Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Christian Pulisic

Pada edisi kedua dari seri yang berisikan analisis performa pemain-pemain kami musim ini, kami mengalihkan pandangan ke anggota baru yang didatangkan pada musim panas lalu…

Dengan sudah mandeknya sepak bola selama dua bulan, sekarang saat yang tepat untuk mengingat lagi jalannya musim ini bagi pemain-pemain di skuad. Oleh karena itu, mari kita lihat penampilan penyerang muda yang bersinar di Burnley pada Sabtu malam…

Christian Pulisic: 23 penampilan (lima sebagai pengganti), enam gol, lima assist

“Saya tahu sebagus apa dia sebagai pemain karena saya melihatnya dari dekat setiap hari. Jelas, ada hal-hal yang harus dia pelajari dan tingkatkan karena dia baru saja berusia 21 tahun dan ini sama dengan semua pemain muda lainnya, tapi dia tahu itu dan dia tahu saya mendorong itu setiap hari dalam latihan. Kami membutuhkan itu dari penyerang-penyerang kami – untuk menjadi ancaman dan bermain seperti itu, punya penyelesaian yang tanpa ampun dan dia menunjukkan paket lengkap.”

Itulah kata-kata yang terlontar dari mulut Frank Lampard dan setelah itu Christian Pulisic menggebrak Premier League.

Tiga bulan kemudian, sudah menjadi bintang besar di negara asalnya Amerika Serikat, plus telah membangun reputasi apik di liga besar Eropa ketika merumput di Borussia Dortmund, Pulisic (bergabung sebelum embargo transfer) adalah anggota baru yang penting di musim panas lalu bersama dengan pemain-pemain muda yang kembali dari peminjaman. Mereka menambah kesegaran di skuad Lampard.

Debut Christian Pulisic di Chelsea

Dia melakukan debutnya sebagai pemain pengganti dalam laga kontra Manchester United di laga pertama yang berakhir dengan kekalahan. Beberapa hari kemudian, dia melakoni start pertamanya saat melawan Liverpool di ajang Piala Super EUFA yang digelar di Istanbul. The Blues kalah lewat adu penalti namun Pulisic sukses menyuplai gol pembuka yang dicetak oleh Olivier Giroud dan sempat membikin gol meski dianulir lantaran offside.

Dia terus jadi starter di tiga laga berikutnya di liga, yang salah satunya menghasilkan kemenangan pertama di musim ini, di markas Norwich.

Selepas laga imbang dengan Sheffield United, ketika kami membiarkan keunggulan dua gol hilang begitu saja, seusai jeda internasional, Chelsea melakukan perubahan saat bertandang ke markas Wolves pada pertengahan September dan Chelsea tancap gas, unggul 4-0 dan menutup pertandingan dengan skor 5-2.

Pulisic kemudian dicadangkan di laga Premier League. Namun demikian, ia memberi pengaruh besar dengan sebuah umpan penentu yang membuahkan kemenangan dengan skor sama, 1-0, di Newcastle dan Ajax menyusul jeda internasional pada Oktober.

Gol perdana Christian Pulisic di Chelsea 

Kontribusi-kontribusi itu bukan tidak terlihat karena ia kemudian dimainkan sejak menit pertama untuk kali pertama setelah dua bulan. Dalam lawatan ke markas Burnley itu, Pulisic menampilkan permainan menawan di lini serang dan tidak hanya menciptakan gol perdananya untuk Chelsea, tetapi sebuah hat-trick sempurna yang benar-benar memberi penegasan akan keberadaannya di Inggris.

Christian Pulisic si pahlawan trigol

“Saya senang sekali untuknya,” kata Lampard seusai kemenangan 4-2 di Turf Moor. “Ada banyak pembicaraan tentang Christian karena banderolnya yang mahal, serta fakta bahwa dia adalah bintang di negaranya dan kapten tim nasional AS.”

“Saya tahu sejarahnya dan tekanan yang muncul dari transfer itu. Saya juga tahu bahwa dia bermain untuk negaranya sepanjang musim panas dan cuma beristirahat selama sepekan.”

“Saya berusaha menghadapi itu dengan cara yang sebaik mungkin di mata saya, yaitu memberinya menit main. Dia sudah bermain di musim ini tetapi saya juga mendapati adanya kompetisi di area itu dan saya mau mereka semua berusaha menampilkan yang terbaik ketika mereka masuk tim. Christian telah melakukannya baru-baru ini ketika diturunkan dari bangku cadangan. Dia benar-benar layak jadi starter hari ini dan itu performa fantastis yang menentukan kemenangan.”

Tidaklah mengejutkan jika Pulisic terus mempertahankan tempatnya di tim dan meneruskan permainan apiknya dengan penyelesaian predator di dua laga berikutnya di liga, ketika menekuk Watford dan Crystal Palace. Kemudian, pada November, dia membukukan gol perdananya di Liga Champions dalam laga imbang krusial kontra Valencia. Hasil itu membuat kelolosan dari fase grup berada di tangan kami.

Dengan absennya Tammy Abraham yang cedera, Pulisic dimainkan untuk mengisi posisi penyerang tengah kala ditekuk tim tamu West Ham seusai lawatan ke Spanyol tersebut. Pada pertengahan Desember, dia sudah bermain 12 kali sebagai starter di semua kompetisi, pertanda dari pengaruhnya yang makin penting di tim Lampard. Lima assist yang ditorehkannya sejauh ini hanya kalah dari Willian.

Terhenti oleh cedera

Pada awal 2020, Pulisic mengalami cedera tendon yang ternyata lebih parah dari yang diperkirakan. Sebelum lockdown, laga terakhirnya adalah di markas Brighton pada Tahun Baru. Pada April, ia mengaku sudah pulih sepenuhnya.

“Ini cedera yang aneh di dalam latihan dan membuat saya harus menepi cukup lama. Tapi saya merasa baik sekarang, saya sudah banyak berlatih dan senang sekali bisa kembali ke lapangan.”

Dia akan berusaha untuk kembali ke bentuk permainan yang disuguhkannya pada Oktober dan November ketika bertanding lagi.


Statistik Christian Pulisic di Premier League


 


Statistik Christian Pulisic

Penampilan Christian Pulisic di Premier League 2019/20

Christian Pulisic tampil 16 kali di Premier League musim 2019/20, empat di antaranya sebagai pengganti.

Penampilan Christian Pulisic di Liga Champions 2019/20

Christian Pulisic tampil empat kali di Liga Champions musim 2019/20 – yang pertama dalam seragam Chelsea. Satu di antaranya dari bangku cadangan.

Penampilan Christian Pulisic di FA Cup musim 2019/20

Christian Pulisic belum pernah tampil di FA Cup musim ini.

Penampilan Christian Pulisic di League Cup musim 2019/20

Christian Pulisic tampil dua kali di Carabao Cup musim ini, keduanya sejak menit pertama.

Gol Christian Pulisic di Premier League 2019/20

Christian Pulisic sudah mengemas lima gol di Premier League musim ini, di antaranya sebuah hat-trick ke gawang Burnley.

Gol Christian Pulisic di Liga Champions 2019/20

Christian Pulisic punya catatan satu gol di Liga Champions, yang diciptakannya dalam laga imbang melawan tuan rumah Valencia.

Gol Christian Pulisic di FA Cup 2019/20

Christian Pulisic belum mencetak gol di FA Cup musim ini

Gol Christian Pulisic di League Cup 2019/20

Christian Pulisic belum mencetak gol di League Cup musim ini, namun sudah membuat assist dalam kemenangan krusial atas Grimsby.

Cedera Christian Pulisic di musim 2019/20

Christian Pulisic mengalami cedera aduktor dalam latihan untuk menghadapi Nottingham Forest di FA Cup pada awal Januari dan sejak itu belum pernah tampil lagi.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA