Berita

Serba-serbi yang Perlu Diketahui Tentang Musim Kompetisi yang Bergulir Kembali

Menjelang dimulainya lagi musim ini, kami kumpulkan semua informasi yang pastinya Anda perlukan.

Garis besar tentang kapan dan bagaimana Chelsea akan beraksi kembali, seperti apa new normal Premier League, dan tindakan yang dilakukan untuk memastikan keamanan semua pihak ada di sini…

Kapan laga Chelsea berikutnya?

Premier League bergulir kembali pekan ini setelah sempat berhenti selama tiga bulan lebih akibat pandemi virus corona yang mengglobal. Frank Lampard akan menghadapi tuan rumah Aston Villa pada hari Minggu dengan kick-off pukul 22.15 WIB.

Sudah berapa lama ini sejak Chelsea terakhir kali bermain?

Jika dihitung per lawatan kami ke Midlands akhir pekan ini, maka laga ini berjarak 105 hari sejak pertandingan terakhir kami, versus Everton pada awal Maret. Kemenangan 4-0 atas the Toffees itu, lewat gol-gol dari Mason Mount, Pedro, Willian, dan Olivier Giroud, dapat dibilang merupakan penampilan terbaik kami musim ini dan Lampard tentu berharap timnya dapat melanjutkan performa itu, meski itu terjadi 15 pekan yang lalu!

Bagaimana persiapan kami?

Premier League menerapkan serangkaian protokol berkala untuk memastikan para pemain berlatih kembali dengan aman dan masuk akal untuk semua klub. Pada 19 Mei, Tahap Pertama Protokol Kembali ke Latihan memperbolehkan pemain berlatih dalam kelompok kecil, yang berarti para pemain dapat berlatih dengan empat atau lima orang lain di Cobham.

Pada 27 Mei, Premier League mengumumkan kelanjutannya dengan latihan kontak yang menyatakan bahwa skuad dapat berlatih lagi dalam kelompok besar secara keseluruhan dan diperkenankan melakukan tekel sambil meminimalisir kontak yang tidak perlu.

Pedoman social distancing telah dipatuhi sepanjang proses pelatihan, diiringi dengan banyak tindakan yang dilakukan di pusat latihan demi melindungi kesehatan dan keamanan semua staf dan pemain.

Bagaimana dengan kebugaran untuk bertanding?

Ini telah ditingkatkan secara perlahan dalam beberapa pekan terakhir, dengan pertandingan tertutup di Stamford Bridge yang diikuti dengan laga persahabatan melawan Reading pada tengah pekan, yang diselesaikan lewat gol Pedro di babak kedua.

Akhir pekan lalu, the Blues menggulung QPR 7-1 di the Bridge di antaranya lewat brace masing-masing dari Ruben Loftus-Cheek dan Billy Gilmour.

Bagaimana cara menjaga para pemain dari virus corona?

Di setiap tahapan prosedur kembali bersepak bola, kesehatan para pemain dan staf tetap menjadi prioritas. Semua pemain dan staf akan terus dites COVID-19 dua kali dalam seminggu,yang sudah mereka lakukan sejak kembali ke pelatihan. Siapa pun yang didapati positif harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama tujuh hari.

Ofisial pertandingan kini juga turut dites, sejalan dengan para pemain dan staf tim.

Bagaimana dengan hari pertandingan?

Semua stadion akan melakukan penzonaan demi memastikan terjaganya jarak sosial serta membatasi penyebaran virus.

Ruang ganti, lorong, dugout, dan lapangan dikategorikan sebagai zona merah, di mana hanya individu-individu yang mendapat catatan negatif COVID-19 selama lima hari sebelum pertandingan yang diperbolehkan masuk dengan menunjukkan Clinical Passport – kode batang, yang harus mereka cetak atau simpan di perangkat seluler mereka, yang akan menampilkan informasi hasil tes terbaru mereka.

Zona kuning meliputi tribun, area pertemuan, dan area wawancara di lapangan, di mana personel media hanya akan diizinkan masuk setelah mengisi kuesioner medis dan pemeriksaan suhu badan ketika tiba di tempat. Tempat-tempat lain yang tidak disebutkan di atas masuk dalam zona hijau, yaitu area stadion di luar area pertemuan. Secara keseluruhan, jumlah orang yang hadir di setiap stadion di tiap hari pertandingan diperkirakan sebanyak 300.

Juga akan disediakan ruang yang memadai di ruang ganti untuk menjaga jarak sosial, sementara tim akan diatur bergantian melalui lorong guna mencegah terjadinya kontak jarak dekat antara pemain dan staf lawan. Bangku tim akan diperluas dan setiap orang yang berada di stadion, kecuali mereka yang berada di lapangan dan di dugout, harus mengenakan penutup wajah.

Bagaimana gambaran persaingan empat besar?

Dengan sisa delapan laga lagi, the Blues yang berada di peringkat empat dan Arsenal di peringkat sembilan terpisah sejauh delapan poin. Sementara, Manchester United, Wolverhampton Wanderers, Sheffield United, dan Tottenham semuanya masih bersaing meraih tiket ke Liga Champions.

Chelsea masih harus menyambangi Bramall Lane dan menjamu Wolves di hari terakhir musim ini.

Bisakah melakukan pergantian lebih banyak?

Ya. Para pemegang saham Premier League telah menyepakati perubahan sementara terhadap peraturan pergantian pemain, di mana tim diperbolehkan melakukan hingga lima pergantian pemain dalam satu pertandingan dan pemain cadangan akan ditambah menjadi sembilan. Akan ada tiga kesempatan untuk melakukan pergantian pemain dalam pertandingan, tidak termasuk jeda turun minum.

Bagaimana dengan FA Cup?

Laga melawan Leicester City di perempat final telah dijadwal ulang menjadi hari Minggu 28 Juni pukul 22.00 WIB. Semifinal FA Cup akan dimainkan pada akhir pekan 18-19 Juli dan finalnya akan siap dimainkan pada Sabtu 1 Agustus, semuanya digelar di Wembley.

Jadi, kapan musim ini berakhir?

Tanggal selesai sementara Premier League musim ini adalah 25 Juli, setelah itu diharapkan Liga Champions dan Liga Europa UEFA juga akan menyelesaikan kompetisinya.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA