Sejarah

Urutkan Sesuai Favorit Kemenangan Final Piala FA Chelsea

Pada peringatan kesuksesan Piala FA 2009 kami, kami meminta para penggemar the Blues untuk memutuskan mana dari delapan kemenangan terakhir kami dalam kompetisi yang paling Anda sukai.

Kami memiliki sejarah yang kaya dalam kompetisi piala tertua di dunia ini, dan telah menikmati kesuksesan khusus dalam 23 tahun terakhir, memenanginya dalam tujuh kesempatan.

Anda harus kembali ke tahun 1970 untuk kemenangan perdana kami di Piala FA, kemenangan dalam partai ulangan legendaris atas Leeds United. Kami mengakhiri satu generasi tanpa trofi bergengsi dengan mengangkat piala ini pada tahun 1997, dan melakukannya lagi tiga tahun kemudian di final terakhir di Wembley yang lama. Kami kemudian menikmati empat kemenangan luar biasa dalam rentang enam tahun di stadion nasional yang baru, dan yang terakhir pada 2018.

Masing-masing kemenangan itu jelas sangat istimewa dengan caranya masing-masing, tetapi setiap orang memiliki favorit mereka. Simak artikel pengingat kami dari semua delapan kemenangan final Piala FA kami, termasuk cuplikan gol, dan kemudian pilih favorit Anda dalam polling di bawah ini. Di bagian bawah halaman ini, kami mengungkapkan hasil jajak pendapat kami tentang momen juara Premier League favorit Anda...

1970

Setelah berjuang bangkit dari ketinggalan pada dua kesempatan, the Blues besutan Dave Sexton menjalani laga ulangan melawan Leeds, di mana gol dari Peter Osgood dan David Webb - pada babak perpanjangan waktu - memastikan kemenangan 2-1 di depan Old Trafford yang penuh sesak dan sebuah rekor. pemirsa televisi. Akhirnya, Chelsea mengangkat Piala FA!

1997

"Kami sudah menunggu begitu lama, tapi kami akan menunggu selamanya," lanjut lagu final Piala FA Suggs, Blue Day, tetapi dengan senang hati penantian piala bergengsi itu terhenti pada 26 tahun kemudian saat kami mengalahkan Middlesbrough 2-0. Roberto Di Matteo secara spektakuler membuka skor saat laga baru berjalan 42 detik, dan Eddie Newton mencetak gol kedua kami untuk memulai pesta Wembley.

2000

Di Matteo kembali memenangi Piala FA keduanya dalam empat tahun, pemain Italia itu mencetak gol dari jarak dekat untuk menentukan hasil akhir sebua pertandingan ketat melawan Aston Villa yang menguntungkan kami. Itu adalah final Piala FA terakhir di stadion Wembley lama, dan memastikan the Blues masuk dalam sejarah.

2007

Kami kemudian menunggu sampai final pertama di Wembley baru untuk memenangi Piala itu lagi, dan sekali lagi itu dengan skor 1-0 kami menang, kali ini melawan juara Manchester United. Empat menit perpanjangan waktu tersisa ketika Didier Drogba dan Frank Lampard bertukar umpan satu-dua, dan sang striker menceploskan bola ke pojok bawah gawang untuk memicu selebrasi pendukung the Blues.

2009

Sebelas tahun yang lalu hari ini, kami bangkit dari ketertinggalan di awal laga - saat Louis Saha mencetak gol pada detik ke-25 - untuk mengalahkan Everton 2-1. Drogba mencetak gol final Piala FA keduanya untuk menyamakan kedudukan, dan kemudian Frank Lampard mencetak gol kemenangan dengan kaki kirinya. Ini adalah satu-satunya final Piala di mana kami tidak mengenakan seragam biru kandang kami.

2010

Drogba melakukannya lagi setahun kemudian! Kami telah melewatkan banyak peluang melawan Portsmouth yang terdegradasi dan kemudian Petr Cech menyelamatkan penalti, sebelum pemain Pantai Gading itu melepaskan tendangan bebas yang menembus gawang untuk memenangi pertandingan dan dengan itu, meraih Double pertama dalam sejarah kami.

2012

Ramires berlari kencang untuk membawa kami unggul melawan Liverpool dan kemudian Drogba menggandakan keunggulan kami dengan tendangan akurat, yang keempat dalam empat penampilan final Piala FA. Andy Carroll mencetak satu gol balasan untuk Liverpool dan Cech harus melakukan penyelamatan heroik untuk menghentikan peluang menyamakan skor sang striker, dan menjaga keunggulan kami dan mengamankan Piala FA keempat dalam enam tahun.

2018

Untuk Drogba, baca Hazard. Dalam ulangan final 2007, sihir Eden bakal terlalu membahayakan bagi pemain Man United Phil Jones, yang menjatuhkannya di kotak penalti. Hazard mengeksekusi dengan tenang tendangan penalti yang dihasilkan, dan the Blues kemudian bermain dalam untuk melindungi pertahanan untuk menghentikan Setan Merah. Sama seperti 11 tahun sebelumnya, kami mengalahkan tim dari Old Trafford  dengan skor 1-0.

Untuk memilih favorit Anda cukup klik panah ke atas di sebelah kiri. Final yang paling banyak dipilih akan naik ke atas. Lihat dan tentukan pilihan Anda!

Awal bulan ini kami bertanya yang mana dari lima musim juara Premier League kami yang menjadi favorit Anda. Terima kasih kepada semua orang yang memberikan suara - ini adalah hasilnya!

1. 2004/05

2. 2009/10

3. 2005/06

4. 2016/17

5. 2014/15

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA