Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Willian

Pemain no.10 ini jadi sorotan kami dalam lanjutan analisis kami tentang perjalanan pemain-pemain kami di musim ini, menjelang bergulirnya kembali kompetisi.

Willian masih jadi pemain reguler di lini serang di musim ketujuhnya di Stamford Bridge, terus berkontribusi dalam penciptaan gol, dan menciptakan sejarah demi sejarah baru…

Willian: 37 penampilan (sembilan sebagai pengganti), tujuh gol, enam assist

“Perasaan saya di awal musim ini adalah ingin memberi tahu dia bagaimana perasaan saya kepadanya dan sepenting apa dia bagi tim. Kami ingin membuatnya bugar dan bekerja keras saat tidak menguasai bola karena saya tahu dia bisa dan sisanya, dalam hal yang dia lakukan dengan bola, saya membiarkannya melakukan itu karena dia memiliki kemampuan luar biasa untuk meninggalkan lawan-lawannya.”

Frank Lampard tidak perlu melihat Willian dalam latihan untuk mengetahui apa yang bisa dilakukannya; dia pernah bermain bersama orang Brasil itu di tahun terakhirnya di klub – tahun pertama Willian. Kini dia akan berusaha mengeluarkan yang terbaik dari si nomor punggung 10.

“Agak aneh sekarang dia jadi bos saya!”

“Pemain terbaik kami”

Cedera hamstring mengganggu kerja Willian di bawah komando Lampard, namun ia langsung tancap gas di start pertamanya musim ini, tandang ke markas Wolves, bekerja sama apik dengan Mason Mount dan Tammy Abraham. Tuan rumah kami bobol lima kali kala itu.

Setelah itu ia selalu tampil bagi tim dan Lampard mendeskripsikan Willian sebagai “pemain terbaik kami di empat atau lima laga terakhir” setelah menang besar di Southampton. Di antara rentetan laga itu tercipta gol pertama Willian musim ini, di kandang Brighton, assist pertamanya, di St. Mary’s, dan penampilan ke-300 untuk Chelsea. Dia menggenapinya dengan penuh gaya lewat sebuah tendangan voli yang membuahkan kemenangan kedua kami di fase grup Liga Champions, di markas Lille.

“Luar biasa bisa mencapai jumlah itu untuk klub ini,” katanya. “Adalah mimpi saya untuk datang dan bermain bagi Chelsea.”

Kapten Willian

Penampilan apik terus berlanjut, dengan sebuah gol dan assist di kandang Burnley pada akhir Oktober. Disusul dengan menjadi kapten kala menjamu Crystal Palace yang disertai dengan suplai bola ke gol pembuka yang dikemas Abraham.

Setelah itu penampilan kami menurun memasuki musim dingin, sehingga dampak yang diberikan Willian pun berkurang, meski dia dan tim kembali dengan gebrakan di laga derbi pertama kami di stadion baru Tottenham. Di sana, Willian yang beroperasi di belakang Abraham memberi dampak mematikan. Sebuah penyelesaian melengkung nan indah membawa kami unggul, yang kemudian ia gandakan dari titik putih sebelum turun minum. Sebuah sentuhan dan umpan agung mengundang decak kagum dari para pengagumnya sekaligus mematenkan statusnya sebagai pemain terbaik di laga itu.

Willian kemudian mempertontonkan kebolehannya menjauh dari lawan-lawannya – yang kerap disinggung oleh Lampard – yang disempurnakan dengan assist manis ke Abraham yang dikonversi menjadi gol kemenangan di menit-menit akhir di markas Arsenal. Selama periode yang padat itu, penyerang 31 tahun itu hanya absen enam menit di liga. Bukti dari kebugaran dan daya tahannya. Sejak dua laga pertama musim ini, dia belum bisa bermain lantaran dibebat cedera.

Pada Januari, Willian biasa dimainkan di sisi kiri dari trisula penyerang di depan, setelah sering turun di sektor kanan. Tapi, ia kemudian harus puas duduk di bangku cadangan di empat dari lima laga di bulan Februari. Namun, setelah namanya masuk dalam tim utama lagi, melawan Liverpool di FA Cup, ia menjawabnya dengan mencetak gol pembuka.

Di laga terakhir sebelum lockdown, melawan Everton, Willian menciptakan gol ketiga kami dan mengkreasikan gol keempat. Ini membuatnya jadi pemain Chelsea dengan assist terbanyak (enam) musim ini. Ia jugalah yang membuat peluang terbanyak (73) musim ini dan koleksi tujuh golnya hanya kalah dari Abraham. Sebuah catatan impresif yang pastinya ingin ia perbaiki lagi ketika kompetisi berlanjut.


 

Statistik Willian di Premier League 2019/20

Statistik Willian

Penampilan Willian di Premier League musim 2019/20

Willian tampil 28 kali di Premier League musim 2019/20. Tujuh di antaranya sebagai pengganti.

Penampilan Willian di Liga Champions musim 2019/20

Willian selalu tampil di tujuh partai Liga Champions musim ini, selalu jadi starter di enam laga fase grup.

Penampilan Willian di FA Cup musim 2019/20

Willian tampil dua kali di FA Cup musim ini, jadi starter melawan Liverpool di laga terakhir.

Penampilan Willian di League Cup musim 2019/20

Willian belum bermain di Carabao Cup musim ini.

Gol Willian di Premier League musim 2019/20

Willian telah mengemas lima gol di Premier League musim ini.

Gol Willian di Liga Champions musim 2019/20

Willian sudah membikin satu gol di Liga Champions musim ini, di markas Lille.

Gol Willian di FA Cup musim 2019/20

Willian membuka keunggulan atas Liverpool di putaran kelima yang digelar di Stamford Bridge.

Gol Willian di League Cup musim 2019/20

Willian belum mencatatkan gol di League Cup musim ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA