Analisis

Musim Mereka Sejauh Ini: N’Golo Kante

Penampilan N’Golo Kante di musim ini jadi subyek berikutnya yang kami angkat di fitur yang mengupas performa para pemain kami musim ini hingga sebelum lockdown diberlakukan.

Gelandang ini memang tidak selalu bermain di tim besutan Frank Lampard akibat cedera yang dialaminya, namun ia masih sangat berpengaruh di lapangan…

N’Golo Kante: 22 penampilan (dua sebagai pengganti), tiga gol

“Kami jelas memerlukan N’Golo Kante di tim kami, salah satu pemain terbaik di dunia. Saya tahu itu bahkan sebelum menjadi manajer Chelsea. Saya tahu itu dari bekerja bersamanya. Sangat disayangkan dia tidak bisa sering hadir tahun ini, tapi ke depannya, kami ingin dia bugar dan siap tampil.”

Di selama tiga musim pertamanya di London barat, Kante hampir tidak pernah absen di dalam pertandingan. bahkan, sebelum terkena cedera hamstring pada akhir musim lalu, Kante hanya absen lantaran cedera dalam beberapa laga pada Oktober 2017.

Menepi

Sayang sekali, untuk Kante dan Chelsea, masalah engkel, kunci paha, dan abduktor membatasi keterlibatannya di musim ini. Dia sempat absen sebentar di masa pramusim ketika memulihkan diri dari cedera hamstring yang dialaminya kala bertanding di Baku. Setelah turun dari bangku cadangan di hari pertama di Old Trafford, pria Prancis ini kembali ke starting XI di final Piala Super dan tampil luar biasa selama 120 menit, yang dideskripsikan oleh Lampard sebagai “mesin”.

Namun, di laga berikutnya, di markas eks klubnya Leicester City, engkelnya mengalami masalah. Tapi, setelah kembali sebulan kemudian, ia langsung mencetak gol indah ke gawang Liverpool di the Bridge.

Ia kembali mencetak gol di laga berikutnya, di markas Southampton, lalu datanglah jeda internasional Oktober dengan cedera lainnya, kali ini kunci paha. Ia harus menepi hingga sebulan berikutnya, dan kembali dengan meraih kemenangan atas Crystal Palace pada 9 November.

Posisi lebih ke depan

Lampard biasanya memainkan Kante sebagai gelandang kanan, yang dijalaninya di musim 2018/19. Dari posisi itulah ia berlari dan membuka keunggulan kami atas tuan rumah Manchester City dengan sebuah penyelesaian manis kaki kiri.

“Ketika orang-orang berkata bahwa dia adalah gelandang bertahan terbaik di dunia, saya rasa itu belum secara keseluruhan,” komentar Lampard soal Kante pada November lalu.

“Masih ada yang lebih daripada sekadar itu. Di benak saya, pemain bertahan adalah seseorang yang menunggu di depan keempat bek, atau ketiga bek. Dia lebih dari itu, dan dia telah menunjukkan semua asetnya selama empat tahun terakhir, terlepas dari siapa yang dia bela.”

Terlepas dari gol apik Kante di Etihad, tuan rumah akhirnya bangkit dan menang. Ini menjadi awal dari rentetan hasil kurang memuaskan the Blues, yang cuma menang empat kali dari 13 laga berikutnya di liga. Kante cukup fit untuk tampil di 12 laga di antaranya, termasuk saat tampil 90 menit dalam kemenangan atas Tottenham dan Arsenal di mana energi dan kendali permainannya jadi kunci.

Namun, dia kembali mengalami cedera saat kalah dari Manchester United di kandang usai jeda musim dingin, cedera abduktor yang disebut Lampard “tampaknya tidak baik”. Itulah keterlibatan terakhirnya sebelum lockdown, masa yang memberinya kesempatan untuk memulihkan diri.

Kante memutuskan untuk tidak segera kembali berlatih bersama grup. Bulan ini, ia kembali berlatih dan tampil di laga pemanasan kami menjelang laga pertama kami selepas kompetisi bergulir kembali, melawan Aston Villa hari ini. Permainan apik dari salah satu gelandang terbaik di dunia ini akan membantu Chelsea mengamankan posisi empat besar.

Statistik N’Golo Kante di Premier League musim 2019/20

Statistik N’Golo Kante

Penampilan N’Golo Kante di Premier League musim 2019/20

N’Golo Kante tampil 18 kali di Premier League bagi Chelsea musim ini, dua kali dari bangku cadangan.

Penampilan N’Golo Kante di Liga Champions musim 2019/20

Sudah turun tiga kali di Liga Champions musim ini, semuanya di fase grup.

Penampilan N’Golo Kante di FA Cup musim 2019/20

N’Golo Kante tidak diturunkan di FA Cup musim ini.

Penampilan N’Golo Kante di League Cup musim 2019/20

N’Golo Kante tidak bermain di Carabao Cup musim ini.

Gol N’Golo Kante musim 2019/20

N’Golo Kante sudah mengemas tiga gol musim ini, saat kontra Liverpool, Southampton, dan Manchester City di Premier League.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA