Pernyataan Klub

Kesepakatan Transfer Timo Werner Tercapai

Chelsea Football Club telah mencapai kesepakatan dengan RB Leipzig untuk mengontrak Timo Werner.

Pemuda 24 tahun ini telah menyetujui persyaratan pribadi dengan the Blues dan akan tetap bermain di Bundesliga di klub Jerman untuk sisa musim ini. Dia baru akan bertemu dengan rekan-rekan setim barunya pada Juli, setelah melewati tes medis.

Sebagai salah satu striker muda yang paling ditakuti di Eropa, Werner terkenal berkat kecepatan, pergerakan, permainan penghubung antar lini, dan kemampuan mencetak golnya. Di Leipzig, ia paling sering dimainkan sebagai salah satu dari dua penyerang di lini depan, tetapi ia juga bisa bermain sebagai pemain sayap dalam formasi tiga penyerang atau sebagai striker sentral.

Dia saat ini menikmati musim paling peroduktif dalam kariernya, setelah mencetak 32 gol dan mencatat 13 asis dalam 43 penampilan di semua kompetisi. Setelah kembali menyarangkan bola ke gawang Fortuna Dusseldorf semalam, dia masih memiliki dua pertandingan lagi di musim ini untuk menambah angka-angka itu.

Werner berkata: “Saya senang sekali bisa bergabung dengan Chelsea. Ini momen yang sangat membanggakan bagi saya untuk bergabung dengan klub hebat ini. Tentunya saya ingin berterima kasih kepada RB Leipzig, klub dan penggemar, atas empat tahun yang fantastis. Kalian akan selalu ada di hati saya. Saya menantikan musim depan bersama rekan-rekan setim baru, manajer baru, dan tentunya penggemar Chelsea. Bersama-sama, kami memiliki masa depan yang sangat sukses.”

Marina Granovskaia menambahkan: “Kami senang sekali Timo Werner memilih bergabung dengan Chelsea. Dia pemain yang diidamkan di seluruh Eropa dan ini tidak mengherankan. Dia memiliki perpaduan langka karena muda, menarik, matang, dan terbukti. Kami tak sabar lagi untuk menyambut Timo, tapi sampai saat itu terjadi kami mengharapkan yang terbaik baginya dan RB Leipzig di sisa musim ini.”

Berapa usia Timo Werner dan seperti apa gaya permainannya?

Werner, yang genap berusia 24 tahun pada Maret lalu, telah menjadi langganan pemain tim nasional Jerman sejak 2017, ketika tiga gol dan dua asisnya membuatnya mendapatkan Sepatu Emas di Piala Konfederasi tahun itu, yang dimenangi oleh pasukan Joachim Low. Dia telah menjadi pemain reguler Bundesliga selama hampir tujuh tahun sekarang, dan pada bulan November menjadi pemain termuda yang bermain 200 kali dalam kompetisi itu, setelah memecahkan rekor serupa untuk 50, 100, dan 150 penampilan.

Permainan Werner memiliki ciri khas kecepatan dan momen cerdas di sepertiga akhir. Dia sering bergerak di garis depan menciptakan ruang untuk dirinya sendiri dan rekan-rekannya, dan statistik asisnya yang mengesankan - dengan 13 asis musim ini, 10 asis tiap musim di dua musim sebelumnya - membuktikan ada banyak hal lain dalam permainannya daripada sekadar mencetak gol.

Namun, gollah yang menjadi tolok ukur seorang striker, dan produktivitasnya sejak pindah ke Leipzig pada 2016 sangat mengesankan: ia mencetak 21 gol dalam dua musim pertamanya, 19 gol musim lalu, dan musim ini telah mencapai level yang baru, dengan 32 gol. Bukan hanya kecepatan tetapi pergerakannya di belakang lawan seolah menjadi mimpi buruk pertahanan lawan, dan dia adalah finisher andal dengan kedua kaki yang sama bagusnya.

Sementara itu, Werner telah berkontribusi menjadikan Leipzig salah satu tim paling menarik untuk ditonton di Eropa, serta penantang Bundesliga dan Liga Champions. Sebelum periode isolasi, mereka mencapai delapan besar kompetisi yang disebutkan terakhir dengan kemenangan agregat 4-0 atas Tottenham. Werner mencetak satu-satunya gol di leg pertama di London Utara dari titik penalti.

Pada kompetisi domestik mereka hanya kalah dalam tiga pertandingan liga, catatan kekalahan paling sedikit di Bundesliga, dan menjadi penantang serius bagi Bayern Munchen, yang sudah dipastikan menjadi kampiun, sepanjang musim.

Bagaimana catatan internasional Timo Werner?

Selain bersinar untuk klubnya dalam beberapa tahun terakhir, Werner telah muncul sebagai pilihan utama untuk timnas Jerman sejak melakukan debut internasional melawan Inggris pada Maret 2017. Dia memimpin lini depan timnya di Rusia di Piala Konfederasi dan Piala Dunia, dengan hasil yang variatif, dan sejak itu sering tampil di sisi kiri dalam format tiga penyerang di tengah upaya Low untuk menemukan formula terbaik dari segudang penyerang muda berbakat dalam skuadnya. Secara keseluruhan Werner telah bermain 29 kali untuk Jerman dan mencetak 11 gol.

Werner lahir di Stuttgart di barat daya Jerman pada Maret 1996, dan berkembang dalam sistem akademi tim kota kelahirannya. Selalu produktif di tingkat junior untuk klub dan negaranya, kemajuannya sangat pesat sehingga ia menjadi debutan termuda Stuttgart pada empat bulan dan 23 hari setelah ulang tahunnya yang ke-17, dalam kualifikasi Liga Europa di Botev Plovdiv pada awal musim 2013/14. Di antara rekan satu timnya malam itu adalah Toni Rudiger; keduanya kemudian bermain bersama selama dua musim sebelum sang bek pindah ke Roma.

Debut Bundesliga Werner menyusul dua minggu kemudian, dan tak lama kemudian ia mencetak gol senior pertamanya dalam hasil imbang dengan Eintracht Frankfurt. Dalam sejarah Bundesliga, hanya dua pemain yang mencetak gol di usia yang lebih muda darinya.

Secara keseluruhan Werner membuat 30 penampilan liga dalam musim perdananya di level senior, 16 di antaranya sebagai starter, dan paling sering dimainkan di sayap kiri atau kanan. Dia mencetak empat gol dan lima asis.

Kapan Timo Werner bergabung dengan RB Leipzig?

Di tim Stuttgart yang sedang kesulitan, Werner hanya absen di tiga pertandingan liga dalam dua musim berikutnya, tetapi ketika mereka terdegradasi pada tahun 2016, ia pergi ke klub baru bernama Leipzig, bersiap untuk memulai musim perdananya di kasta teratas sepak bola Jerman.

Langsung cocok bermain dalam tim yang cepat, muda, dan menarik, Werner membuka golnya pada penampilan ketiganya dengan mencetak dua gol dalam kemenangan besar di Hamburg. Dia tidak mundur lagi setelahnya, mencetak 21 gol secara keseluruhan, dan sangat tajam setelah jeda musim dingin, dengan melesakkan 12 gol dalam 15 pertandingan, saat Leipzig secara menakjubkan menempati posisi kedua.

Itu membuat Werner mencicipi kompetisi Liga Champions untuk pertama kalinya pada 2017/18, mencetak tiga gol pada babak penyisihan grup saat Leipzig finis ketiga di belakang Besiktas dan Porto. Dia kemudian mencetak gol dalam kemenangan di fase gugur Liga Europa atas Napoli dan Zenit, dan sekali lagi dalam kekalahan perempat final dari Marseille.

Fokus Leipzig yang terbagi di kompetisi Eropa memengaruhi penampilan domestik mereka, dengan finis di urutan keenam dan 13 gol yang ditorehkan Werner menunjukkan penurunan performa pada musim sebelumnya, tetapi sang pemain dan timnya kembali ke performa terbaik mereka di musim berikutnya. Werner mencetak 19 gol saat mengakhiri musim dengan baik ketika timnya finis di posisi ketiga. Dengan itu mereka kembali merasakan kompetisi Liga Champions 2019/20.


Berapa banyak gol yang dicetak Timo Werner musim ini?

Leipzig dengan mudah lolos dari grup mereka, dibantu oleh dua gol Werner dalam laga pembuka di markas Benfica, dan kemudian menyingkirkan Tottenham di babak 16 besar. Di Bundesliga musim ini Werner menorehkan 26 gol dalam 32 pertandingan, termasuk tiga hat-trick, yang terbaru tercipta ke gawang Mainz di pertandingan kedua Leipzig setelah kompetisi Bundesliga kembali bergulir baru-baru ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA