Indonesia

Fakta-Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Tammy Abraham

Sudah jadi rahasia umum jika di musim 2019/20 ini Chelsea Football Club di bawah asuhan Frank Lampard memiliki tim yang tangguh dengan kombinasi seimbang antara pemain senior dan pemain muda potensial, yang sebagian besar berasal dari akademi. Salah satu yang jadi andalan Frank adalah Tammy Abraham.

Tentunya kita selalu mengikuti perkembangan Tammy Abraham, tapi apakah Anda masih ingat perjalanan kariernya? Mari kita tengok lagi...

 

Profil Tammy Abraham

Tammy Abraham lahir pada 2 Oktober 1997. Dia tumbuh di keluarga kelas menengah. Ayahnya orang Nigeria dan ibunya Inggris.

Dia tinggal di distrik Camberwell yang terletak di London Selatan. Tammy Abraham mempunyai seorang adik laki-laki bernama Timmy Abraham, yang juga seorang pesepak bola dan saat ini bermain untuk Akademi Fulham.

 

Promosi Tammy Abraham dari Akademi Chelsea

Sebelum memutuskan fokus bermain sepak bola, Tammy Abraham kecil sangat menyukai akting. Dia bahkan pernah belajar akting sebelum memilih menekuni sepak bola ketika masih berusia 8 tahun dengan bergabung ke Akademi Chelsea pada 2004 meski juga punya kesempatan untuk bergabung dengan Arsenal, tim yang juga ia dukung semasa kecil. Alasan Tammy Abraham sederhana, yaitu untuk mengikuti jejak Didier Drogba, striker legendaris klub.

Tammy Abraham sudah membela tim yunior sejak kelompok usia U-8 dan di setiap kelompok usia lainnya selama 12 tahun kemudian. Ia juga sukses memenangi trofi bersama akademi, yaitu FA Youth Cup dan dua kali Youth League UEFA (musim 2014/15 dan 2015/16). Selama dua musim itu, Tammy Abraham membukukan 74 gol dari 98 penampilan di semua kompetisi.

 

Perjalanan Tammy Abraham dari akademi hingga tim utama

Berkat penampilan luar biasa bersama tim yunior, Tammy Abraham diberi kesempatan bermain di tim utama. Debutnya dilakoni dipenghujung musim 2015/16.

Selama 3 musim selanjutnya, Tammy Abraham dipinjamkan ke 3 klub. Yang pertama adalah Bristol City di divisi Championship (2016/17) dan tampil impresif dengan mengemas 26 gol dari 48 penampilan serta memenangi penghargaan Player of the Year versi klub.

Di musim 2017/18, dia pindah ke Swansea City yang kala itu berkompetisi di Premier League. Pada periode itu, Chelsea memutuskan untuk memperpanjang kontrak Tammy Abraham hingga 5 tahun lagi. Kariernya bersama the Swans tidak begitu mentereng dengan torehan 8 gol dan gagal menyelamatkan timnya dari degradasi.

Terakhir, Tammy Abraham dipinjamkan ke Aston Villa, tempat John Terry bekerja sebagai staf. Ia jadi pemain Villa pertama yang bisa mencetak 20 gol sejak musim 1980/81. Total Tammy Abraham mencatatkan 26 gol dari 40 penampilan. Ia berperan penting dalam membantu timnya meraih promosi ke Premier League sejak musim 2015/16 ketika mereka terdegradasi.

 

Tammy Abraham: Nomor 9 Chelsea

Akhirnya, kesempatan untuk bermain bersama Chelsea datang. Di musim 2019/20, Frank Lampard memutuskan untuk memulangkan Tammy Abraham, menjadikannya sebagai striker utama, dan memberinya kaus bernomor punggung 9.

 

"Dia anak muda yang sudah melewati banyak ujian dan memperlihatkan hasratnya untuk menjadi striker utama Chelsea. Saya rasa ini kesempatan baginya untuk mencapai titik tersebut," kata Lampard pada waktu memberikan nomor 9 untuk Tammy Abraham.

Di usia yang sudah menginjak 20-an, Tammy Abraham tak butuh waktu lama untuk membuktikan nilainya sebagai striker utama Chelsea. Salah satunya adalah dengan hat-trick yang dibuat saat menggebuk Wolves dengan skor 5-2.

Tammy Abraham berhasil memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang pernah menciptakan hat-trick untuk Chelsea di Premier League, juga sebagai pemain termuda kedua sepanjang sejarah Chelsea yang mampu mengoleksi 10 gol di Premier League, setelah Arjen Robben.

Sampai artikel ini dirilis, Tammy Abraham sudah menciptakan 15 gol dan membawa Chelsea ke posisi empat besar Premier League. Saat ini dia juga menjadi top skor klub.

 

Pengakuan untuk Tammy Abraham di panggung internasional

Meski membela Inggris di level yunior, muncul rumor yang mengatakan bahwa Tammy Abraham mungkin akan bermain untuk Nigeria, sampai akhirnya, pada Oktober 2019, Gareth Southgate memanggilnya untuk memperkuat tim utama Inggris.

Tammy Abraham jadi opsi bagi lini serang the Three Lions. Debutnya untuk Inggris datang di laga kontra Montenegro dalam kualifikasi Euro 2020. Striker ini berhasil mencetak gol di penampilan perdananya tersebut dan membantu Inggris menang telak 7-0. Kita boleh berharap pemain bertubuh tinggi ini bisa menjadi bagian dari timnas Inggris dalam waktu lama.

 

Fakta-fakta yang perlu diketahui tentang Tammy Abraham

Berapa tinggi badan Tammy Abraham? 1,91 m.
Kaki dominan Tammy Abraham? Kaki kanan.
Kapan Tammy Abraham bergabung dengan Chelsea? Di kelompok usia Under-8 dan terus berkembang melalui sistem pembinaan pemain di akademi.
Tammy Abraham melakukan debut untuk Chelsea saat melawan tim apa? 11 Meti 2016 vs Liverpool | Guus Hiddink memberinya kesempatan untuk melakukan debut dalam laga kontra the Reds di Premier League yang berakhir dengan skor 1-1. (Menggantikan Bertrand Traore di menit ke-74).
Apa akun Tammy Abraham di Instagram/Twitter? Twitter: @tammyabraham | Instagram: tammyabraham1

Selengkapnya tentang Tammy Abraham - Klik di sini

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA