Indonesia

Budaya Ramadan CISC Jakarta

Ramadan 1441 H dimulai hari ini. Sayangnya Ramadan kali ini besar kemungkinan tidak akan berjalan semeriah biasanya. Pandemi Covid-19 yang terus mengganas di Indonesia jadi alasan.

Satu kemungkinan yang tentu disesalkan banyak pihak, termasuk CISC Jakarta. Seperti diungkapkan oleh koordinator wilayahnya, Agung Nurcahya, rencana kegiatan yang mereka susun untuk Ramadan esok terpaksa dibatalkan, karena pemerintah Provinsi Jakarta sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Padahal biasanya ada begitu banyak kegiatan yang dilakukan oleh CISC Jakarta. Dimulai dari acara yang paling rutin, yakni ngabuburit yang diakhiri dengan buka bersama para anggota. Digelar dengan sederhana, tapi bagi mereka momen ini selalu penuh arti dan membawa kehangatan.

Sahur on the Road (SOTR) jadi kegiatan berikutnya, dengan membagi-bagikan makanan kepada orang-orang kurang mampu dan musafir yang ada di jalanan untuk bersantap sahur. Namun kegiatan ini tak dilakukan dalam beberapa edisi Ramadan terakhir, seturut larangan pemerintah provinsi karena alasan keamanan.

Puncaknya adalah agenda memberi santunan kepada anak yatim. “Biasanya kami menentukan yayasan mana yang akan dibantu, baru kemudian kami mengakomodasi sumbangan dana dari para anggota,” jelas Agung.

Uniknya kegiatan reguler seperti bermain futsal, tetap mereka adakan. Tentunya dengan menyesuaikan waktu Ramadan. Agung juga menambahkan bahwa antusiasme anggota CISC Jakarta sama sekali tak surut selama bulan suci.

Menjadi luar biasa, karena semangat yang urung mereka salurkan pada Ramadan esok lantas dialihkan untuk penggalangan dana COVID-19 akhir Maret lalu. Terkumpul hingga Rp 9,4 juta, mereka menyalurkannya dalam bentuk APD dan nutrisi untuk pemenuhan gizi para tenaga medis di dua rumah sakit yang ada di Jakarta.

“Ini adalah sedikit yang bisa kami lakukan. Semoga pandemi ini bisa segera selesai, sehingga kami dan semua orang bisa berkegiatan seperti biasanya,” tutup sang koordinator.

Ucapan terima kasih kami untuk CISC Jakarta atas dedikasinya pada Chelsea FC. Aktif berkegiatan dan berbagi dalam momen suci saat Ramadan maupun sulit di tengah pandemi Covid-19 saat ini, merupakan contoh kontribusi luar biasa sebuah fans klub pada masyarakat.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA