Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: Emerson Palmieri

Di hari ketika Premier League bergulir kembali, seri yang mengupas catatan para pemain di musim 2019/20 ini berfokus pada Emerson Palmieri.

Di musim 2019/20, bek kiri ini mendapatkan menit main yang lebih banyak ketimbang yang didapatkannya selama dua musim terakhir di Stamford Bridge. Ia jadi pilihan utama Frank Lampard untuk mengisi sisi kiri pertahanan kami.

Start menjanjikannya di musim ini terganggu dengan cedera ringan, namun kemudian berhasil mendapatkan kembali tempatnya dan terus jadi bek kiri dalam formasi empat bek di kebanyakan laga di 2019.

Di awal tahun, Emerson lebih banyak ditugaskan bertahan namun dia secara perlahan dilibatkan dalam pembangunan serangan Chelsea musim ini.

Emerson Palmieri: 18 penampilan (dua kali sebagai pengganti)

“Dengan Frank, kami mencoba bermain sepak bola yang sangat direct, selalu mencoba menyerang dan berada sedekat mungkin dengan gawang. Kami berusaha terus melibatkan penyerang tengah kami dan ini berarti dengan banyak umpan silang ke area penalti dan mengoper bola ke mereka. Pesannya adalah soal intensitas dan sepak bola menyerang yang direct. Saya sangat menkmati fakta bahwa kami bermain dengan gaya menyerang seperti ini.”

Itulah yang dikatakan Emerson sebelum memetik kemenangan pertama kami musim ini, di Norwich City pada Agustus. Di titik itu, jelas sekali bahwa pemain internasional Italia itu memulai musim dengan mengisi pos bek kiri di line-up Lampard, dan terlihat menikmati benar peran menyerang yang diberikan kepadanya.

Tekanan agresif dan serangan cepat yang dibangun oleh kepala pelatih kami sangat cocok dengan kualitas yang dimiliki Emerson. Kecepatan dan pergerakan tanpa bola yang dilakukannya membuatnya terus terlibat dalam permainan di kedua sisi lapangan. Sementara umpan-umpan silangnya yang diarahkan ke kotak penalti dalam serangan balik kilat kerap menciptakan makanan bagi Tammy Abraham dan Olivier Giroud sebelum bek-bek lawan kembali ke posisinya.

Karakternya yang berbeda dari Marcos Alonso terbukti penting bagi formasi fleksibel yang Lampard terapkan, terutama di paruh pertama musim ini, ketika kecepatan dan kecakapan Emerson acap dimanfaatkan di sisi kiri dari formasi empat bek, sementara Alonso, yang lebih bertenaga, lebih dipilih ketika formasi tiga bek dan bek sayap dimainkan.

Start meyakinkan

Setelah menanti dengan sabar di musim penuh pertamanya bersama the Blues, di awal musim 2019/20, dia dijadikan starter di lima laga beruntun, rentetan terpanjang di tim sejak bergabung dengan kami dari Roma pada Januari 2017.

Kecocokannya dengan sistem yang diterapkan Lampard langsung terlihat dalam duel kontra Leicester City, yang berakhir imbang, di laga kedua Premier League musim ini.

Dia memuncaki statistik Chelsea di kategori operan, dribel sukses, dan tekel sukses, yang menegaskan kemampuannya dalam menyerang dan bertahan. Di laga itu, Emerson juga jadi pemain yang paling sering menguasai bola.

Ia terus mempertahankannya di awal musim dan selalu bermain setiap menit hingga jeda internasional pertama, bulan September. Ini menunjukkan bahwa tanpa rekrutan baru pada musim panas lalu, Lampard masih punya pilihan yang bisa diandalkan di skuadnya.

Cedera yang menyulitkan

Emerson mengalami cedera di waktu yang tidak menguntungkan, ketika membela Italia di jeda internasional, tepat ketika penampilannya sedang ciamik-ciamiknya. Ia harus absen di Premier League di markas Wolverhampton Wanderers dan di laga pertama Liga Champions, melawan Valencia. Setelah itu, ia kembali mengisi starting line-up ketika kami berhadapan dengan Liverpool.

Sangat disayangkan, niatnya untuk mengembalikan penampilan sebelumnya harus gagal akibat cedera yang memaksanya ditarik keluar di menit ke-15 saat melawan the Reds. Kali ini, ia harus menepi hingga sebulan penuh.

“Cedera Emerson mirip dengan cedera sebelumnya, cedera otot,” jelas Lampard. “Ketika ini terjadi maka ini berarti Anda kembali terlalu cepat. Ini tidak mudah bagi Emerson, semua orang ingin bermain di laga ini, fair play.”

Beruntung, ia bisa kembali ke tim tanpa keluhan lain di awal November dan duduk di bangku cadangan dalam laga versus Ajax. Ia kemudian kembali ke starting line-up dan membantu kami menaklukkan Watford di Vicarage Road.

Dengan beberapa pengecualian, Emerson terus mengisi spot bek kiri di sisa tahun 2019, posisi yang diberikan berkat penampilan debutnya di Liga Champions kala bermain imbang dengan Valencia. Ia lantas mendapatkan start pertamanya di turnamen itu ketika kami menaklukkan Lille pada Desember.

Memulai sebagai cadangan

Seperti beberapa rekan setimnya, Emerson mendapati penurunan penampilan di bulan Desember yang dikombinasikan dengan kebijakan rotasi Lampard di periode sibuk itu menimbulkan risiko tersendiri. Meski tampil menawan saat bersua Nottingham Forest di putaran ketiga FA Cup, kemunculan Reece James di posisi bek kanan, yang berdampak pada digesernya posisi Cesar Azpilicueta ke kiri, membuat Emerson kembali dicadangkan di awal 2020.

Dia kembali mengisi starting line-up saat tim bermain imbang 2-2 dengan Arsenal di akhir Januari. Tapi, itu adalah penampilan terakhirnya untuk the Blues karena James dan Alonso, yang terus tampil apik, lebih dipilih daripada pria kelahiran Brasil ini.

Statistik Emerson Palmieri di Premier League 2019/20

Statistik Emerson Palmieri

Penampilan Emerson Palmieri di Premier League musim 2019/20

Emerson tampil 14 kali di Premier League untuk Chelsea musim ini, salah satunya sebagai pengganti saat melawan Newcastle United pada Januari.

Penampilan Emerson Palmieri di Liga Champions musim 2019/20

Emerson tampil dua kali di Liga Champions musim ini, turun sejak menit pertama dalam kemenangan atas Lille di Stamford Bridge dan sebagai pengganti saat bermain imbang di markas Valencia.

Penampilan Emerson Palmieri di FA Cup musim 2019/20

Emerson tampil sekali di FA Cup musim ini, tampil penuh kala mengalahkan Nottingham Forest di babak ketiga.

Penampilan Emerson Palmieri di League Cup musim 2019/20

Emerson tidak tampil di Carabao Cup musim ini.

Gol Emerson Palmieri di musim 2019/20

Emerson belum menyumbang gol untuk Chelsea musim ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA