Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Aston Villa 1 Chelsea 2

Christian Pulisic memberikan andil setelah diturunkan dari bangku cadangan dan Olivier Giroud mencatatkan namanya di papan skor ketika the Blues membalikkan keadaan setelah tertinggal saat turun minum hingga menang di laga bersejarah ini, laga kompetitif pertama dalam sejarah kami yang dilangsungkan secara tertutup.

Tiga poin, yang memperkuat posisi kami di empat besar, layak diperoleh mengingat jalannya pertandingan, dan sulit dipercaya kami harus tertinggal di akhir babak pertama ketika kami banyak menciptakan peluang dan mendominasi penguasaan bola hingga tujuh puluh lima persen lebih.

Ketika the Blues tertinggal 1-0 hingga satu jam berlalu, kapten Cesar Azpilicueta juga berperan penting dalam pembalikan keadaan itu denga dua assist yang membuahkan dua gol dalam selang tiga menit. Pertama, tercipta lewat sebuah umpan silang yang diarahkan ke pemuda Amerika dan disambar dengan tendangan voli. Kedua, operannya ke penyerang tengah Prancis kami diselesaikan setelah memutar badan.

Kiper Villa, Orjan Nyland, membuat beberapa penyelamatan untuk mencegah para pemain Chelsea menjebol gawangnya, terutama dari Willian dan Mount yang permainannya sangat hidup. Sementara, meski tidak terlalu direpotkan, Kepa tak kuasa mementahkan sepakan lawan. Di menit ke-43, dan sudah menggagalkan satu sepakan sebelumnya, ia ditaklukkan oleh pemain Villa, Kortney Hause, yang menciptakan gol pertama di laga ini.

Tepat sebelum laga dimulai, dilangsungkan hening cipta semenit untuk mengenang mereka yang meninggal akibat pandemi COVID-19, setelah itu para pemain berlutut, sama seperti yang dilakukan di semua laga Premier League sejak restart – symbol untuk mendukung gerakan Black Lives Matter.
 

Kedua tim berlutut sebelum kick-off

Pesan tersebut dipertegas lagi dengan kata Black Lives Matter yang terpampang di punggung kaus, menggantikan nama pemain, plus badge pada kaus yang mendukung gerakan itu serta menghargai kerja keras NHS dalam menghadapi pandemi.

Frustrasi di babak pertama

Jadi, masih kakukah otot-otot para pemain Chelsea setelah tidak bermain selama tiga bulan, melawan tim yang setidaknya sudah bermain sekali, empat hari sebelumnya di lapangan yang sama?

The Blues memulai babak ini dengan cukup baik dan makin membaik, namun harus mengakhiri babak ini dengan kurang memuaskan.

Di beberapa menit pertama, Willian, setelah menusuk dari kanan, tembakannya masih bisa diblok sementara tuan rumah mengandalkan bola-bola mati untuk menyerang wilayah pertahanan kami. Dibutuhkan waktu selama 20 menit hingga gawang kedua tim mendapat ancaman.

Itu terjadi ketika Mason Mount, yang mendapat ruang di depan kotak penalti, menembak bola keras-keras namun Nyland, menjatuhkan badan ke kiri, berhasil menggagalkannya dengan satu tangan di depan tribun Holte End yang kosong.

Mason Mount menembak

Permainan mulai meningkat

Itu merupakan isyarat bagi the Blues untuk kecepatan dan tekanan, yang harus terhenti dengan drink break di babak tersebut.

Willian melepas umpan silang ke muda gawang Villa yang nyaris bisa disambar Giroud, dan upaya Mount lagi-lagi ditepis Nyland.

Tak lama kemudian bola terlepas dari tangan si kiper Villa namun ia berhasil menangkapnya kembali sebelum bola melintasi garis gawang. Setelah itu, giliran Kepa melakukan penyelamatan pertamanya ketika laga berjalan setengah jam lebih. Pemain Villa, Anwar El Ghazi, jadi korbannya.

Sebagian besar ruang yang berhasil dibongkar oleh pemain-pemain diawali dari gerakan di sisi kanan. Dan, ketika Mount menerobos lalu melepas umpan silang rendah ke tiang jauh lima menit menjelang turun minum, tampaknya kebuntuan akan terpecahkan, namun Loftus-Cheek, seperti Giroud sebelumnya, tak mampu menjangkau bola.

Sebaliknya, Villa malah unggul 1-0 saat pemain-pemain Chelsea asyik menyerang.

Douglas Luiz melepas umpan silang manis ke sana dan ada dua pemain yang lepas dari penjagaan kami. Meski Kepa bisa menggagalkan upaya El Ghazi, bola muntah berhasil disontek Hause ke gawang kami.

Tendangan voli Alonso diblok dan tembakan Kovacic yang dilancarkan dari jarak 20 yard sebelum turun minum hanya melebar tipis.

Kovavic dan Kante bekerja keras di bawah hujan lebat

Kebangkitan di babak kedua

Villa sudah bermain defensif bahkan sebelum mereka mencetak gol namun saat ini mereka bahkan bertahan lebih dalam lagi. Frank Lampard hanya perlu menunggu selama 10 menit babak kedua untuk membuat dua pergantian sekaligus – Barkley dan Pulisic dimasukkan untuk mengganti Kovacic dan Loftus-Cheek.

Giroud merasa frustrasi ketika umpan silang Azpilicueta ke tiang dekat tidak jauh ke tempat yang diinginkannya, namun ketika setelah laga berjalan satu jam, satu umpan silang lagi dari sang kapten membuahkan hasil.

Kali ini ia mengirim bola lebih dalam ke tiang jauh di mana Pulisic, memainkan laga pertamanya sejak Tahun Baru karena cedera, maju dan tak terkawal lalu segera memvoli bola dan sempat mengenai bagian bawah mistar gawang.

Pulisic samakan kedudukan

Dua menit kemudian kami unggul berkat Giroud, yang memutar badan lalu menembak dari dekat titik penalti dengan memanfaatkan umpan Azpi. Giroud juga terlibat dalam pembangunan serangan, sementara Mount juga punya andil besar.

Tammy Abraham diturunkan di fase akhir pertandingan, melawan klub tempatnya menjadi top skor musim lalu. Sebuah sepak pojok ia tanduk melebar. Tembakan drive Willian juga masih terlalu tinggi. Kemudian Grealish menembak menyusul Christensen terjatuh. Melebar.

Dengan melebarnya tembakan tadi, kami sukses mengamankan kemenangan pertama tandang kami di tahun 2020.

Pilihan pemain

Jika ada yang menguntungkan dari jeda yang tak terduga ini adalah waktu bagi N’Golo Kante untuk memulihkan diri sepenuhnya. Dan si gelandang ini pun diturunkan sejak menit pertama oleh Lampard, sebagai jangkar di lini tengah.

Dengan adanya empat perubahan dari tim yang mengalahkan Everton 105 hari yang lalu, Mateo Kovavic juga kembali ke starting 11 dan Ruben Loftus-Cheek memainkan laga pertamanya sejak pulih mengalami cedera serius pada Mei 2019, sebagai salah satu dari tiga trisula di depan. Andreas Christensen menggantikan Kurt Zouma di jantung pertahanan. Jorginho diskors. Sedangkan, Villa sama sekali tidak melakukan perubahan.

Kembalinya Ruben

Bagaimana penampilan pertama Loftus-Cheek setelah pulih dari cedera Achilles yang dialaminya di Boston 13 bulan lalu? Sebelum laga, Frank Lampard menjelaskan bahwa pemain internasional Inggris ini telah berlatih dengan brilian dan meski jadi pemain pertama yang ditarik keluar, dia nyaris menandai comeback-nya ini dengan sebuah gol jika saja ia mampu menjangkau bola umpan silang yang jatuh ke tiang jauh.

Loftus-Cheek sudah beraksi lagi setelah absen setahun lebih

Musuhnya Villa

Catatan klub asal West Midlands ini kala berhadapan dengan the Blues memang kurang apik dan ini berlanjut pada mala mini. Kami kini menang enam kali beruntun atas Aston Villa, memperpanjang rentetan lima kemenangan yang merupakan rentetan terbaik kami atas mereka.

Perburuan empat besar

Kini kami unggul lima poin dari Man United dan Wolves yang berada di peringkat lima dan enam. pada umumnya, hasil-hasil laga sejak restart menguntungkan kami. Wolves memang menang tapi kekalahan Sheffield United di tangan Newcastle pada laga sebelumnya hari ini menguntungkan kami.

Siapa lawan berikutnya?

Empat hari lagi, menjamu Manchester City di Stamford Bridge, hari Jumat dengan jadwal kick-off pada pukul 02.15 WIB.

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta (k), Rudiger, Christensen, Alonso; Kovacic (Barkley 55), Kante, Mount; Willian (James 90), Giroud (Abraham 80), Loftus-Cheek (Pulisic 55).
Cadangan Caballero, Zouma, Emerson, Gilmour, Pedro.
Gol Pulisic 60, Giroud 62
Kartu kuning Kante 94

Villa (4-3-3): Nyland; Konsa, Hause, Mings, Targett; Hourihane (Nakamba 70), Douglas Luiz, McGinn (Jota 87); El Ghazi (Trezeguet 70), Davis (Samatta 57), Grealish (k).
Cadangan Reina, Taylor, Elmohamady, Vassilev, Baston,
Gol Hause 45
Kartu kuning Konsa 45, Grealish 95

Wasit Paul Tierney
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA