Sejarah

2004/05: "Mimpi Kami Terwujud"

Lima belas tahun yang lalu, para pendukung Chelsea terbangun dengan mata merah, dengan perasaan senang karena tahu tim mereka menjadi juara Premier League untuk pertama kalinya. Bagi para pemain, ambisi seumur hidup telah tercapai, dan ini adalah apa yang mereka katakan setelah kemenangan kami di markas Bolton, dan perayaan yang menyusul.

Fifty years without a top-flight championship had been ended with a gritty 2-0 success in the North-West, which was relived yesterday in our #CFCWatchParty. Here we look back at what manager Jose Mourinho, Steve Clarke and some of the players said after the game as the enormity of the achievement began to sink in...

Frank Lampard (leaning out of the bus above)

‘We’ve proved that the best team wins the league. There have been some harsh words spoken about us not being entertaining and that the best two teams in the Premier League are in the final of the FA Cup [Manchester United v Arsenal]. But the best team wins the league and we have done that.

‘You look at Arsenal, who lost at Bolton, and Manchester United, who drew, but we went up there and won. It’s time for the others to take a look and know that we are definitely the best.’

John Terry

"Saya telah menyimpan baju saya dari setiap pertandingan musim ini, serta ban kapten setiap pertandingan. Untungnya kami telah memenanginya! Saya akan menempatkan mereka dalam satu pigura besar. Saya bermimpi bisa melakukan itu ketika saya mulai mengumpulkan mereka di empat atau lima pertandingan pembuka."

"Rasanya sangat emosional. Saya hanya ingin menangis dan menangis, sungguh. Saya mungkin akan melakukannya ketika saya kembali ke kamar hotel saya sendiri, ketika saya duduk dan menontonnya di TV."

"Ada saat ketika Manchester United bermain 18 atau 19 pertandingan tanpa terkalahkan dan saya pikir itu mungkin mulai terlihat agak goyah, tetapi kami terus bangkit kembali."

"Kami mendapat gelar dengan mendatangkan pemain dan manajemen yang memiliki selera untuk itu. Dengan pemain muda dan kelaparan dari pemain lainnya itu adalah kombinasi yang hebat."

"Manajer membenci kebobolan gol bahkan dalam pelatihan; ketika Anda berlatih dengan intensitas itu dan yang terbaik setiap hari, Anda membawanya ke dalam pertandingan."

"Sekarang kami meraih yang pertama, kami harus terus melakukannya dari tahun ke tahun."

Jose Mourinho

"Skuat kami adalah skuat yang spesial, mereka pantas menerima ini - tidak ada yang bisa mengatakan kami tidak pantas mendapatkannya. Kami benar-benar luar biasa."

"Para pemain layak mendapatkan ini lebih dari siapa pun, tetapi saya sangat bahagia untuk para penggemar, terutama mereka yang belum melihat gelar juara. Cara kami menjadi juara tidaklah mudah. Ini adalah mentalitas, ambisi, dan keinginan; orang-orang datang dari berbagai tempat."

"Kami bertemu untuk pertama kalinya pada bulan Juli dan sejak saat itu kami telah membangun sesuatu yang istimewa. Ketika kami harus berjuang, kami bertarung; ketika kami harus bermain, kami bermain; ketika kami harus menderita, kami menderita. Dan selalu bersama."

Joe Cole

"Ini perasaan yang fantastis. Kami pikir kami akan memenanginya setelah pertandingan Arsenal, tetapi sekarang ini benar-benar terjadi dan itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya dan kami semua."

"Sulit untuk percaya itu benar-benar terjadi. Ada sebuah panggung di musim ketika saya bertanya-tanya apakah saya akan menjadi bagian dari hal-hal di sini. Tapi sekarang, setelah semua itu terjadi pada saya dalam beberapa bulan terakhir, itu berharga."

Petr Cech

"Itu luar biasa. Anda melihat semua orang yang terlibat di Chelsea, mereka bersama kami di ruang ganti dan mereka merayakan - semua anggota skuat, semua staf, semua orang bersama-sama dengan Tuan Abramovich dan pelatih."

"Saya tahu klub hanya menjuarai liga sekali, tapi saya pikir itu pada tahun 1970-an. Jadi ketika saya melihat di koran bahwa itu tahun 1955, saya tahu ini adalah musim yang hebat karena semua orang telah menunggu 50 tahun. Saya pikir ini adalah pencapaian besar bagi klub."

Steve Clarke

"Mungkin orang-orang yang pernah memiliki pengalaman sebelumnya akan memahaminya sedikit lebih baik, tetapi untuk para pemain yang belum memenangi apa pun, kami hanya merayakannya seperti orang gila. Dan tiga atau empat jam setelah pertandingan, semua orang tidur di tempat tidur. Itu seperti, "Apakahini sungguhan terjadi?" Tapi ketika Anda memiliki pertandingan lain yang akan datang, Anda harus bersiap-siap untuk itu.

Eidur Gudjohnsen

"Itu aneh; butuh beberapa saat untuk mereda - sungguh menakjubkan. Mengocok sampanye dan berteriak dan menjerit, dan kemudian setelah pertandingan, Anda memiliki momen ketika Anda duduk di atas kursi dan berpikir, "Ya Tuhan, kami telah memenangi liga." Itu adalah sesuatu yang saya impikan sejak hari saya memulai sepak bola - hanya untuk menjadi juara. Untuk mengembalikannya ke klub yang saya kagumi dan cintai tidak hanya bagus untuk saya, tetapi semua orang di sini."

"Saya pikir mungkin saya bisa menghargainya sedikit lebih baik dari beberapa pemain lain. Saya telah berada di sini selama lima tahun dan itu sangat berarti bagi saya. Jadi saya bisa membayangkan setelah 50 tahun ... Saya senang menjadi bagian dari tim yang memenangi trofi."

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA