaimana caramu untuk menjaga komunikasi dengan rekan-rekan setim?

Kami punya grup chat, jadi kami berkomunikasi hampir setiap hari, hanya sekadar menanyakan kabar dan tetap terhubung. Kami semua sangat ingin bermain kembali. Rasanya kami semua sudah agak bosan!

Setidaknya jeda ini membuatmu dapat memulihkan diri sepenuhnya dari cedera

(Cedera) yang baru ini sangat berat. Kurasa banyak orang tidak menyadari betapa serius cedera ini. Cedera ini, dan terjadinya, sangat menakutkan. Ini terjadi secara tiba-tiba saat latihan dan membuatku harus menepi sementara. Tapi sekarang aku merasa baik, aku sudah banyak berlatih dan aku sangat bersemangat untuk kembali ke lapangan. Masa tanpa sepak bola untuk semua orang ini terasa seperti sudah lama sekali, terutama untukku karena aku sudah lebih dahulu cedera sebelum kondisi ini terjadi.

Bagaimana caramu untuk menyibukkan diri? Kau banyak memposting di TikTok!

Jujur, aku hanya mencoba mencari hobi baru untuk menyibukkan diri! Aku tetap berlatih setiap hari tapi itu tidak memakan waktu seharian, jadi aku bermain TikTok untuk membantu melewatkan hari. Aku selalu suka menari dan melakukan hal-hal yang menyenangkan, selain sepak bola. Aku tahu sebagian orang mungkin tidak suka hal-hal seperti ini tapi aku tak peduli karena aku akan tetap melakukannya! Kurasa ini memberi kesempatan pada orang banyak orang melihatku dengan lebih baik. Tidak ada yang benar-benar mengenalku, mereka hanya melihatku sebagai seorang pesepak bola. Jadi, mudah-mudahan ini membuat mereka sedikit lebih mengenal karakterku.

Beralih pada ketika kau bermain sepak bola, bagaimana refleksimu terhadap musim perdanamu di Chelsea sejauh ini?

Musim ini sangat menyenangkan, luar biasa. Menjadi sebuah perubahan besar bagiku untuk datang ke Chelsea dan mengenal seisi tim baru, liga baru, dan hal-hal baru. Aku amat bangga dengan teman-teman dan meski kami menghadapi masa-masa sulit, kurasa secara keseluruhan kami cukup solid. Aku suka sekali bermain dengan teman-teman setimku dan kami pun menjalani beberapa laga yang menarik. Aku sangat menikmatinya dan kami ingin memberikan upaya lebih menjelang akhir musim, jika kita bisa melanjutkannya.

Apakah adanya pemain muda lain membantumu beradaptasi di tim?

Pastinya. Keren rasanya bisa bermain dengan pemuda-pemuda lain seusiaku dan mungkin aku lebih terkoneksi dengan pemain-pemain muda itu, tapi kurasa pada umumnya kami kombinasi yang sangat bagus. Kami punya pemain-pemain muda yang sangat menarik dan mereka yang lebih berpengalaman bisa memberi pelajaran. Menurutku, kombinasinya hampir sempurna.

Apakah menurutmu pertahanan Premier League lebih sulit ditembus ketimbang Bundesliga, atau sama saja?

Premier League lebih menuntut fisik karena banyaknya pertandingan dan jadwal yang berentet. Kami bermain di berbagai kompetisi dalam waktu singkat, jadi ini cukup menuntut dan kita harus cepat belajar tentang itu. Secara umum, ini liga yang fisikal. Ada banyak hal untuk dipelajari tapi pengalamanku di Bundesliga membantuku untuk urusan itu, dan tidak sepenuhnya berbeda dari Premier League.

Bagaimana rasanya bekerja dengan Frank Lampard?

Sangat asyik. Saat kecil, aku sering menyaksikan aksinya dan rasanya luar biasa sekarang bisa bekerja bersamanya dan belajar darinya setiap hari. Dia tahu banyak hal mengenai permainan ini dan memiliki begitu banyak pengalaman, jadi bagus sekali bisa belajar darinya.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA