Indonesia

Master Tendangan Bebas asal Brasil

Untuk merayakan ulang tahun ke-38 eks bek Chelsea, Alex, yang jatuh pada hari ini, 17 Juni, kami melihat kembali eksekusi-eksekusi tendangan bebas dari bek tengah kami ini dan beberapa master tendangan bebas asal Brasil lain yang pernah bermain untuk the Blues.

Alex

Dijuluki ‘The Tank’ karena fisiknya yang besar, Alex juga memiliki kaki kanan kuat yang membuahkan dua tendangan bebas memukau selama masa baktinya di Stamford Bridge.

Yang pertama, melawan Liverpool di perempat final Liga Champions pada April 2009, nyaris merobek jala gawang ketika sepakannya dari jarak 30  yard melayang keras tipis di atas kepala Ricardo Carvalho yang menunduk dan kemudian berbelok melewati Pepe Reina yang melompat dan menembus pojok atas gawang.

Sepakan kerasnya saat melawan Arsenal di Premier League pada Oktober setahun kemudian dilakukan lima yard lebih dekat dari gawang namun gol ini tercipta dengan cara yang tak kalah elegannya. Meski sempat mengenai ujung jari Lukasz Fabianski,  bola tetap masuk sekaligus menyegel kemenangan 2-0 atas the Gunners.

 

David Luiz

Di musim tersuburnya, musim 2012/13, David Luiz menyumbang tujuh gol untuk Chelsea di mana tiga di antaranya berasal dari tendangan bebas, yang salah satunya membuahkan kemenangan di menit-menit akhir leg pertama semifinal Liga Europa di markas Basel.

Namun demikian, tendangan bebasnya yang paling mengesankan tercipta diAnfield pada Februari 2017 ketika ia mengecoh kiper Simon Mignolet dan barisan pertahanan Liverpool dengan sebuah tendangan super keras dari jarak 25 yard yang langsung menghujam ke pojok bawah gawang.

 

Oscar

JIka tembakan Alex dan David Luiz dikenal bertenaga, gol kemenangan yang ditorehkan Oscar saat melawan Stoke di putaran keempat FA Cup pada Januari 2014 ini lebih pada penempatannya yang jitu.

Posisi tendangan bebas itu – 25 yard di sisi kanan gawang - sangat cocok untuk pemain berkaki kiri dominan namun playmaker asal Brasil ini malah berhasil menciptakan sebuah eksekusi gemilang menggunakan kaki kanannya yang membuat usaha Asmir Begovic untuk menjatuhkan diri sia-sia. Bola pun akhirnya menembus sudut seberang.

 

Filipe Luis

Meski Filipe Luis hanya menciptakan satu gol di satu-satunya musim bersama Chelsea, pada 2014/15, bek kiri ini telah memberi kesan mendalam kepada para penggemar Blues berkat tendangan bebas mencengangkan yang diciptakannya saat versus Derby di League Cup pada Desember 2014.

Dari jarak 25 yard, pemuda Brasil ini melepas tembakan melengkung dengan kaki kirinya yang tak mampu dihentikan oleh jangkauan kiper Lee Grant dan masuk ke sudut kanan gawang.

 

Willian

Meski kami punya sejumlah master tendangan bebas asal Brasil di Chelsea, tak ada yang bisa menandingi keahlian Willian dalam situasi bola mati.

Winger ini telah mengeksekusi 11 tendangan bebas selama membela the Blues, salah satunya berupa gol menakjubkan ke gawang Tottenham Hotspur di semifinal FA Cup pada 2017 dan Dynamo Kiev di babak 16 besar Liga Europa tahun lalu.

Namun, pilihan kami jatuh pada tendangan bebas istimewa yang disarangkan ke gawang Southampton pada Oktober 2015 ketika ia dengan sempurna melepas tembakan dari dekat touch-line kiri yang melayang melewati tangkapan Maarten Stekelenburg dan menembus sudut jauh gawang.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA