Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Tammy Abraham

Dalam edisi pertama dari seri yang berisikan analisis performa individu pemain-pemain kami musim ini, pencetak gol terbanyak kami, Tammy Abraham, jadi subyeknya.

Sebagai dampak dari pandemi virus corona, the Blues sudah tidak bermain lagi hampir dua bulan lamanya. Sehubungan dengan itu, mari kita tengok lagi bagaimana jalannya musim ini untuk anggota skuad sebelum sepak bola terhenti. Kami awali seri ini dengan striker muda yang tampil apik di musim perdananya di Stamford Bridge…

Tammy Abraham: 34 penampilan (lima kali sebagai pemain pengganti), 15 gol, empat assist

“Tammy seorang pencetak gol. Saya melihatnya di Championship musim lalu, dia telah membuktikannya, dan sekarang saat baginya untuk membuktikannya di Chelsea. Saya suka karakternya. Dia bisa memberi pengaruh, seorang anak yang percaya diri di lapangan dan ingin tampil dengan sangat baik untuk klub sepak bola ini.”

Kata-kata yang diucapkan Frank Lampard sebelum liga dimulai itu mengisyaratkan kepercayaan yang akan diberikannya kemudian kepada Tammy Abraham, pemain nomor sembilan barunya, sejak awal musim. Alumni Akademi Chelsea, yang kala itu masih berusia 21 tahun, melalui masa peminjamannya di kasta kedua liga Inggris dengan sangat baik, meski agak berbeda ketika dipinjamkan ke Swansea yang berkompetisi di Premier League.

Abraham mendapatkan tantangan sulit di pekan-pekan awal, di dalam dan luar lapangan. Dalam laga Piala Super di Istanbul, ia mendapatkan hadiah penalti di babak tambahan – yang kemudian dikonversi oleh Jorginho menjadi gol penyeimbang – dan membawa laga ke adu penalti di mana sepakannya bisa diamankan kiper lawan. Seusai laga, dia menjadi sasaran perlakuan rasis yang “menjijikkan”.

Gol perdana Abraham untuk Chelsea

Masa-masa yang menyenangkan pun datang. Abraham hanya butuh tiga menit untuk membuat kami unggul atas Norwich pada 24 Agustus lewat gol perdananya untuk klub. Selepas mencetak gol, ia langsung berlari ke Lampard untuk merayakannya. Gol keduanya, sebuah penyelesaian manis, yang merupakan gol pertama yang diciptakannya dari luar kotak penalti dalam karier profesionalnya, lahir ketika laga baru berjalan 20 menit. Gol itu sangat penting dalam memberikan kemenangan di laga yang melahirkan lima gol itu.

Kesuksesan itu diteruskan dengan brace ke gawang Sheffield United sepekan kemudian – yang pertama untuknya di Stamford Bridge – kemudian menjadi pencetak hat-trick termuda kami di Premier League di laga selanjutnya, di markas Wolves. Dengan tujuh gol dalam tiga pertandingan, ia langsung bertengger di puncak daftar pencetak gol terbanyak liga – catatan yang sama impresifnya dengan penyelesaiannya yang bervariasi.

Gol perdana Abraham di Liga Champions

Penampilan apik Abraham berlanjut di kompetisi Liga Champions, dengan menjebol gawang tuan rumah Lille. Pemanggilan ke tim nasional Inggris pun diperoleh pada jeda internasional Oktober. Di Praha, ia diturunkan di fase akhir pertandingan.

Pada November, dia jadi pemain termuda kedua Chelsea yang mampu mengoleksi 10 gol di Premier League, setelah Arjen Robben, dengan sebuah penyelesaian dingin ke gawang Crystal Palace ketika membantu the Blues meraih kemenangan keenam di liga. Beberapa hari kemudian, dia merayakan gol pertamanya untuk tim senior Inggris.

Menjelang akhir tahun 2019, Abraham mulai kesulitan mencetak gol. Namun demikian, ia menutup tahun dengan sebuah gol paling ikoniknya untuk Chelsea: berputar dan menembak saat melakukan comeback dan menang di the Emirates.

Abraham terganggu cedera

Cedera engkel yang dialaminya saat melawan tim yang sama tiga pekan sebelumnya terbukti mengganggu karena setelah itu ia hanya tampil tiga kali di delapan laga sebelum kompetisi ditangguhkan. Namun fakta itu tidak menodai start luar biasanya sebagai penyelesai serangan Chelsea. Jalan Abraham masih panjang untuk bisa memenuhi tuntutan Lampard yang dialamatkan kepadanya saat pramusim.


 

Statistik Tammy Abraham

Penampilan Tammy Abraham di Premier League musim 2019/20

Tammy Abraham tampil 25 kali di Premier League musim 2019/20. Dua di antaranya sebagai pengganti.

Penampilan Tammy Abraham di Liga Champions musim 2019/20

Tammy Abraham tampil tujuh kali di Liga Champions musim ini, pengalaman pertamanya di kompetisi ini.

Penampilan Tammy Abraham di FA Cup musim 2019/20

Tammy Abraham belum tampil di FA Cup musim ini.

Penampilan Tammy Abraham di League Cup musim 2019/20

Tammy Abraham baru sekali tampil di Carabao Cup musim ini, dari bangku cadangan.

Gol Tammy Abraham di Premier League musim 2019/20

Tammy Abraham telah mencetak 13 di Premier League musim ini, di antaranya sebuah hat-trick versus Wolves.

Menit per gol Tammy Abraham musim 2019/20

Tammy Abraham rata-rata membikin satu gol per 150 menit di Premier League untuk Chelsea musim ini.

Gol Tammy Abraham di Liga Champions musim 2019/20

Tammy Abraham sudah mengemas dua gol di Liga Champions, satu di kandang dan satu lagi saat bertandang ke markas Lille di fase grup.

Catatan gol Tammy Abraham di FA Cup musim 2019/20

Tammy Abraham belum mencetak gol di FA Cup musim ini.

Catatan gol Tammy Abraham di League Cup musim 2019/20

Tammy Abraham belum mencetak gol di League Cup musim ini.

Cedera Tammy Abraham musim 2019/20

Tammy Abraham melewatkan lima pertandingan akibat cedera engkel yang dialaminya setelah bertubrukan dengan pemain lawan dalam laga imbang kontra Arsenal di Stamford Bridge pada Januari.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA