Wawancara

Olivier Giroud Soal Bentuk Latihan Sekarang dan Alasannya Bertahan di Chelsea Setahun Lagi

Olivier Giroud bicara soal adaptasi para pemain terhadap bentuk latihan baru di Cobham dan menjelaskan alasannya meneken kontrak baru di klub…

Pada saat sepak bola harus dihentikan pada awal Maret akibat pandemi virus corona, Olivier Giroud punya banyak alasan untuk mengeluhkan penangguhan di saat yang sangat tidak menguntungkan itu. Kala itu, pria 33 tahun ini sudah dimainkan lima kali beruntun sebagai starter di tim Frank Lampard di semua kompetisi dan mencetak dua gol, masing-masing satu ke gawang Tottenham dan Everton.

Bahkan, selama lima penampilan itu, Giroud sudah mendapat menit 60 persen lebih banyak dari yang ia mainkan sepanjang musim, ditambah dengan dua gol yang menambah koleksi golnya musim ini menjadi tiga. Ia menggantikan peran Tammy Abraham yang absen lantaran cedera dan berhasil mempertahankan tempatnya sebagai ujung tombak meski penyerang internasional Inggris itu sudah pulih.

Pesepak bola asal Prancis ini bahkan dipuji oleh Lampard sebagai seorang profesional dan seorang panutan, memberikan contoh di dalam dan luar lapangan.

Kini Giroud, yang telah kembali berlatih di Cobham untuk menjalani latihan fase kedua mengikuti panduan latihan dari Premier League, terus memberi contoh dan menjelaskan rasa syukurnya bisa kembali bekerja bersama rekan-rekan setimnya.

“Kami bekerja keras dan rasanya sangat menyenangkan bisa kembali ke lapangan, bertemu dengan teman-teman lagi, dan sederhananya, bermain sepak bola, menendang bola, dan mencetak gol lagi,” katanya.

“Saya sangat merindukan ini. Ini memang sangat unik tapi tak mengapa dan kami sangat bersemangat.”

Para pemain sudah berlatih kembali meski dengan cara yang jauh berbeda dari yang biasa mereka lakukan walaupun pelatihan kontak dalam batas tertentu sudah disepakati beberapa hari lalu, yang berarti mereka sudah bisa berlatih dalam kelompok yang lebih besar.

“Ada banyak perbedaan,” ungkap Giroud. “Kami bekerja dalam kelompok berlima dan kami juga harus menjaga jarak sosial sejauh dua meter, yang berarti tidak ada kontak.”

“Ada yang berubah bila dibandingkan dengan pramusim biasanya, di mana kami hanya mendapat perawatan selama 15 menit setelah berlatih. Biasanya dalam pramusim, Anda sangat menuntut (kesehatan) otot-otot dan membuatnya bekerja keras, terutama jika Anda tidak berlatih selama dua bulan lebih.”

“Otot akan menegang dan melemah tapi kami tetap menuruti peraturan dari pemerintah dan Premier League. Saya akui bahwa akan lebih baik jika saya lebih menjaga dan merawat tubuh saya.”

“Berlari saja tidak bisa menggantikan rasa berada di lapangan – mengubah arah gerak, akselerasi, berhenti-bergerak. Hampir semua rekan setim saya mengalami lecet di kulit mereka setelah berlatih kembali namun senang sekali bisa kembali ke lapangan.”

Baru-baru ini Giroud menyepakati kontrak baru dengan Chelsea yang akan memperpanjang masa baktinya selama setahun lagi di SW6, menjadi total dua setengah tahun. Setelah nyaris pergi dari klub pada bursa transfer Januari, ia menjelaskan apa yang membuatnya berubah pikiran.

“Saya ingin pergi pada bursa transfer Januari karena saya tidak banyak bermain dan saya membutuhkan menit main untuk membela skuad Prancis di Euro 2020,” jelasnya. “Saya nyaris meninggalkan klub ini tetapi saya benar-benar berpikir bahwa Tuhan ingin saya bertahan di Chelsea.”

“Manajer mengaku bahwa dia tidak bisa membiarkan saya pergi karena belum menemukan pengganti saya. Semua orang tahu apa yang terjadi jadi saya tidak akan mengurungkan niat saya, tapi pelatih kami berbicara empat mata dengan saya dan memberi tahu bahwa dia akan lebih sering memainkan saya.”

“Dia menepati kata-katanya dan setelah itu tugas saya adalah membuktikan bahwa saya bisa diandalkan saat diturunkan.”

Tidak diragukan lagi jika juara Piala Dunia ini telah memberikan momen-momen hebat selama berkaus biru, salah satunya ketika membuka keunggulan kami dengan membobol eks timnya, Arsenal, di final Liga Europa musim lalu dan di semifinal FA Cup setahun sebelumnya.

Dia bertekad mengulanginya lagi ketika mendapat kesempatan dan tidak ada lagi yang lebih pas daripada memecah kebuntuan saat melawan Spurs untuk memenangkan hati para penggemar, ruang ganti, dan manajemen Chelsea.

“Saya turun dari bangku cadangan dan mencetak gol di laga pertamaku melawan Manchester United,” kenangnya. “Gol itu dianulir karena setengah kaki saya offside. Di laga berikutnya, kami berhadapan dengan Tottenham, salah satu pesaing kami dalam memperebutkan tiket Liga Champions. Saya bermain dan mencetak gol. Saya terus mempertahankan tempat saya di tim lalu saya kembali mencetak gol, melawan Everton.”

“Saya ingin terus memenangi trofi dan saya ingin terus menunjukkan kepada manajer bahwa saya bisa diandalkan.”

photo of Olivier Giroud Olivier Giroud

“Saya berhasil memaksimalkan kesempatan dan membayar kepercayaan yang diberikan manajer. Inilah alasan klub pada akhirnya memberi saya kesempatan untuk melanjutkan masa bakti saya di Chelsea. Saya langsung menerimanya karena saya merasa senang di sini. Saya ingin terus memenangi trofi dan ingin terus menunjukkan kepada manajer bahwa saya bisa diandalkan.”

“Selain itu, dengan situasi lockdown karena virus corona ini, saya kurang nyaman dengan ide pindah ke luar negeri dan mengajak keluarga saya pindah. Saya sangat memperhatikan kualitas hidup dan kami menikmati fasilitas yang sangat baik di sini. Sekarang saya sangat memikirkan keluarga saya.”

Sebuah pemikiran yang tepat mengingat krisis kesehatan yang sedang terjadi di dunia, meski si striker sendiri lebih diyakinkan dengan pengujian kesehatan berkala yang dilakukan kepada para pemain dan staf klub. Dia tahu bahwa sepak bola tidak akan kembali normal lagi untuk sementara waktu.

“Kami dites dua kali seminggu – ini sangat aneh tapi kami harus mengikuti peraturan yang ada,” tegasnya. “Periode ini sulit dengan tidak adanya sepak bola.”

“Kompetisi disetop. Kami sangat merindukan itu dan adrenalinnya, para penggemar. Saya mengkhawatirkan bermain sepak bola tanpa penonton. Saya rasa itu akan menghilangkan pesonanya tapi untuk sekarang memang begitulah caranya.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA