Pratinjau Laga

Pratinjau Bolton 2005: Cech Soal Ancaman dari the Trotters dan Langkah Terakhir

Mari kita ingat lagi konferensi pers Petr Cech di Cobham menjelang lawatan ke Bolton 15 tahun silam, tepatnya pada April 2005…

 

Skuad Chelsea telah bertolak ke Barat Laut pada Jumat sore, malam sebelum hari yang mungkin akan jadi hari bersejarah. Meski titel sudah sangat dekat, menurut Petr Cech skuad tidak merasa tegang.

Sebelum meninggalkan markas Cobham, si kiper Chelsea berkata: “Kami punya banyak kemungkinan untuk menjuarai Premiership karena kami masih punya empat laga dan Arsenal empat laga dan jika mereka kehilangan poin maka selesai. Jadi, kami tidak merasakan tekanan untuk laga besok. Ini bukanlah laga terakhir yang harus kami menangi.”

“Tentunya kami ingin menyudahi Premiership sesegera mungkin dan ini adalah kesempatan pertamanya,” imbuhnya, mengingat mereka cuma butuh satu kemenangan lagi.

“Akan bagus untuk mental kami jika kami bisa berkonsentrasi hanya untuk semifinal melawan Liverpool. Itu akan lebih baik untuk kami. Kami sangat fokus pada laga kontra Bolton.”

Meski tidak merasa stres dalam perburuan juara, Cech malah ingin memberi tekanan kepada dirinya sendiri selama 90 menit di Reebok Stadium.

“Bolton tampil apik saat melawan kami di laga pertama di Stamford Bridge dan semua orang tahu bahwa mereka tim yang fisikal. Merkea punya pemain-pemain yang sangat baik dalam duel bola atas. Mereka mencetak gol pertama seperti itu dan pada gol kedua mereka memenangi duel sundulan di area 18 yard lalu mencetak gol dari itu.”

“Untuk saya, ini akan jadi laga yang berat dan semua orang mengharapkan saya untuk membantu pertahanan karena akan ada banyak bola-bola panjang, umpan silang. Mereka akan berusaha memenangi laga lewat bola-bola mati dan juga penting bagi saya untuk tampil baik.”

Jika Cech berhasil memandulkan Bolton pada Sabtu, maka dia akan mencetak rekor baru untuk Chelsea dengan 28 clean sheet dalam semusim. Itu akan membuat rekor klub baru, 33 clean sheet total. Dia sudah menorehkan rekor menit tanpa kebobolan di Premiership dan tim masih dalam jalur untuk membukukan kemasukan terminim di musim itu.

“Selalu bagus jika saya bisa meraih pencapaian tertentu secara individu,” akunya, “tapi saya membuat dua rekor semasa bermain untuk Sparta Prague, clean sheet terbanyak dan menit terbanyak, tapi tidak mendapat gelar juara liga.”

“Kami kurang satu poin untuk menjadi juara dan itu adalah salah satu hal terburuk dalam karier saya. Itu satu contoh. Saya tidak mencari prestasi pribadi, saya hanya ingin meraih titel.”

“Pada akhirnya gelarlah yang dicari bersama tim yang masuk dalam hitungan karier seorang pemain profesional. Karena semua orang di Chelsea telah menanti selama 50 tahun untuk gelar itu dan mereka suporter yang fantastis, klub ini layak menjadi juara. Kami senang bisa mencapai kemungkinan ini.”

“Bagi semua pemain Chelsea, ini akan jadi titel pertama mereka di Inggris dan akan jadi hari yang hebat jika kami bisa mewujudkannya. Kami hanya tinggal selangkah lagi.”

Skuad dalam ukuran besar telah bertolak ke utara. Mereka tidak akan kembali sebelum leg kedua Liga Champions melawan Liverpool. Bolton dilaporkan tidak punya masalah cedera pemain. Full-back Vincent Candela diperkirakan kembali ke skuad setelah absen di laga sebelumnya. Ivan Campo diskors.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA