Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Willy Caballero

Willy Caballero jadi pemain teranyar yang jadi subyek seri yang menganalisis penampilan pemain-pemain Chelsea musim ini…

Menjelang dimulainya kembali musim kompetisi dengan melawat ke markas Aston Villa, mari kita lihat lagi bagaimana perjalanan musim 2019/20 sampai sebelum sepak bola ditangguhkan Maret lalu dalam fitur Musim Mereka Sejauh Ini yang edisi ini berfokus pada sang kiper asal Amerika Selatan…

Willy Caballero: sembilan penampilan, satu clean sheet

“Saya senang sekali dengan keberadaannya di klub. Saya melihat dirinya sangat profesional dan sangat berbakat dalam latihan sehari-hari, terlepas mendapat kesempatan bermain atau tidak.”

Januari lalu, Frank Lampard bicara soal opsi penjaga gawang dengan merefleksikan kualitas kiper nomor dua klub ini. Pada titik itu, orang Argentina ini baru tampil di kompetisi piala domestik untuk the Blues namun bos kami punya pujian khusus untuk pria 38 tahun itu sebelum ia bermain lima kali beruntun.

Impresif sebagai pemain pengganti

Caballero memulai musim ini sebagai kiper pelapis, sama dengan peran yang dilakoninya selama dua musim terakhir di Stamford Bridge, untuk Thibaut Courtois di musim 2017/18 dan Kepa Arrizabalaga musim lalu. Kala itu dari 21 penampilan, ia hanya lima kali diturunkan di Premier League.

Laga pertamanya di bawah arahan Frank Lampard datang September lalu kala menggebuk Grimsby Town di Carabao Cup. Ia terus mendapatkan tempatnya meski kemudian gagal menghindarkan gawangnya dua kali dari serangan Marcus Rashford, satu lewat tendangan penalti dan satu lagi lewat sebuah tendangan bebas roket dari jarak jauh, kala takluk dari Manchester United di London barat.

Di FA Cup putaran ketiga yang dimainkan pada Tahun Baru, Caballero meraih clean sheet ketika tim menyingkirkan Nottingham Forest dan kemudian membantu tim melalui hadangan Hull City di putaran keempat. Ketika hasil-hasil pertandingan kami di liga mengecewakan, Lampard melirik pengalaman dan keandalan eks pemain Manchester City ini.

Bersaing dengan Kepa

Untuk kali pertama dalam kariernya di Chelsea, Caballero dimainkan sejak menit pertama dua kali berturut-turut di Premier League pada Februari, mengapit jeda musim dingin. Terlepas kekalahan dari Man United di kandang, ia kembali mempertahankan tempatnya ketika mengalahkan Tottenham, juga lawatan berikutnya ke markas Bayern Munich dan Bournemouth.

Bertukar peran, Kepa diturunkan di ajang FA Cup ketika Liverpool menyambangi the Bridge Maret lalu. Penyelamatan tiga kali beruntun, momen yang disorot di laga itu, yang dilakukannya di babak pertama sukses mempertahankan keunggulan kami yang diperoleh berkat gol Willian.

Setelah kerap berbicara soal performa dalam latihan dan pertandingan yang menjadi faktor untuk menentukan pemilihan pemain, Lampard kembali memberi kepercayaannya kepada si pemuda Spanyol seusai raihan clean sheet, yang lalu disusul dengan kemenangan atas Everton lima hari kemudian – laga kompetitif terakhir kami sebelum kompetisi dijeda.

Penjaga gawang jadi salah satu di antara banyak masalah yang harus bos pikirkan selama beberapa bulan terakhir. Penampilan apik Kepa dan Caballero akan membuatnya berpikir keras dalam menentukan starting 11 untuk laga di Aston Villa akhir pekan ini.

Setahun lagi

Bulan lalu diumumkan bahwa kiper veteran ini akan bertahan semusim lagi di SW6, membawanya ke tahun keempat berkaus Blue.

Saat menandatangani perpanjangan kontrak itu, ia berkata: “Sebuah keistimewaan bisa menjadi bagian dari skuad Chelsea ini dan keluarga Chelsea, salah satu klub paling bersejarah di Premier League.”

Lampard juga tak kalah gembira dengan berita itu dan memuji kualitas dan pengalaman eks mantan rekan satu timnya itu. “Saya senang sekali dia akan bersama kami lagi musim depan,” kata sang kepala pelatih.

Statistik Willy Caballero di Premier League musim 2019/20

Statistik Willy Caballero

Penampilan Willy Caballero di Premier League musim 2019/20

Caballero tampil empat kali di Premier League untuk Chelsea musim ini, terakhir dalam laga imbang kontra Bournemouth Februari lalu.

Penampilan Willy Caballero di Liga Champions musim 2019/20

Caballero bermain sekali di Liga Champions, melawan Bayern Munich

Penampilan Willy Caballero di FA Cup musim 2019/20

Caballero diturunkan dua kali di ajang FA Cup musim ini, saat melawan Nottingham Forest dan Hull City.

Penampilan Willy Caballero di League Cup musim 2019/20

Caballero tampil di kedua partai Carabao Cup.

Clean sheet Willy Caballero di musim 2019/20

Clean sheet pertama Caballero musim ini tercipta dalam kemenangan 2-0 atas Nottingham Forest pada Januari.

 

Klik di sini untuk menyimak edisi-edisi lain dari seri Musim Mereka Sejauh Ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA