Sejarah

2004/05: 1000 Menit Big Pete

Di awal pekan peringatan 15 tahun gelar juara Premier League Chelsea, kami lanjutkan kembali seri yang mengisahkan perjalanan kami musim itu dengan melihat berakhirnya rekor yang diukir Chelsea...


‘"Sebelum pertandingan, saya bicara pada diri sendiri bahwa akan menyenangkan untuk bisa mencapai 1.000 menit ketika sudah sangat dekat dengan itu. Saya sudah mencapainya jadi saya boleh berpuas diri."
Petr Cech

Kala melakoni lawatan ke Carrow Road untuk menghadapi Norwich City di awal Maret 2005, the Blues tengah berada di puncak klasemsen Premier League dan belum pernah kemasukan lagi sejak pertengahan Desember.

Petr Cech beserta bek-bek di depannya, tanpa melupakan peran krusial Claude Makelele, terakhir kali kebobolan di liga saat tendangan bebas kontroversial Thierry Henry dalam laga kontra Arsenal yang berkesudahan 2-2. Delapan puluh tiga hari kemudian, atau 1024 menit beraksi di Premier League, pemain bernomor punggung 1 itu terpaksa memungut bola dari gawangnya lagi.

“Saya pernah membuat 10 clean sheet beruntun untuk Sparta Prague,” ucap Cech dalam sebuah wawancara di musim pertamanya untuk klub, “tetapi semua orang tahu pertahanan di sini istimewa. Setiap bek di skuad kami adalah pemain besar. Kami selalu solid dan kuat, tidak kemasukan gol saat melawan tim-tim besar Premiership.”

“Saya sangat puas dengan yang terjadi di fase awal di klub sebesar ini. Saya tentunya ingin jadi kiper pilihan utama, tetapi tidak menyangka akan berjalan seperti ini.”

Berbeda dengan gelora dukungan di dalam Carrow Road yang impresif, the Canaries menampilkan sepak bola yang bertolak belakang dan tidaklah mengejutkan jika kemudian kami unggul lewat Joe Cole.

Gol datang sebagai hasil dari usaha dan upaya Mourinho yang terus menuntut talenta kreatifnya, yang mengisi spot kosong yang ditinggalkan oleh Arjen Robben yang cedera. Sempat terjatuh akibat tekel lawan, bola tetap berada dalam penguasaannya, dan Cole segera bangkit, mendribel bola, dan menciptakan peluang. Gol! Sebuah sepakan kaki kiri yang dilepaskannya dari luar kotak penalti membuat Rob Green menangkap angin.

Setelah menjadi penentu usai masuk ke lapangan sebagai pengganti, Cole akhirnya mengemas gol perdananya di musim itu ketika turun sejak menit pertama.

Tak lama kemudian Cech mencatatkan 1.000 menit nirbobol, mendekati rekor liga Inggris (1.103 menit) yang ditorehkan oleh kiper Reading Steve Death pada 1979.

Kali ini barisan pertahanan the Blues gagal mengendus bahaya dan membiarkan bola memantul ke Leon McKenzie di depan kotak penalti. Striker bertubuh besar itu punya waktu untuk mengoper bola ke lebar lapangan, terus berlari masuk ke kotak penalti, dan menanduk bola – yang dikembalikan kepadanya lewat sebuah umpan silang – ke gawang Cech. Dari semua serangan-serangan yang selalu berhasil dihalau selama tiga bulan sebelumnya, pergerakan yang paling sederhana inilah yang akhirnya membuat gawang kami kebobolan – namun hal ini sama sekali tidak memengaruhi si kiper Chelsea.

“Sebelum pertandingan, saya bicara pada diri sendiri bahwa akan menyenangkan untuk bisa mencapai 1.000 menit ketika sudah sangat dekat dengan itu,” katanya. “Saya sudah mencapainya jadi saya boleh berpuas diri.”

Merespons gol pertama yang bersarang ke gawang kami di Premier League pada 2005, Mourinho memasukkan Mateja Kezman dan Eidur Gudjohnsen menggantikan Tiago dan Didier Drogba.

Cech membuat sebuah penyelamatan apik saat menggagalkan sundulan Damien Francis. Karakter tim berbicara. Tujuh menit setelah kemasukan, kami mengembalikan keunggulan.

Gudjohnsen, menikmati kebebasan baru yang diberikan oleh manajer yang menggambarkannya sebagai “Maradona pirang”, mengangkat bola melewati barisan pertahanan Norwich untuk diarahkan ke Frank Lampard. Meski peluang tersebut gagal dimaksimalkan oleh pemain the Blues bernomor punggung 8, masih ada Kezman yang sukses mensontek bola. Gol khas seorang poacher, yang jarang terlihat dari si striker Serbia. Gol pertamanya di Premier League tercipta dari permainan terbuka.

Double pertama atas Norwich di liga pada percobaan ke-16 dipastikan oleh Ricardo Carvalho, yang mengalahkan bek-bek lawan dalam duel bola atas saat menyambut sebuah sepak pojok dan mengonversinya menjadi gol perdananya untuk Chelsea. Kami pun unggul delapan poin di puncak klasemen dengan masih menyimpan satu pertandingan.

- Oleh Richard Godden - editor matchday programme Chelsea

Pada 1 Mei April pukul 02:00 WIB, akan ada tayangan spesial dari kemenangan kami atas Bolton yang memastikan gelar Premier League pertama kami secara langsung di aplikasi...

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA