Indonesia

Koneksi Bundesliga Chelsea

Sehubungan dengan belum dilanjutkannya Premier League, mungkin banyak penggemar Chelsea yang kini mengalihkan perhatiannya ke Bundesliga Jerman akhir pekan ini untuk kembali menonton pertandingan sepak bola secara langsung untuk kali pertama setelah berpuasa lebih dari dua bulan.

Meski suporter the Blues mungkin tidak terlalu mengikuti perkembangan divisi utama sepak bola Jerman, perlu diingat bahwa kami memiliki sejumlah koneksi dengan klub-klub Bundesliga.

Koneksi teranyar pada saat ini adalah dengan juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen Bayern Munich yang masih harus kami hadapi di leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Raksasa Bavaria ini lebih diunggulkan setelah menang tiga gol tanpa balas di leg pertama yang digelar di Stamford Bridge namun mereka tak punya kenangan indah di dua pertemuan terakhir mereka dengan the Blues di kompetisi ini. Pertama, saat mereka kami pulangkan dengan skor agregat 6-5 di perempat final 2005, dan kedua saat kami kalahkan dalam adu penalti di final 2012 yang digelar di Allianz Arena.

Dengan sudah gantung sepatunya Arjen Robben tahun lalu, saat ini tidak ada pemain yang memiliki koneksi dengan Chelsea dan Bayern, namun berbeda dengan tim yang kini bercokol di peringkat kedua, Borussia Dortmund, klub yang dibela Christian Pulisic musim lalu.

Setelah mendarat di Chelsea, Pulisic bereuni dengan Michy Batshuayi, yang pernah bermain bersamanya di Dortmund di paruh kedua musim 2017/18. Pria Belgia itu punya koleksi sembilan gol dalam 14 laga untuk pasukan Ruhr sebelum terkena cedera engkel.

Untuk menggantikan Pulisic, Dortmund mengontrak pemain yang juga memiliki hubungan dengan the Blues, Thorgan Hazard. Adik mantan pahlawan the Blues Eden Hazard ini adalah pemain Chelsea yang diboyong oleh Borussia Monchengladbach secara permanen pada 2015.

Eks klub Hazard itu kini duduk di peringkat ketiga klasemen usai menang 3-1 atas tim yang ditundukkan Chelsea di semifinal Liga Europa musim lalu, Eintracht Frankfurt.

Gladbach pernah dibela oleh bek tengah the Blues, Andreas Christensen, yang tampil menawan selama dua musim peminjamannya di sana, dari 2015 sampai 2017, meraih penghargaan Player of the Year versi klub di musim perdananya bersama the Foals.

Ethan Ampadu saat ini dipinjamkan ke RB Leipzig namun pemain internasional Wales ini belum bermain reguler bagi klub peringkat empat itu dan tampaknya masih belum bisa tampil lagi mengingat cedera punggungnya masih belum sembuh.

Eks pemain depan Chelsea, Salomon Kalou, meninggalkan Chelsea delapan tahun lalu setelah sukses menjuarai Liga Champions. Kini pria Pantai Gading ini masih bermain, di usia 34 tahun, dengan membela Hertha Berlin selama enam musim terakhir.

Namun, dia bukanlah eks pemain the Blues tertua yang masih bermain di divisi teratas sepak bola Jerman karena pemain depan asal Peru, Claudio Pizarro, yang pernah semusim di Stamford Bridge, musim 2007/08, masih tampil menawan di musim keempatnya bersama Werder Bremen meski telah berusia 41 tahun.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA