Indonesia

Frank Lampard yang Agung

Menyambut ulang tahun Frank Lampard ke-42, Agung Santoso mengenang karisma sang idola yang agung.

Frank Lampard, buat saya dia adalah figur yang spesial. Spesial buat Chelsea, spesial buat saya, spesial buat semua fans. Dia adalah sosok yang saya kagumi, dia adalah idola saya yang gila akan Chelsea ini.

Saya mulai menaruh perhatian khusus pada Lampard sejak musim 2003/04, era Claudio Ranieri. Semusim berselang, dia sukses mengantarkan Chelsea jadi juara Premier League lewat performa yang luar biasa. Kualitas permainannya kemudian terus menanjak seiring berjalannya waktu, yang menurut saya memuncak ketika juara Liga Champions 2012. Saya tidak bisa tidak jatuh cinta padanya.

Saya memandang Lampard sebagai genius-modern midfielder. Tidak usah kita berbicara soal atribut skill-nya yang lengkap, tapi lihatlah bagaimana dia sanggup menerjemahkan taktik dari sederet pelatih kelas dunia yang pernah menangani Chelsea. Satu yang saya rindukan setelah dia gantung sepatu adalah flying celebration miliknya, yang kerap dilakukan pada 2004 sampai 2006.

Di luar lapangan, Lampard adalah sosok yang rendah hati dan bersahabat. Kenapa saya bisa tahu? Karena saya cukup beruntung pernah tiga kali bertemu dengannya. Pertama saat tur di Bangkok 2011, kedua saat tur ke Indonesia 2013, dan terakhir saat bertemu langsung di London 2014.

Dari ketiga pertemuan itu, pertemuan kedua di Indonesia tentu yang paling membanggakan. Saya mewakili Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC) mendapat kesempatan untuk memberinya plakat penghargaan buat Lampard. Di situ kami berdua bisa saling mengobrol.

Lampard bahkan tidak lupa dengan saya, pada pertemuan ketiga di London setahun berselang. Dalam peluncuran bukunya, Frankie’s Magic Book, dia meluangkan waktu khusus untuk saya berfoto bersama dengan bendera CISC. Padahal petugas di situ sempat melarangnya, tapi Frankie tetap ngotot!

Musim ini Lampard sudah kembali ke rumahnya, di Chelsea, dalam peran yang berbeda sebagai pelatih. Benar bahwa pengalamannya di dunia kepelatihan baru seumur jagung. Namun saya menaruh kepercayaan penuh padanya. Dia tahu luar-dalam klub, dia dihormati, dia percaya pada pemain muda, dan dia adalah sosok yang cerdas. Hasil yang didapat sejauh ini pun sama sekali tak mengecewakan.

Dan di hari yang spesial ini, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-42 untuk Frank Lampard. Tidak muluk-muluk, saya hanya berharap yang terbaik untuknya. Thank you Frankie, keep up the good work!

(Penulis: Agung Santoso)

Agung Santoso adalah presiden CISC Indonesia. Dia sudah tiga kali bertemu Frank Lampard secara langsung.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA