Analisis

Lima Laga Penting yang Membantu Chelsea Menjuarai Titel di Musim 2016/17

Untuk merayakan tahun ketiga dari kesuksesan terakhir kami di Premier League, mari kita ingat lagi laga-laga yang berperan dalam membantu kami mengamankan gelar juara musim itu.

Kesuksesan kami dalam menjuarai Premier League musim 2016/17 mungkin adalah yang paling mengejutkan dari keenam kesuksesan kami menjadi juara liga Inggris, dan tentunya ada momen dan laga vital yang menjadi pembedanya. Untuk memperingati malam indah di markas West Brom, mari kita ingat lagi kenangan-kenangan indah dalam prosesnya...
 

West Ham (k) - 15 Agustus 2016

Kemenangan atas the Hammers di hari pertama tercipta sebelum tim kami benar-benar terbentuk dan kemudian sukses besar, namun kemenangan ini menandakan bahwa musim itu dimulai dengan positif, terutama setelah musim sebelumnya yang mengecewakan. 

Kami mendominasi permainan di malam itu, namun setelah kami unggul lewat sepakan Eden Hazard dari titik putih di awal babak pertama, tim tamu bisa menyamakan kedudukan dengan tembakan pertama mereka di laga itu. 

Antonio Conte, yang menjalani laga pertamanya bersama Chelsea, tidak puas dengan hasil imbang. Pedro, Victor Moses, dan Michy Batshuayi dimasukkan di fase akhir pertandingan dan sebuah sundulan dari si pemain depan Belgia di menit ke-89 sukses disambar oleh Diego Costa untuk memberikan kemenangan dramatis.

Hull (t) - 1 Oktober 2016

Bisa dibilang sebagai titik balik kami musim itu. Menyusul kekalahan beruntun atas Liverpool dan Arsenal di liga, Conte mengubah formasi menjadi 3-4-3 yang ternyata membuahkan hasil yang luar biasa.

Posisi tiga bek diisi oleh Cesar Azpilicueta, David Luiz, dan Gary Cahill, sementara Moses dan Marcos Alonso, yang melakoni start pertamanya, diplot sebagai bek sayap.

Babak pertama berjalan seru di tengah upaya tim membiasakan diri dengan formasi baru. Namun, setelah turun minum kami kembali menemukan alur serangan kami. Willian membuka keunggulan setelah satu jam dengan sebuah sepakan menawan. Setelah itu gol kembali tercipta dengan proses yang tak kalah apiknya, kali ini diselesaikan oleh Diego Costa. Kemenangan ini menjadi awal dari 13 kemenangan beruntun kami di Premier League.

Man City (t) - 3 Desember 2016

Kami menyambangi Etihad dengan bekal tujuh kemenangan beruntun di liga, termasuk setelah membalikkan keadaan atas Tottenham di pekan sebelumnya. Laga ini memberikan ujian terberat di musim itu, dan akhirnya berhasil kami atasi dengan gemilang.

City, yang mendominasi babak pertama dan unggul di babak pertama lewat gol bunuh diri Cahill, melewatkan tiga peluang emas untuk memperbesar keunggulan mereka di awal babak kedua. Mereka harus membayar mahal kesalahan itu ketika Diego Costa membuat kedudukan berimbang setelah memanfaatkan umpan Cesc Fabregas, yang bermain sejak menit pertama menggantikan Nemanja Matic yang cedera.

Sebuah serangan balik tajam, yang diselesaikan oleh pemain pengganti Willian, mengubah jalannya pertandingan. Kemudian Hazard menambah kegembiraan dengan mencetak gol ketiga di menit-menit akhir. Terjadi drama ketika Sergio Aguero dan Fernandinho dikartu merah di masa perpanjangan waktu di tengah memanasnya permainan. The Blues sukses mengamankan kemenangan besar dan memberi pernyataan tegas akan penampilan dan mental juara mereka.

Man City (k) - 5 April 2017

Laga antara dua pesaing juara selalu menentukan peraih gelar juara pada akhirnya, namun mengingat kami baru saja takluk dari Crystal Palace di kandang sendiri – dan keunggulan di puncak klasemen terpangkas menjadi tujuh poin saja – di pekan sebelumnya, kemenangan atas pasukan Pep Guardiola jadi poin yang teramat penting.

Kami memulai pertandingan dengan sempurna ketika Hazard memberikan keunggulan di menit-menit awal, namun tim tamu dengan cepat meniadakan keunggulan tersebut lewat Aguero. Hazard tampil luar biasa malam itu dan kembali mencetak gol, penentu, 10 menit menjelang turun minum, dengan mensontek bola muntah setelah tendangan penaltinya dimentahkan kiper lawan.

Masuknya Nemanja Matic, menggantikan Kurt Zouma, saat jeda membuat City tak mampu menguasai lini tengah, meski Vincent Kompany dan John Stones nyaris menyamakan kedudukan di babak kedua.

Berkat kombinasi antara hasrat dan keuletan mereka, the Blues berhasil keluar sebagai pemenang, sekaligus memberikan respons atas kekalahan dari Palace.

Everton (t) - 30 April 2017

Hanya terpisah sejauh empat poin dengan tim peringkat kedua Tottenham, laga di Goodison Park ini jadi lebih krusial. 

Banyak pundit meyakini bahwa duel ini merepresentasikan tantangan terberat dalam laju kami, dan itulah yang terlihat di babak pertama yang berakhir imbang. Sebenarnya, kami bisa saja unggul andai peluang emas Hazard dan Diego Costa dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Kebuntuan pecah di pertengahan babak kedua ketika Pedro melepas tembakan jauh kaki kiri yang menembus pojok atas gawang. Cahill kemudian menggandakan keunggulan kami tak lama sebelum dua pemain pengganti, Cesc Fabregas dan Willian, membungkus kemenangan lewat sebuah kerja sama indah. 

Selebrasi yang dilakukan selepas peluit akhir dibunyikan memiliki cerita tersendiri: Kami sudah makin dekat dengan gelar juara.

Ikuti perjalanan kami selengkapnya di musim 2016/17 lewat Premier League Years yang terdapat di Aplikasi 5th Stand...

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA