Berita

Lampard: Mempertahankan Willian dan Pertahanan Kante

Frank Lampard telah meluangkan banyak waktu di musim ini untuk menjawab dan berbicara tentang pemain-pemain muda di skuadnya, namun menjelang laga besar kontra Manchester City besok dini hari, ia bicara soal dua pemain senior.

Salah satunya adalah Willian, 31 tahun, yang pada pekan ini, bersama Pedro, menandatangani perpanjangan kontrak jangka pendek yang memastikannya bertahan di Chelsea hingga akhir musim ini.

Satu pemain lainnya, N’Golo Kante, yang dua tahun lebih muda dari si pemain Brasil, dan sudah kembali beraksi gemilang dalam kemenangan atas Aston Villa akhir pekan lalu usai pulih dari cedera yang dialaminya pada saat karantina wilayah.

Soal Willian, Lampard dimintai pendapatnya tentang reaksi negatif terhadap si pemain di media sosial. Si bos menjawab.

“Untuk media sosial, saya ingat, di akhir karier bermain saya, saya sempat dua bulan mengamati apa bagaimana pandangan para penggemar terhadap saya, Chelsea atau di luar Chelsea, dan itu membuat saya berhenti melihatnya lagi,” jelas Lampard.

“Jika melihat media sosial, Anda tidak akan bisa memilih tim. Anda akan berubah pikiran dalam dua detik, dan saya rasa itulah indahnya sepak bola, bahwa setiap orang boleh memiliki pendapatnya sendiri-sendiri.”

“Menurut saya, yang terpenting adalah saat ini dan klub ini. Saya bisa melihat bagaimana para pemain setiap harinya, bagaimana latihan mereka setiap harinya, jadi ketika saya memilih pemain, orang-orang akan mengomentarinya dari sudut pandang mereka tapi mereka tidak melihat apa yang Anda lihat.”
 

“Saya menempatkan latihan sebagai sesuatu yang sangat penting, juga sikap dan latihan para pemain dalam sepekan. Saya tahu Willian memunyai itu sebagai seorang pesepak bola karena saya pernah bermain dengannya, dan kita semua telah melihatnya di lapangan tahun ini – etos kerjanya tanpa bola dan kreasi serta usahanya saat menguasai bola. Kita juga melihat itu dalam laga kontra Aston Villa.”

“Pada umumnya, sejauh yang saya lihat, para penggemar Chelsea sangat menghormatinya. Sulit di era modern ini untuk melihat apa yang terdapat di media sosial di seluruh dunia. Orang-orang yang ada di klub tahu benar nilainya dan tak peduli apa yang terjadi di akhir musim ini, dia adalah seorang abdi yang fantastis bagi klub.”
 

Selain penampilan di lapangan, Lampard juga menghargai apa yang telah Willian bawa ke ruang ganti yang rata-rata dihuni pemain-pemain muda. Ini mengonfirmasi bahwa makin banyak skuad yunior yang menjadikan kolega mereka yang sarat pengalaman ini sebagai panutan.

“Dia telah bermain di setiap level dan berada di level tinggi,” jelas Lampard.

“Dia punya karakter yang hebat dan telah menunjukkan etos kerjanya dengan caranya berlatih dan bermain. Ini penting ketika Anda memiliki banyak pemain muda yang memerlukan panutan. Dia bukan tipe orang yang gemar berteriak dan memekik tapi dia memberi contoh dengan bekerja. Saya sangat bersyukur memilikinya di skuad tahun ini.”

Bos juga kerap menyatakan kekagumannya kepada N’Golo Kante dan akhir pekan lalu dia kembali menurunkan si pemain di posisi terdalam dari skema tiga gelandang dan sukses mematahkan banyak pergerakan Aston Villa.

“N’Golo pada umumnya bermain sebagai salah satu dari dua (gelandang), atau akhir-akhir ini sebagai salah satu yang lebih ofensif, di depan deep-lying midfield,” jelas sang bos.
 

“Dia memiliki atribut untuk melakukan keduanya, atau semua peran. Itulah salah satu keindahan dari cara mainnya, dan apa yang dia lakukan adalah banyak merebut bola – begitu cepat menekel, begitu cepat menekan, menutup banyak area lapangan, dan juga sangat baik dengan bola.”

“Saya rasa boleh saya orang-orang meremehkan kemampuannya (dengan bola), betapa cepat pergerakannya dengan bola dan mengoper bola. Saya tak masalah jika harus bermain di posisi lain untuk bisa bermain dengannya. Ini yang telah kami kerjakan dan ini memberi saya pilihan yang baik untuk kadang memiliki berbagai macam atribut di posisi itu.”

Baca: Lampard soal menguji diri dengan melawan yang terbaik
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA