Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Cesar Azpilicueta

Dengan makin dekatnya restart kompetisi sepak bola, kini giliran sang kapten yang jadi subyek dalam rincian kami tentang perjalanan para pemain di musim 2019/20.

Musim lalu, sepeninggalan Gary Cahill, Cesar Azpilicueta resmi jadi kapten klub kami. Di musim kedelapannya di Stamford Bridge, ia masih tampil sangat konsisten…

Cesar Azpilicueta: 37 penampilan, empat gol, tiga assist

“Saya pernah bermain dengan Azpilicueta dan saya mengenalnya dengan sangat baik. Dia adalah pemain pertama yang bangkit (mengambil tanggung jawab), yang menjadi alasan untuk menjadikannya kapten sehubungan dengan profesionalisme dan sikapnya. Dia pemain yang luar biasa bagi klub.”

Jarang-jarang Cesar Azpilicueta dikritik selama membela Chelsea, dan Frank Lampard hanya melakukannya sekali di musim ini, menyusul hasil imbang dengan Sheffield United Agustus lalu. Ia berkata: komitmen Azpilicueta untuk jadi lebih baik mengartikan bahwa penurunan yang dialaminya tidak akan berlangsung lama. Itu tidak terjadi.

Seperti halnya manajer Chelsea sebelumnya, yang juga memiliki si pemain Spanyol, Lampard selalu memainkan Azpi sejak pertama kali bertemu dengan rekan setimnya itu lagi. Dia sudah tampil 90 menit penuh di 26 dari 29 laga di liga sejauh ini, dan tidak diturunkan dari bangku cadangan di dua laga lainnya. Ia harus ditarik keluar di menit-menit akhir dalam kemenangan kami di Tottenham akibat terkena cedera hamstring. Dia juga selalu jadi starter di empat laga di Eropa, serta dua laga terakhir di FA Cup.

Kapten yang fantastis

Ini merupakan musim pertama Azpilicueta sebagai kapten klub, meski memegang ban kapten bukanlah sesuatu yang baru baginya, setelah melakukannya sebanyak lebih dari 70 kali di musim 2017/18 dan 2018/19 sebagai wakil kapten.

Sebagai seorang yang mengenal Chelsea luar-dalam, dan yang menurut pengakuannya sendiri “selalu ingin memenangi setiap perebutan bola atau apa pun dalam latihan”, Azpilicueta memimpin dengan memberi contoh. Hal itu sangat penting terutama sekarang dengan banyaknya pemain muda yang menembus tim utama Chelsea.

Apa posisi yang dimainkan Azpilicueta musim ini?

Pria 30 tahun ini mempertontonkan keserbabisaannya di lapangan dengan kemampuan mengisi keempat pos di lini belakang di tengah keputusan Lampard untuk memvariasikan formasi dan pemain. Memulai awal musim sebagai bek kanan, adanya perubahan formasi membuatnya pindah ke bek sayap kanan dalam kemenangan di markas Wolves, yang diikuti dengan laga kontra Sheffield United yang berakhir imbang, sekaligus yang menjadi awal dari kebangkitan kami musim ini.

Setelah membantu kemenangan kami di Molineux, Azpilicueta kembali menjalankan peran sebagai bek kanan ketika formasi kembali menggunakan empat bek. Sejak Reece James muncul, ia terkadang dialihkan ke bek kiri. Dia baru-baru ini tampil di sisi kanan dari tiga bek, posisi yang dimainkannya dengan sangat baik di musim 2016/17 yang berakhir dengan gelar juara.

Bukannya melihat James sebagai ancaman, Azpilicueta malah membantu si pemuda 20 tahun tampil menawan di musim perdananya sebagai pemain senior Chelsea. Dia turut membantu debut James di kandang Lille – penampilan keduanya untuk tim.

“Reece pemain yang saya pantau perkembangannya dan dia tampil luar biasa (dalam peminjaman) di Wigan,” kata Azpilicueta semalam sebelum kemenangan itu. “Dia telah menunjukkan kualitasnya, dia pemuda yang sangat kuat dengan sikap yang baik. Saya akan berusaha membantunya dengan apa pun yang dia butuhkan.”

Azpilicueta si pencetak gol

Secara kebetulan, gol perdana Azpilicueta musim ini datang dalam laga imbang 4-4 melawan Ajax. Di laga itu James mencetak gol penyeimbang. Penyelesaian Azpilicueta membuat kami menjauh 4-2, tak lama setelah gol James, yang membuat Azpilicueta merasa sudah mencetak gol kemenangan sampai kemudian VAR melihat adanya pelanggaran dalam proses terciptanya gol dan membatalkan gol kesembilan di laga itu.

Azpi kembali mencetak gol di Liga Champions, saat menjamu Lille, lewat sebuah sundulan ke tiang dekat. Dua penyelesaian jarak dekat menyusul kemudian pada bulan Januari, dalam laga imbang kontra Brighton dan Arsenal. Gol telat selalu membuyarkan kemenangan kami.

Empat gol sudah dikoleksi Azpi. Dia juga punya koleksi tiga assist, yang terpenting saat menyuplai gol pertama Tammy Abraham untuk Chelsea, di markas Norwich, dan gol perdana Callum Hudson-Odoi di Premier League, kala menjamu Burnley.

Sang kapten terus membuktikan arti penting dari keberadaannya di lini belakang musim ini, dan akan terus mempertahankannya ketika sepak bola bergulir kembali dalam situasi berbeda.

Statistik Cesar Azpilicueta di Premier League musim 2019/20

Statistik Cesar Azpilicueta

Penampilan Cesar Azpilicueta di Premier League musim 2019/20

Cesar Azpilicueta tampil 27 kali bagi Chelsea di Premier League musim ini, semuanya sebagai starter.

Penampilan Cesar Azpilicueta di Liga Champions musim 2019/20

Cesar Azpilicueta bermain tujuh kali di Liga Champions musim ini, semuanya dari menit pertama.

Penampilan Cesar Azpilicueta di FA Cup musim 2019/20

Cesar Azpilicueta selalu jadi starter di dua laga terakhir di FA Cup musim ini

Penampilan Cesar Azpilicueta di Carabao Cup musim 2019/20

Cesar Azpilicueta belum berlaga di ajang Carabao Cup musim ini.

Gol Cesar Azpilicueta di musim 2019/20

Sudah mengemas empat gol bagi Chelsea musim ini, yang terbaik sejak bergabung dengan klub pada 2012. Dia mencetak satu gol masing-masing ke gawang Brighton dan Arsenal di Premier League pada Januari, dan saat menjamu Ajax dan Lille di Liga Champions sebelum itu.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA