Indonesia

Jorginho: Sang Maestro Asal Italia

Artikel teranyar kami yang menyajikan informasi dan statistik menarik dari pemain-pemain Chelsea kali ini berfokus pada Jorginho.

Sejak pria Italia ini pindah ke Stamford Bridge musim lalu, ia telah mempertontonkan potensinya dan membuktikan diri sebagai salah satu pemain kunci di pasukan Lampard musim ini. Mari kita lihat perjalanan sepak bola Jorginho dari Brasil hingga berlabuh ke London Barat...
 

Jorginho dan karier profesionalnya

Jorginho lahir pada 20 Desember 1991 di Imbituba, Brasil. Kepada Chelsea Magazine, gelandang ini mengaku bahwa dia menggunakan sepak bola sebagai jalan bagi dirinya dan untuk membantu kesejahteraan keluarganya di tengah masalah yang timbul di kota kelahirannya.

"Sehubungan dengan kesulitan yang saya alami semasa muda, saya melihat sepak bola sebagai sesuatu yang selalu membuat hidup saya dan keluarga saya menjadi lebih baik. Itulah alasan mengapa saya sangat berdedikasi," kata Jorginho kepada kami ketika tiba di the Bridge.

Jorginho memutuskan untuk pindah dari negara asalnya, Brasil, ke Italia saat masih berusia 15 tahun. Memiliki buyut berdarah Italia, ia pun berhasil mendapatkan status sebagai warga negara Italia.

Jorginho memulai karier profesionalnya di tim yunior Verona, dan berhasil mendapat promosi ke tim senior. Di musim 2010/11, dia dipinjamkan ke Sambonifacese, klub Serie C2. Di sana, ia memainkan musim perdananya sebagai pesepak bola senior dengan bermain 31 kali dan mencetak satu gol serta membuat sepuluh assist.

Di musim 2012/13, Jorginho berperan penting bagi tim Verona yang finis di peringkat kedua dan meraih tiket promosi ke Serie A untuk pertama kalinya sejak terdegradasi dari divisi utama sepak bola Italia 11 tahun silam.

Penampilan memukau Jorginho bersama Napoli
 

Usai mengantarkan Hellas Verona ke Serie A di musim 2013/14, Jorginho hanya bermain setengah musim di tim itu. Pada Januari 2014, Napoli memutuskan untuk memperkuat skuad mereka dengan mendatangkan Jorginho dengan kontrak empat setengah tahun.

Jorginho berkembang menjadi pesepak bola top di liga itu. Selama bermain untuk Azzura, ia sukses memimpin tim itu memenangkan Coppa Italia di musim 2013/14 dan Piala Super Italia pada 2014.

Semasa bermain untuk raksasa Italia itu, Jorginho berkesempatan bekerja bersama Rafa Benitez, eks manajer kami, dan juga Maurizio Sarri. Kedua orang itu akhirnya mendarat di Stamford Bridge pada musim panas 2018.

Secara keseluruhan, Jorginho tampil 160 kali bagi Napoli.

Jorginho di the Bridge
 

Pada 14 Juli 2018, Jorginho mengikuti Maurizio Sarri pindah dari Napoli ke Chelsea. Dia menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun dengan klub.

Jorginho jadi anggota kunci skuad dan tampil sebanyak 54 kali dengan torehan dua gol di musim perdananya.

Di musim 2019/20, ketika Sarri pergi, banyak suara yang mengatakan bahwa Jorginho mungkin akan mengikuti jejak si pelatih tetapi kemudian ia terus membuktikan kemampuannya di tim Frank Lampard.

Salah satu kontribusi terbaik dari pemain internasional Italia kelahiran Brasil ini adalah kemampuannya dalam mengeksekusi tendangan penalti. Jorginho selalu berhasil menyelesaikan setiap tendangan penalti yang diambilnya (di waktu normal) sejak tiba di Chelsea pada musim panas 2018.

Kesuksesan Jorginho bersama Chelsea
 

Di musim pertamanya bersama the Blues, Jorginho membantu klub menjuarai Liga Europa UEFA untuk kedua kalinya dalam sejarah kami. Dia masuk dalam tim terbaik turnamen itu serta jadi pemain starter reguler di tim yang akhirnya finis di peringkat ke-3 klasemen Premier League.

Salah satu kelebihan terbaik Jorginho adalah kemampuannya dalam mengoper bola. Di Premier League musim 2018/19, pria Italia ini mencatatkan 3.119 operan dengan rasio keberhasilan sebesar 89%! (2.782 operan sukses)

Jorginho bersama tim nasional Italia
 

Jorginho memegang kewarganegaraan Italia dan Brasil, sehingga dapat bermain untuk kedua negara tersebut. Pada 2012, Jorginho dipanggil untuk memperkuat tim Azzurri U-21 dan mulai menapakkan kaki ke level senior pada 2016, yang dibesut oleh Antonio Conte, eks manajer Chelsea.

Jorginho melakukan debut internasionalnya untuk Italia pada 24 Maret 2016, turun sebagai pemain pengganti dalam laga imbang 1-1 dengan Spanyol.

Apa saja yang perlu penggemar ketahui tentang Jorginho?
Berapa tinggi badan Jorginho? 180 cm.
Apa kaki dominan Jorginho? Kaki kanan
Di laga apa Jorginho melakukan debut untuk Chelsea? 25 Agustus 2018, melawan Man City. (Community Shield)
Apa akun Instagram Jorginho? @jorginhofrello

Selengkapnya tentang Jorginho - Klik di sini
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA