Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Marcos Alonso

Dengan bantuan kutipan dan statistik, kami mencoba mengupas bagaimana perjalanan Marcos Alonso musim ini sampai sebelum lockdown…

Hampir tiga bulan berlalu sejak laga terakhir kami dimainkan, dan dengan semakin mendekatnya waktu untuk memulai lagi kompetisi, mari kita ingat lagi bagaimana perjalanan pemain-pemain kami di musim 2019/20 ini. Di edisi ini ada Marcos Alonso yang telah banyak memberikan kontribusi positif selama berada di lapangan.

Marcos Alonso: 20 penampilan (sekali sebagai pengganti), empat gol, dua assist

“Saya tak dapat meminta lebih lagi dari pemain-pemain yang tidak bermain reguler selain meminta mereka untuk tetap profesional, berlatih dengan baik, rendah hati, dan melakukan hal yang benar ketika diturunkan dan tampil seperti itu. Marcos adalah contoh yang sangat bagus bagi pemain-pemain muda. Saya sangat puas dengannya.”

Menyusul sepakan super saat melawan Tottenham, brace Marcos Alonso di markas Bournemouth di laga tandang terakhir kami sebelum lockdown membuahkan satu poin bagi Chelsea. Si pemain Spanyol itu pun mendapat pujian dan ucapan terima kasih dari Frank Lampard.

Meski Alonso adalah yang paling sering mengisi pos bek kiri atau bek sayap kiri musim ini, 20 penampilannya sejauh ini sebagian besar datang dalam dua periode, yang menggambarkan ketidakkonsistenannya dalam mengisi tim utama.

Kontribusi gol Alonso

Saat dimainkan, dia bermain dengan baik. Start pertamanya di liga dilakoni di posisi bek sayap kiri dalam kemenangan meyakinkan di markas Wolves. Ia menyuplai gol kedua Tammy Abraham serta membantu meredam Adama Traore.

Dia kemudian selalu jadi starter di lima laga berikutnya di liga, sebagai bek kiri, menciptakan gol indah di kandang Southampton, mengemas gol kemenangan dengan tendangan kaki kiri khasnya untuk membongkar pertahanan ulet Newcastle. Ia juga tampil luar biasa saat kami meraih clean sheet di markas Ajax. Namun, setelah itu ia mengalami kesulitan di pertemuan berikutnya dan harus ditarik keluar saat turun minum.

Emerson atau Cesar Azpilicueta lebih dipilih untuk menjalankan perannya, hingga tepat sebelum Natal, ketika Lampard kembali menggunakan formasi bek sayap yang berhasil meraih kemenangan atas Tottenham. Pergerakan Alonso terbukti efektif, dan dalam satu pergerakan dari wilayah pertahanan sendiri, ia berhasil memperoleh hadiah penalti yang membuat kami unggul 2-0.

Nominasi Alonso di Premier League

Cedera otot yang dialaminya dalam latihan membuatnya absen di dua laga berikutnya, dan kembali dipinggirkan. Ia kembali beraksi dalam pertemuan berikutnya dengan Tottenham di liga, dua bulan sejak hari kemenangan di London utara itu. Ia kembali memberi dampak positif, melepas tembakan dari luar kotak penalti untuk membawa kami unggul 2-0 di awal babak kedua. Gol itu dinominasikan sebagai gol terbaik di Premier League bulan Februari, yang sekaligus merupakan penentu kemenangan dalam laga derbi.

Alonso kemudian mendapat kartu merah pertama dalam kariernya sebagai pemain Chelsea, dalam sebuah insiden tanpa bola melawan Bayern Munich di Liga Champions yang berakhir dengan kekalahan. Ia menjawab kekecewaan itu dengan baik. Tiga hari kemudian, ia kembali membukukan brace di Bournemouth. Dia layak masuk dalam daftar Player of the Month Premier League.

Dari 11 penampilan Alonso di liga sejauh ini, kami menang sembilan kali, imbang sekali di Bournemouth, dan kalah sekali dari Liverpool. Hanya Tammy Abraham, Willian, Mason Mount, dan Christian Pulisic yang punya koleksi gol lebih banyak darinya di Premier League. Seperti yang sudah acap dilihat semasa membela Chelsea, Alonso tetap menjadi pengancam gawang lawan yang patut diperhitungkan, dan kerja kerasnya pun mendapat pengakuan dari Lampard.

Statistik Marcos Alonso di Premier League 2019/20


 

Statistik Marcos Alonso

Penampilan Marcos Alonso di Premier League 2019/20

Marcos Alonso tampil sebanyak 11 kali sejauh ini di Premier League musim 2019/20.

Penampilan Marcos Alonso di Liga Champions 2019/20

Marcos Alonso tampil sebanyak lima kali di Liga Champions musim 2019/20.

Penampilan Marcos Alonso di FA Cup 2019/20

Marcos Alonso tampil dua kali sejauh ini di FA Cup musim 2019/20, melawan Hull dan Liverpool yang semuanya berakhir dengan kemenangan.

Penampilan Marcos Alonso di Carabao Cup 2019/20

Marcos Alonso selalu jadi starter di kedua laga kami di Carabao Cup musim 2019/20.

Gol Marcos Alonso di musim 2019/20

Marcos Alonso sudah mengoleksi empat gol sejauh ini, semuanya di Premier League. Ia mencetak gol kemenangan melawan Newcastle dan Tottenham di kandang, serta dua kali dalam laga imbang di kandang Bournemouth.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA