Indonesia

Cesar Azpilicueta - Si Pria Spanyol yang Mampu Bermain di Keempat Posisi di Lini Belakang

Fokus kami dalam artikel yang membahas informasi dan statistik menarik para pemain Chelsea hari ini adalah sang kapten, Cesar Azpilicueta.

Cesar Azpilicueta relatif tak dikenal oleh sebagian besar penggemar Chelsea ketika bergabung dengan kami pada 2012, namun delapan tahun kemudian ia menjelma menjadi figur ikonik di Stamford Bridge dan orang yang mengenakan ban kapten tim saat ini.

Mari kita lihat secara mendalam perjalanan sepak bola Azpi sejauh ini...

 

Kemunculan Azpi ke dunia sepak bola profesional

Azpi lahir pada 28 Agustus 1989 di Pamplona, Navarre. Dia adalah produk pembinaan pemain muda tim di kotanya, Osasuna.

Azpi bermain untuk akademi Osasuna antara 2001 dan 2006 lalu melakukan debutnya di La Liga pada 8 April 2007 saat kalah 0-2 di markas Real Madrid. Usianya 18 tahun kala itu.

Di musim 2007/08, Azpi mengukuhkan dirinya sebagai pemain tim utama dan telah bermain di lebih dari 100 pertandingan sebelum kemudian pindah ke Marseille di Ligue 1.

 

Azpi di Prancis

Juni 2010, Azpi menandatangani kontrak empat tahun dengan Marseille namun pada November, ia mengalami cedera anterior cruciate ligament di lutut kirinya dan harus menepi selama enam bulan. Cedera membuatnya hanya tampil sebanyak 15 kali di Ligue 1.

Tapi setelah Azpi pulih, ia langsung menjadi anggota kunci skuad dengan memainkan peran sebagai bek kanan dan terus berkontribusi membantu klub terkenal dari Prancis selatan itu menjuarai Piala Liga Prancis dan Trophée des Champions (kompetisi antara juara liga dan juara piala liga).

 

Azpi di the Bridge

Setelah melihat prestasinya di Prancis, Chelsea memutuskan untuk memboyong Azpi ke Stamford Bridge pada Agustus 2012. Sejak itu, ia menunjukkan komitmen besarnya yang sulit ditandingi oleh sebagian pemain. Ia juga membuktikan keserbabisaannya dengan mengisi posisi bek kiri dan bek tengah, tapi posisi idealnya adalah bek kanan.

Azpi ditunjuk sebagai kapten Chelsea oleh Frank Lampard musim ini. Ia adalah panutan yang sempurna bagi semua talenta muda sebagai cerminan cara untuk sukses di level teratas.

 

Penghargaan yang diterima Azpi di Chelsea dan pencapaian pribadinya

Sudah hampir delapan tahun sejak Azpi pertama kali datang ke London Barat. Ia kini sudah meraih enam penghargaan mayor dengan rincian dua titel Premier League (2014/15, 2016/17), FA Cup (2017/18), League Cup (2014/15), dan dua trofi Liga Europa (2012/13, 2018/19)

Azpi terpilih sebagai Player's Player of the Year versi klub di akhir musim 2013/14 dan masuk dalam Europa League Squad of the Season musim 2018/19.

 

Azpi dengan tim nasional Spanyol

Azpi pertama kali membela tim nasional Spanyol di kelompok usia U-16 pada 2005, setelah itu di berbagai kelompok usia mulai dari U-17, U-19, U-20, U-21, dan U-23. Dia jadi bagian dari skuad Spanyol yang menjuarai Piala Eropa U-19 pada 2007 dan mengangkat trofi Piala Eropa U-21 pada 2011.

Pada 1 Februari 2013, Azpi masuk dalam skuat senior untuk laga persahabatan melawan Uruguay. Dia melakukan debutnya lima hari kemudian. Azpi juga jadi bagian dari skuad Spanyol yang menutup Piala Konfederasi tahun itu sebagai runner-up.

 

Apa saja yang perlu penggemar ketahui tentang Azpi?

Berapa tinggi badan Azpi? 178 cm.
Apa kaki dominan Azpi? Kaki kanan.
Tanggal berapa Azpi bergabung dengan Chelsea? Azpi bergabung dengan Chelsea pada 24 Agustus 2012.
Di laga apa Azpi melakukan debutnya untuk Chelsea? 25 September 2012, melawan Wolves. (League Cup, putaran ketiga).
Apa akun Instagram/Twitter Azpi? @CesarAzpi

Selengkapnya tentang Azpi - Klik di sini

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA