Indonesia

Polling – Mana yang Merupakan Kemenangan Comeback Terbaik Chelsea di Eropa?

Chelsea berhasil melakukan comeback mengagumkan pada tanggal 15 April 1998, 22 tahun lalu, ketika mengejar ketertinggalan dua gol dari klub Italia Vicenza untuk melangkah ke final Piala Winners. Inikah kemenangan comeback terbaik sepanjang masa the Blues di Eropa ataukah salah satu di antara lima laga hebat yang terdapat dalam daftar di bawah ini?

Silakan lihat comeback pilihan kami berikut dan tentukan favorit Anda melalui polling di bawah!

 

Vicenza – Piala Winners 1997/98, semifinal

Situasi: Kalah 1-0 di leg pertama, kebobolan saat laga berjalan 32 menit di Stamford Bridge dan butuh tiga gol dalam waktu kurang dari satu jam untuk meraih kemenangan dan melangkah ke final.

Comeback: Gustavo Poyet dengan cepat memperkecil ketertinggalan dan dilanjutkan dengan sebuah tandukan Gianfranco Zola di awal babak kedua. Kemenangan the Blues dipastikan lewat gol Mark Hughes 14 menit menjelang bubar.

Chelsea akhirnya sukses mengangkat trofi keduanya di kompetisi ini setelah di final mengalahkan Stuttgart dengan skor 1-0 lewat gol tunggal yang diceploskan Zola.

Barcelona – Liga Champions 2004/05, babak 16 besar

Situasi: Chelsea sempat unggul 1-0 di leg pertama di Spanyol namun kartu merah yang secara kontroversial diberikan kepada Didier Drogba di awal babak kedua membantu tuan rumah untuk membalikkan keadaan dan menang 2-1.

Comeback: The Blues harus melakukan comeback dua kali di leg kedua ketika tiga gol cepat di 19 menit pertama oleh Eidur Gudjohnsen, Frank Lampard, dan Damien Duff dijawab dengan dua gol Ronaldinho sebelum turun minum.

Hasil itu sudah cukup untuk meloloskan tim Catalan dengan keunggulan gol tandang, namun di menit ke-76 John Terry melompat tinggi mengalahkan bek-bek Barca untuk menyelesaikan peluang dengan sebuah tandukan. Kami pun menang dengan skor agregat 5-4.

Napoli – Liga Champions 2011/12, babak 16 besar

Situasi: Chelsea tertinggal dan tampaknya akan tersingkir setelah Napoli berhasil bangkit dari tertinggal satu gol hingga menang 3-1 di leg pertama yang dimainkan di Italia.

Comeback: The Blues terus menyerang di leg kedua dan sukses menyamakan skor agregat lewat Didier Drogba dan John Terry di awal babak kedua. Setelah Gokhan Inler mengembalikan keunggulan Napoli, Frank Lampard membuat skor berimbang kembali dengan eksekusi penalti di menit-menit akhir.

Gol kemenangan berasal dari kreasi Drogba dengan mengirim umpan silang ke arah Branislav Ivanovic yang tidak menyia-nyiakan peluang itu di babak tambahan untuk memberikan kemenangan agregat 5-4.

Barcelona – Liga Champions 2011/12, semifinal

Situasi: Chelsea unggul 1-0 di Nou Camp namun tampak mengalami kesulitan besar di leg kedua setelah kemasukan dua kali dan kehilangan John Terry yang diusir wasit.
.
Comeback: Ramires menciptakan sebuah gol indah di masa perpanjangan waktu babak pertama dengan mencungkil bola dari jarak 15 yard melewati Victor Valdes dan membuat kami unggul produktivitas gol di kandang lawan.

The Blues bertahan total di babak kedua untuk menahan gempuran lawan. Kegagalan Lionel Messi dalam mengeksekusi penalti membuat gol yang dicetak oleh Fernando Torres, yang terbebas saat melakukan serangan balik, memastikan langkah kami ke final untuk berhadapan dengan Bayern Munich.

Steaua Bucharest – Liga Europa 2012/13, babak 16 besar

Situasi: Tertinggal 1-0 di leg pertama yang digelar di Rumania, Chelsea menyamakan skor agregat lewat Juan Mata namun kembali tertinggal setelah Steaua membuat satu gol lagi tepat sebelum memasuki interval di leg kedua, di Stamford Bridge.

Comeback: Butuh dua gol di babak kedua, the Blues menjawab dengan sundulan John Terry sebelum waktu menunjukkan satu jam dan penyelesaian manis Fernando Torres 19 menit menjelang laga usai. Kemenangan berhasil diamankan dengan skor agregat 3-2 dan tiket ke perempat final pun diperoleh.

Setelah menyingkirkan Rubin Kazan dan Basel, kami lolos ke final di Amsterdam dan sukses menjadi kampiun berkat sundulan Branislav Ivanovic di menit-menit terakhir.

Paris Saint-Germain – Liga Champions 2013/14, perempat final

Situasi: PSG unggul dua gol atas the Blues usai sepakan Javier Pastore di masa stoppage-time di leg pertama memberi mereka kemenangan 3-1 di Prancis.

Comeback: Andre Schurrle memperkecil defisit di babak pertama di Stamford Bridge namun keunggulan PSG tetap bertahan setelah upaya dari si pria Jerman dan Oscar sama-sama menerpa tiang gawang.

Akhirnya, tekanan intens kami terbayar ketika Demba Ba menjebol gawang lawan dua menit menjelang laga usai. Kami pun lolos ke babak empat besar berkat keunggulan gol tandang.

Di antara comeback-comeback tersebut, mana favorit Anda? Silakan pilih di bawah ini!

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA