Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Fikayo Tomori

Kami terus mengulas bagaimana musim ini berjalan  untuk setiap pemain kami sebelum masa isolasi dengan fokus kini beralih pada Fikayo Tomori.

Bek ini menikmati musim pertamanya di skuat senior Chelsea etelah berada di klub sejak level U-8 ...
 

Fikayo Tomori: 22 penampilan (satu kali sebagai pemain pengganti), dua gol, satu asis, enam nirbobol

"Perjalanannya panjang dan ini semua dilakukan karena sejak dia datang ke Derby dia menunjukkan etos kerja dan keinginan untuk mendengarkan dan meningkatkan dirinya. Ada keraguan besar terhadap dirinya di musim panas apakah dia mampu tamil bagus di Premier League. Dia tentu saja belum membuktikan hal itu selama periode waktu tertentu tetapi dari sudut pandang saya, saya memiliki kepercayaan penuh padanya dan saya pikir dia melakukannya dengan sangat baik."

Fikayo Tomori sudah dua kali dipinjamkan ke klub divisi Championship ketika dia menuju ke Derby County pada musim panas 2018 untuk bergabung dengansosok yang sangat dia kagumi ketika tumbuh dewasa di Akademi Chelsea: Frank Lampard.

"Ketika Derby pertama kali menelepon saya dan mengatakan bahwa mereka ingin memboyong saya dengan status pinjaman, hal pertama yang saya pikirkan adalah manajernya," Tomori mengatakan kepada situs web ini dalam sebuah wawancara menjelang akhir waktunya di Pride Park, tak lama setelah ia terpilih sebagai Rams Player of the Year.

Itu adalah pengakuan yang layak untuk musim yang hebat di East Midlands, di mana Tomori melesat dengan cepat. Lampard yang kemudian menjadi manajer Chelsea jelas meningkatkan peluangnya untuk menembus tim utama, tetapi ia berhak untuk membuktikan dirinya di level tertinggi.

Debut penuh yang layak

Untuk empat pertandingan pembuka musim ini, Andreas Christensen dan Kurt Zouma adalah bek tengah pilihan Lampard, tetapi sang bos menjelaskan setelah debut penuh Tomori di Chelsea, pada pertandingan kelima melawan Sheffield United, bahwa, "ia berlatih dengan sangat baik dalam beberapa periode sehingga dia pantas bermain."

Tomori terkesan, dan kemudian mempertahankan level permainannya itu, ia menjadi starter dalam 10 pertandingan liga berikutnya, serta empat pertandingan Grup H Liga Champions pertama yang kami ikuti. Itu adalah bukti betapa cepatnya ia beradaptasi dalam kompetisi papan atas, menunjukkan kekuatannya - kecepatan, pengambilan waktu, umpan, secara rutin. Momen paling menonjol dalam periode itu adalah gol jarak jauhnya yang memulai kemenangan besar kami di Wolves; itu tidak diragukan lagi akan menjadi kandidat Goal of the Season.

Pemain berusia 22 tahun ini juga mendapat kepuasan karena berhasil memberi asis untuk gol pertama Liga Champions Tammy Abraham, dalam laga tandang ke Lille, dan ia mendapatkan banyak pujian atas penampilannya di pertandingan Eropa berikutnya, saat kami berjuang keras untuk tidak kebobolan menghadapi pasukan Ajax yang tangguh.

Debut timnas Inggris Tomori dan kontrak baru

Pada bulan November, Tomori melakukan debutnya untuk timnas Inggris dalam kemenangan kualifikasi Piala Eropa atas tuan rumah Kosovo, sebulan setelah panggilan pertamanya. Itu menandai kemajuan yang signifikan bagi pria yang lahir di Calgary, Kanada, tetapi mewakili Inggris di level junior dengan kesuksesan besar. Hal lainnya menyusul pada Desember ketika dia menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun.

          Baca: Wawancara kontrak baru Tomori - Tentang wajah-wajah yang familiar, rekan di tim junior, dan target masa depan

Performa bagus lainnya dari Tomori musim ini adalah dalam laga kandang kami kontra Liverpool, ketika banyak yang baru melihatnya untuk kali pertama dalam seragam Chelsea, dan saat kami bertandang ke markas Spurs sebelum Natal. Kerap kehilangan fokus, seperti ketika Kepa berhasil menutupi kesalahannya sata menghadapi Lille, telah menjadi area permainan Tomori yang menurut Lampard masih harus dibenahi.

Tahun 2020 telah membawa periode panjang baik di bangku cadangan atau tidak masuk skuat matchday untuk Tomori, dengan tiga bek tengah lainnya lebih diutamakan yang dikarenakan sifat kompetitif di sepak bola. "Ini lebih merupakan masalah pilihan bagi saya dan hanya itulah masalahnya," jelas Lampard ketika ditanyai mengapa Tomori tidak memainkan pertandingan liga hingga akhir Februari.

Namun dia bermain dalam kemenangan kompetisi piala atas Nottingham Forest dan Hull sebelum itu, mencetak gol sundulan di pertandingan yang disebutkan terakhir di salah satu klub peminjamnya sebelumnya. Dia sekarang akan berusaha untuk kembali masuk ke skuat ketika kompetisi dilanjutkan, dan membangun musim penuh pertama yang sangat menjanjikan.


Statistik Fikayo Tomori di Premier League 2019/20

Statistik Fikayo Tomori

Penampilan Fikayo Tomori di Premier League 2019/20

Fikayo Tomori telah bermain 15 kali di Premier League untuk Chelsea musim ini, semuanya sebagai starter.
 

Penampilan Fikayo Tomori di Champions League 2019/20

Fikayo Tomori telah memainkan empat pertandingan Liga Champions musim ini, yang merupakan musim pertamanya di kompetisi ini. Dia juga bermain di Piala Super.

Penampilan Fikayo Tomori di Piala FA 2019/20

Fikayo Tomori telah bermain dalam dua dari tiga pertandingan Piala FA kami musim ini, mencetak gol menghadapi Hull.
 

Penampilan Fikayo Tomori di Piala Liga 2019/20

Fikayo Tomori sama sekali tidak tampil di Piala Liga musim ini.
 

Gol Fikayo Tomori 2019/20

Fikayo Tomori telah mencetak dua gol untuk Chelsea musim ini, tendangan luar biasa dari jarak jauh di markas Wolves, dan kemudian gol sundulan dalam kemenangan Piala FA kami di markas Hull.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA