Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Kepa Arrizabalaga

Kepa Arrizabalaga jadi subjek berikutnya seri yang menganalisis performa individu pemain-pemain kami musim ini…

Mengingat terakhir kali kami bertanding adalah dua bulan lalu, ada baiknya kita lihat lagi jalannya musim ini bagi setiap anggota skuad . Setelah ada Tammy Abraham dan Christian Pulisic di edisi sebelumnya, kali ini ada si kiper no.1…

Kepa: 33 penampilan, delapan clean sheet

Sebelum lockdown, Kepa Arrizabalaga telah berhasil mengatasi rintangan besar dalam kariernya sebagai pemain Chelsea sejauh ini dengan kembali mendapatkan tempatnya di tim berkat penampilan apik saat melawan Liverpool di FA Cup. Ia melanjutkannya dengan penampilan solid – clean sheet kedua beruntun – di laga terakhir kami sebelum sepak bola ditangguhkan kala mendominasi Everton.

Performa gemilang itu ia tunjukkan setelah sempat kehilangan posisi kiper nomor satu di tim, yang selalu diembankan kepadanya sejak didatangkan dari Athletic Bilbao.

Pahlawan di Piala Super

Kepa memulai musim keduanya di Chelsea dengan kekalahan yang sulit diterima di Old Trafford, namun beberapa hari kemudian di gelaran Piala Super yang digelar di Istanbul, kiper kami ini membuat sebuah penyelamatan memukau atas percobaan Virgil van Dijk setelah sebelumnya berhasil mementahkan tendangan drive rendah Mo Salah. Penyelamatannya itu, yang menepis bola ke tiang gawang, jadi salah satu dari banyak penyelamatan terbaiknya untuk Chelsea.

Beli pernak-pernik kiper di Megastore Chelsea dengan diskon hingga 60 persen untuk jersey!

Tim muda Chelsea, di bawah arahan manajemen baru, masih sulit meraih clean sheet. Namun, clean sheet pertama melawan Brighton pada akhir September mengawali rentetan enam clean sheet di liga. Dalam periode itu, kami juga sukses menaklukkan Ajax dengan skor 1-0.

Menggagalkan Ben Foster

Penyelamatan terbaik Kepa pada periode itu tercipta secara dramatis di masa perpanjangan waktu kala menjatuhkan diri ke kiri untuk menghalau sundulan kiper lawan Ben Foster dan menggagalkan peluang Watford untuk meraih satu poin di Vicarage Road.

“Itu penyelamatan yang brilian,” kata Frank Lampard seusai pertandingan. “Terkadang kita butuh kiper kita untuk menciptakan momen seperti itu – untuk itulah mereka ada. Terkadang laga bisa sangat tenang dan seperti itulah hari ini, jadi saya puas atas kinerjanya. Momen-momen seperti itu sangat bagus untuk kepercayaan diri kiper.”

Pada akhir November, Kepa melompat ke kanan untuk menghentikan tembakan penalti Valencia di ajang Liga Champions yang digelar di negara asalnya. Sayangnya, sebuah umpan silang yang melayang di atas kepalanya langsung masuk ke gawang dan membuat kami gagal membawa pulang tiga poin dari Mestalla. Namun demikian, tiket ke fase gugur dipastikan kemudian setelah mengalahkan Lille di matchday keenam.

Masuknya Kepa ke tim nasional Spanyol

Berkat penampilan apiknya untuk Chelsea sepanjang tahun 2019, Kepa berhasil merebut posisi kiper utama Spanyol dari tangan David De Gea dan membantu negaranya lolos ke Piala Eropa yang telah ditunda penyelenggaraannya hingga musim panas tahun depan.

Kepa memulai tahun 2020 dengan sejumlah penyelamatan penting dalam laga sengit di markas Brighton pada laga Tahun Baru. Sebuah penyelamatan dengan kaki yang menggagalkan upaya Neal Maupay di menit-menit akhir juga tak kalah impresifnya.

Kepa tergusur

Para pertengahan Januari, kami kehilangan poin demi poin dengan cara yang mengecewakan ketika berhadapan dengan Newcastle dan Arsenal. Gol kemenangan the Magpies yang dikemas Isaac Hayden di menit ke-94 benar-benar memukul tim.

Di putaran ketiga FA Cup, Willy Caballero diturunkan untuk mengawal gawang kami. Setelah memetik kemenangan di kandang Hull, kiper sarat pengalaman asal Argentina ini terus dipertahankan selama lima laga selanjutnya, antara lain laga kandang kontra Manchester United, Tottenham, dan Bayern Munich.

Kepa kembali dan tampil maksimal

Ketika Liverpool menyambangi Stamford Bridge pada awal Maret dalam gelaran FA Cup, Kepa kembali menjaga gawang dan membuat tiga penyelamatan super di babak pertama untuk mempertahankan keunggulan tim yang diberikan oleh Willian. Terlihat sekali penyelamatannya itu telah memompa kepercayaan dirinya dan membuat kita teringat lagi akan kemampuan terbaiknya.

Laga tersebut ia akhiri dengan sebuah clean sheet yang memang layak ia dapatkan. Catatan itu ia lanjutkan saat mengalahkan Everton ketika sebuah penyelamatan berani di menit-menit akhir membuahkan nirgol kedelapannya dari 33 penampilan di musim 2019/20.

Beli jersey Kepa sekarang, dengan diskon hingga 60 persen!


Statistik Kepa di Premier League musim 2019/20


 

Statistik Kepa Arrizabalaga

Penampilan Kepa di Premier League musim 2019/20

Sejauh ini Kepa sudah tampil 25 kali di Premier League musim 2019/20.

Penampilan Kepa di Liga Champions musim 2019/20

Kepa tampil enam kali di Liga Champions musim 2019/20, yang merupakan pengalaman pertamanya di kompetisi itu.

Penampilan Kepa di FA Cup musim 2019/20

Sejauh ini Kepa baru tampil sekali di FA Cup musim 2019/20, saat melawan Liverpool di babak kelima yang berakhir dengan kemenangan.

Penampilan Kepa di Carabao Cup musim 2019/20

Kepa belum pernah tampil di ajang ini musim ini.

Clean sheet Kepa di Premier League musim 2019/20

Kepa sudah mengemas enam clean sheet di Premier League musim 2019/20.

Clean sheet Kepa di Liga Champions musim 2019/20

Kepa punya catatan satu clean sheet di Liga Champions musim 2019/20, saat bertandang ke Ajax.

Clean sheet Kepa di FA Cup musim 2019/20

Kepa mengemas satu clean sheet di FA Cup musim 2019/20.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA