Wawancara

Ashley Cole Ungkap Elemen Kunci di Balik Kesuksesan Chelsea, Keyakinan yang Ditanamkan Mourinho, dan Belajar dari Ancelotti

Sepanjang tahun 2000, melihat Chelsea mengangkat trofi demi trofi jadi pemandangan yang biasa. Seorang pemain kunci dalam periode kesuksesan itu mengungkap salah satu alasan di balik dominasi kami.

Pekan ini, Ashley Cole, bek kiri yang selalu jadi andalan kami selama tahun-tahun bergelimang trofi itu, berbicara kepada Gary Lineker untuk Match of Their Day. Di acara itu ia mengenang rekor kemenangan di final FA Cup yang ditorehkannya serta menggarisbawahi alasan the Blues jadi begitu sukses sejak merengkuh titel Premier League perdana di bawah komando Jose Mourinho pada 2005.

“Jose Mourinho merekrut saya tapi, jika mengingat lagi grup yang kami miliki ketika saya bergabung, grup itu sudah berisikan pemain-pemain juara,” jelas Ashley.

“Kami sudah memiliki pribadi-pribadi besar yang sudah memahami budaya klub dan yang saya maksudkan adalah untuk bermain di sini sehari-hari, dan itu alasan penting yang membuat saya bergabung dengan Chelsea.”

“Pemain-pemain seperti John Terry, Frank Lampard, Didier Drogba, Petr Cech. Mereka ini pemain-pemain yang memahami tuntutan bermain untuk Chelsea dan itu menular kepada Anda.”

“Mereka tahu apa yang dibutuhkan dan menunjukkan itu setiap hari. Kerja keras, dedikasi, dan kemauan untuk berkembang dan lebih baik lagi.”

“Yang dilakukan Jose pada Chelsea luar biasa, dalam hal kepercayaan diri dan keyakinan yang ditularkannya kepada kami. Dia memberikan stabilitas itu. Dia akan datang dan berkata “benar, kalian telah melakukannya dan memenangi banyak trofi, kalian telah berkembang dan inilah yang saya harapkan dari kalian setiap hari’ dan kami jalankan itu.”

Dalam kurun waktu itu, the Blues sudah mempekerjakan beberapa manajer. Mourinho sendiri kembali ke Stamford Bridge pada 2013. Sementara, Frank Lampard, mantan rekan setim Cole – dan pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa Chelsea – kini menjabat sebagai pelatih kepala.

Mantan bek kiri internasional Inggris, yang bergabung dari Arsenal dengan melibatkan Willian Gallas sebagai pertukaran, merasa manajer-manajer yang telah mencicipi kesuksesan terbesar di Chelsea adalah mereka yang tidak perlu melakukan tambal-sulam mengingat sudah ada “juara-juara” sebagai tulang punggung tim, seperti pemain-pemain yang disebutkan sebelumnya – Terry, Lampard, Drogba, dan Cech.

“Tentunya setiap manajer ingin menanamkan resep atau filosofi mereka pada tim,” imbuh Ashley. “Tapi tidak berhasil bagi manajer yang terlalu memaksakannya ke tim. Orang-orang akan bicara tentang kekuatan pemain dan hal-hal seperti itu tapi sebenarnya bukan seperti itu. Kami sudah tahu kekuatan dan kelebihan kami, dan tahu apa yang bisa dilakukan dan tidak, jadi kami sudah terbiasa berada di grup yang ketat dan mengerti cara main dan cara untuk menang.”

“Tidak masalah siapa manajer yang datang, karena jika mereka jika terlalu memaksakan pengaruh ke tim maka akan memengaruhi apa yang sudah ada.”

“Lihat manajer seperti Carlo Ancelotti, yang datang dan diam-diam memasukkan filosofinya ke dalam filosofi yang sudah kami miliki.”

“Tentunya kami semua menaruh hormat kepadanya sebagai manajer dan sebagai pesepak bola sehubungan dengan apa yang telah ia raih sepanjang kariernya, tetapi juga sebagai seorang manusia untuk caranya mempertahankan hal-hal yang sudah ada dan mengakar kuat. Dia hanya mengubah sedikit untuk disesuaikan dengan taktik dan keyakinannya akan apa yang telah kami lakukan sebelum kedatangannya.”

“Kami memiliki grup yang hebat dan mungkin kadang-kadang kami hanya butuh sedikit perubahan di sana-sini, tapi tentunya tidak menyeluruh. Saya rasa manajer mana pun yang datang dengan “dobrakan” dan berkata “sayalah bosnya di sini” dan mengubah segala sesuatunya tidak akan berhasil karena saya rasa kami tidak membutuhkan itu.”

“Itulah yang membuat saya merasa kami terus menang dengan manajer-manajer yang hanya melakukan sedikit perubahan, karena kami sudah punya pemain-pemain inti yang sangat bagus.”

“Saya belajar banyak dari Carlo Ancelotti. Dia membuat lingkungan latihan yang sangat menyenangkan dan aman. Dia akan merangkul jika di butuhkan, dan dia membuat kami ingin pergi berlatih setiap hari, karena menikmatinya.”

“Jadi, saya telah mengambil banyak hal dari Carlo terkait caranya yang saya anggap sebagai pelatih dengan hasrat besar.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA