Sejarah

Mengalahkan Liverpool di Salah Satu Laga Terbesar – Dan Mitos Gol Gronkjaer

Hari ini adalah peringatan hari bersejarah Chelsea dan untuk itu mari kita ingat lagi duel besar di Liga Champions 17 tahun lalu. Kami juga mengungkap alasan yang membuat kami wajib menuai hasil hari itu…

Satu dekade sebelum Frank Lampard memecahkan rekor gol di Aston Villa, pencapaian yang juga kami peringati hari ini, lawatan Liverpool ke Stamford Bridge pada 11 Mei 2003 dalam laga terakhir di liga musim itu disebut-sebut sebagai “pertarungan senilai £20 juta”, sesuai dengan perkiraan pemasukan yang akan diperoleh jika berhasil mengamankan tiket ke Liga Champions.

Kami berbekal catatan kurang sip untuk duel perebutan posisi keempat dengan Liverpool itu. Hasil imbang dengan tim tamu Fulham di pekan terakhir bulan April 2003 diikuti dengan kekalahan sepekan kemudian di markas West Ham. Hal itu terlihat buruk bagi the Blues besutan Claudio Ranieri, tetapi pada hari yang sama dan bahkan sempat unggul, Liverpool secara mengejutkan takluk dari tim tamu Manchester City lewat gol-gol yang diciptakan oleh mantan striker mereka, yang nantinya membela Chelsea, Nicolas Anelka.

Itu berarti the Blues, unggul selisih gol dari the Reds, hanya butuh hasil imbang untuk menyegel peringkat keempat sekaligus tiket terakhir ke babak kualifikasi Liga Champions 2003/04. Namun demikian, ada tekanan tambahan yang dirasakan oleh Chelsea.

Malam sebelumnya, para pemain diantar ke sebuah ruangan di Royal Lancaster Hotel untuk mendengarkan kesaksian seorang tentara veteran AS dari perang Vietnam, yang mengejutkan audiens dengan kisah traumatis di mana seorang anggota peletonnya mengorbankan diri agar rekan-rekannya yang terjebak dapat melarikan diri. Beliau mengakhiri kesaksiannya dengan meminta para pemain untuk mati-matian demi rekan-rekan setim di laga esok harinya.

Para pemain mendapat wejangan yang agak berbeda dari chief executive Trevor Birch, yang menjelaskan bahwa pemotongan gaji tampaknya tak terelakkan lagi, dan krisis keuangan dapat membuat kondisi klub lebih buruk lagi jika mereka tidak mengamankan tiket Liga Champions. Para pemain harus dijual dan pemain dengan kontrak besar yang akan diprioritaskan. Belakangan diketahui bahwa Lampard adalah salah satunya.

Tidak diketahui pembicara mana yang lebih memotivasi, atau apakah dorongan dari 42.000 penonton – yang sama sekali tidak mengetahui yang terjadi di balik layar – tetapi setelah hasil mengecewakan sebelumnya, seharusnya the Blues bisa menjalankan tugas mereka melawan Liverpool.

Bek lawan, Sami Hyypia, membuka peluang pertama lewat sebuah tandukan, tetapi tiga menit kemudian pemain sayap Chelsea, Jesper Gronkajer, melepas sebuah umpan silang super yang sukses disambut Marcel Desailly dengan kepalanya.

Satu poin sudah cukup, sehingga gol Desailly itu terbilang sudah cukup untuk ‘menyudahi’ permainan. Namun di pertengahan babak pertama Gronkjaer kembali menunjukkan tajinya dengan mencetak sebuah gol lewat sepakan melengkung yang memastikan kemenangan kami. Pada saat itu Chelsea lebih dominan dan layak menang.

Steven Gerrard terpaksa menerima kartu merah di menit-menit akhir, dan setelah peluit akhir pertandingan dibunyikan, para pemain Chelsea luap dalam kegembiraan karena telah berhasil menunaikan misi rahasia mereka, melakukan lap of honour, kelelahan namun lega.

Kurang dari dua bulan kemudian Roman Abramovic membeli Chelsea, yang sudah dipastikan berlaga di Liga Champions. Ini menambah signifikansi dari kemenangan atas Liverpool.

Seiring waktu, jumlah uang yang diperoleh pun bertambah. Dari pertandingan senilai £20 juta, yang terjadi di Stamford Bridge, menjadi “gol £1 miliar pound”.

Biasanya label itu diberikan pada gol-gol Gronkjaer namun dengan tidak mengecilkan nilai penting dari gol yang memberi kami napas dalam duel sengit itu, andai gol tersebut tidak tercipta dan laga berakhir 1-1 pun, kami tetap finis di urutan keempat, lolos ke Liga Champions, dan perjalanan sejarah the Blues pun tidak berubah.

Namun itu tetap menjadi kisah yang ikonik dari sejarah Chelsea. Dan di bawah ini ada satu lagi aksi di laga itu, dari seorang legenda yang tengah melakoni laga terakhirnya untuk klub…

Rekaman utuh dari pertandingan ini dapat disaksikan di aplikasi The 5th Stand

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA