Berita

Guardiola Tentang Lampard: “Dia Akan Jadi Manajer yang Luar Biasa”

Menjelang pertemuan dengan Manchester City di Premier League pekan ini, Pep Guardiola bicara soal lawannya, Frank Lampard, dan memujinya sebagai “manajer yang luar biasa” dengan tim yang enak ditonton.

Kedua orang ini akan saling berhadapan untuk kedua kalinya ketika tim-tim yang mereka tukangi saling berhadapan di Stamford Bridge pada Jumat dini hari, meski jika ditilik lebih jauh ke belakang, Lampard adalah salah satu pemain yang berjuang menghadapi Barcelonanya Guardiola yang amat perkasa kala itu.

Tercipta dua pertarungan epik di Liga Champions musim 2008/09 dan 2011/12, ketika kepemimpinan Lampard – mengemban ban kapten menyusul skorsing John Terry di Nou Camp – membantu kami meraih kemenangan dalam proses kami menjadi yang terbaik di Eropa.

Rasa hormat jelas terpancar dari kedua pria tersebut. Pujian Guardiola yang disampaikannya dalam konferensi pers pra pertandingan pekan ini menjadi bukti nyata kekagumannya atas pekerjaan Lampard di musim keduanya sebagai pelatih.

“Frank Lampard dulunya adalah seorang pesepak bola yang luar biasa, dan dia akan menjadi manajer yang luar biasa,” kata orang Spanyol itu. “Dia menjalani musim ini dengan sangat baik dan saya senang melihat timnya. Mereka adalah elite sepak bola Eropa. Mereka punya pemain-pemain luar biasa di semua posisi.”

Guardiola melihat lebih jauh penampilan Chelsea di musim sejauh ini, menyoroti pemberdayaan pemain homegrown yang sangat mengesankan. Pria 49 tahun itu sendiri adalah produk akademi pemain muda La Masia Barcelona yang terkenal itu, dan sempat setahun memanajeri tim B klub tersebut sebelum kemudian menggantikan Frank Rijkaard di posisi puncak.

Di musim pertamanya menjalankan peran itu, Guardiola mengembalikan Gerard Pique dan mempromosikan Sergio Busquest, yang sama-sama merupakan jebolan La Masia. Keduanya menjadi bagian penting dari dominasi mereka di Eropa selama bertahun-tahun kemudian. Oleh karena itu, tak ada sosok yang paling tepat dalam mengomentari penggunaan pemain muda Chelsea musim ini.

“Saat Anda memulai sebagai manajer, Anda memiliki gairah dan tak kenal takut,” jelas orang Catalan ini. “Anda mengambil keputusan tanpa kompromi, yang telah ia lakukan dengan memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda berbakat yang Chelsea punyai karena Akademi mereka telah bekerja dengan sangat baik selama lima atau 10 tahun terakhir.”

“Dia tahu bahwa di klub-klub besar kami harus mendapatkan hasil tapi di Premier League, mereka ada di posisi yang baik untuk lolos ke Liga Champions musim depan, yang merupakan salah satu target utama dari enam atau tujuh top di Inggris. Itu akan menjadikan ini sebagai musim yang sangat bagus.”

Lampard akan mengincar kemenangan pertamanya atas Guardiola dalam kapasitas sebagai pelatih menyusul kekalahan tipis 2-1 di Etihad November lalu.

Lampard: Kami harus berada dalam kondisi terbaik

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA