Indonesia

Derbi London Klasik: Chelsea vs Arsenal

Chelsea vs Arsenal (2-1): Final League Cup 2007 (Millennium Stadium)

Chelsea dan Arsenal menyuguhkan pertandingan menghibur yang nyaris tak terkendali di momen-momen tertentu. Laga itu berakhir dengan tujuh kartu kuning, tiga kartu merah, dan pertengkaran pemain dari kedua kubu di masa perpanjangan waktu.

Theo Walcott membuat Arsenal unggul lebih dahulu namun tak bertahan lama karena kemudian Didier Drogba membuat skor kembali berimbang.

Salah satu momen ikonik dari laga Chelsea vs Arsenal hari itu adalah ketika Abou Diaby dengan sengaja menendang dagu John Terry yang sedang berusaha mencetak gol. JT kemudian tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit. Setelah pulih, ia kembali bergabung dengan skuad di hari yang sama.

Drogba lalu mencetak gol keduanya di laga itu lewat sebuah sundulan, yang sekaligus memastikan the Blues mengangkat trofi yang diraih dengan susah payah itu.

Chelsea vs Arsenal (2-1): Perempat final Liga Champions 2004 (Highbury)

Sebelumnya, Chelsea belum pernah bisa mengalahkan Arsenal dalam 15 pertemuan, dalam rentang lima tahun. Hari itu, perempat final Liga Champions 2004 mempertemukan Chelsea vs Arsenal.

Setelah bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge di leg pertama, "the Invincibles" membayangkan kesempatan mereka untuk mengalahkan the Blues di kandang mereka.

Setelah kedua tim bertukar serangan, Jose Antonio Reyes membuka keunggulan timnya lewat sebuah penyelesaian jarak dekat. Namun, kemudian Jens Lehmann melakukan kesalahan besar ketika tepisannya atas tembakan Claude Makelele jatuh ke kaki Lampard yang lantas mengubah kedudukan menjadi seimbang.

Tiga menit menjelang laga usai, Wayne Bridge memainkan kerja sama satu-dua dengan Gudjohnsen di depan kotak penalti, yang akhirnya ditembak sendiri oleh si bek kiri Inggris ke gawang Lehmann untuk menyingkirkan Arsenal dari kompetisi tersebut.

Chelsea vs Arsenal (4-1): Final Liga Europa 2019 (Baku Olympic Stadium)

Meski dimainkan di luar Inggris, duel Chelsea vs Arsenal ini akan selalu dikenang sebagai salah satu derbi London klasik.

Setelah babak pertama berjalan biasa-biasa saja, Olivier Giroud memecah kebuntuan ketika menyambut bola hasil umpan silang Emerson dengan kepalanya yang melesat melewati Petr Cech di menit ke-49. Kami menggandakan keunggulan 10 menit kemudian lewat Pedro yang membelokkan umpan silang Hazard ke gawang Petr Cech.

Penggemar Arsenal terlihat tidak terima ketika Ainsley Maitland-Niles yang berduel dengan Giroud menghasilkan hadiah penalti, yang kemudian dieksekusi oleh Hazard di menit ke-65.

Arsenal memperkecil ketertinggalan lewat Alex Iwobi dan membuat asa timnya melambung, namun Chelsea kembali unggul tiga gol saat Hazard mencetak gol keduanya setelah menyelesaikan kerja sama dengan Giroud. Ia pun menutup penampilan terakhirnya di derbi Chelsea vs Arsenal sekaligus laga terakhirnya untuk klub dengan gaya.

Chelsea vs Arsenal (6-0): Premier League 2014 (Stamford Bridge)

Selain suporter dari kedua kubu, kami yakin penggemar sepak bola di seluruh dunia masih ingat laga klasik Chelsea vs Arsenal ini ketika Andre Marriner salah memberi kartu merah kepada Kieran Gibbs dan bukannya Alex Oxlade-Chamberlain akibat salah mengenali pemain dalam insiden handball di dalam kotak penalti.

“Pada Arsene Kami Percaya untuk yang ke-1.000 kalinya”. Itulah tulisan pada spanduk yang dibawa oleh seorang penggemar Arsenal ke stadion untuk merayakan laga ke-1.000 Arsene Wenger selama menangani Arsenal – yang kemudian berakhir dengan senyum masam.

Arsenal sudah tertinggal dua gol di menit ketujuh. Pertama oleh Samuel Eto'o lalu Andre Schurrle. Kedua oleh tendangan penalti Eden Hazard yang diberikan setelah Alex Oxlade-Chamberlain melakukan handball. Namun laga belum berakhir. Kemudian Oscar mengemas dua gol, dan Mohamed Salah satu gol untuk menambah penderitaan the Gunners.

Ini adalah kemenangan terbesar Jose Mourinho di Premier League sebagai manajer Chelsea. Juga merupakan pertama kalinya dalam sejarah kami bisa mencetak enam gol dalam laga derbi London Chelsea vs Arsenal.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA