Indonesia

Aksi Mulia CISC Regional Sibolga di Tengah Pandemi

Bagi kebanyakan fans klub sepakbola, pandemi Covid-19 membuat Ramadan kali ini dilewati dengan rasa hampa. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah, membuat masyarakat dilarang untuk berkumpul. Otomatis ada begitu banyak agenda fans klub yang batal dilakukan selama bulan suci ini.

Satu hal yang sejatinya juga terjadi pada Chelsea FC Indonesia Supporters Club (CISC) Regional Sibolga. Ada begitu banyak rencana Ramadan yang urung mereka laksanakan. Mulai dari buka bersama, membagikan takjil, sampai memberikan santunan pada orang yang membutuhkan. Meski begitu, mereka menolak untuk tidak berbuat mulia.

Mengetahui pandemi Covid-19 semakin meluas, CISC Sibolga berinisiatif untuk mengadakan serangkaian aktivitas mulia demi menekan pandemi. Dimulai pada 21 April lalu, mereka mengadakan kegiatan berbagi masker. Setidaknya 500 masker kain dibagikan untuk para pekerja yang memang membutuhkan. Seperti tukang becak, supir angkot, juga para pekerja informal.

Hebatnya masker tersebut dibuat swadaya oleh seluruh anggota CISC Sibolga. Masker yang diberikan pun tak sembarangan, karena sesuai standar tiga lapis yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

“Kami tidak mau asal membagikan masker. Di dalam paket masker tersebut, juga ada kertas instruksi cara memakai masker yang baik dan benar,” ujar sang koordinator, Harry Alfauzan.

Mendapat respons yang luar biasa dari masyarakat, CISC Sibolga menolak berhenti. Mereka pun melanjutkan kegiatan mulianya dengan memberikan donasi Alat Pelindung Diri (APD) pada petugas lingkungan di Kecamatan Sibolga Sambas dan Sibolga Utara, pada 4 dan 8 Mei lalu.

“Dalam menyalurkan bantuan, kami ingin tepat sasaran. Tadinya kami ingin ke puskesmas atau rumah sakit, tapi mereka bilang tidak perlu lagi karena sudah mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak. Karenanya kami menyasar petugas lingkungan di kecamatan, yang lebih membutuhkan,” terang Fauzan.

Masing-masing kecamatan mendapat 50 paket APD, yang berisi masker pelindung wajah, masker kain, dan sarung tangan. Lagi-lagi, semuanya dilakukan secara swadaya.

“Ini adalah bukti kepedulian kami. Ini adalah hal yang kecil yang bisa kami lakukan di tengah masa sulit ini. Pandemi ini masalah kita bersama, karenanya kita harus menghadapinya bersama. Saya percaya, bersama-sama kita bisa melewatinya,” harap Fauzan.

Ucapan terima kasih kami untuk CISC Regional Sibolga atas dedikasinya pada Chelsea FC. Aktif berkegiatan dan berbagi dalam momen suci saat Ramadan serta sulit di tengah pandemi Covid-19 saat ini, merupakan contoh kontribusi luar biasa sebuah fans klub pada masyarakat.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA