Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Leicester 0 Chelsea 1

Ross Barkley melanjutkan ketajamannya di Piala FA musim ini, usai turun sebagai pemain pengganti dan mencetak gol untuk bawa Chelsea ke semi-final.

Dalam duel sengit antara tim peringkat ketiga dan keempat di Premier League, Frank Lampard kembali menuai hasil positif atas keputusannya memasukkan sang gelandang internasional Inggris, sebagai satu dalam tiga pergantian sekaligus yang dilakukannya saat turun minum.

Pemain 26 tahun itu hanya butuh waktu 18 menit untuk berikan kontribusi menentukan, tatkala menyambut manis umpan silang Willian untuk mengubah kedudukan.

Sebagai tamu, kami sempat menderita di babak pertama tapi jauh lebih baik di paruh kedua dan kini melenggang ke empat besar turnamen, yang bakal dihelat di Wembley pada 18/19 Juli.

Willian kembali krusial lewat assistnya

Foxes memulai dengan cepat

Bahkan setelah 148 tahun Piala FA, selalu ada yang pertama untuk turnamen sepakbola tertua di dunia ini. Dan duel perempat-final tanpa penonton ini jadi salah satunya untuk Chelsea sang kampiun delapan kali turnamen.

Tuan rumah keluar dari perangkap pada Juni siang tanpa musim di East Midlands, dengan mengontrol lini tengah dan menekan pertahanan Blues yang dirotasi.

Willy Caballero dipaksa lakukan penyelamatan krusial hanya beberapa menit usai sepak mula, dengan menyapu umpan silang berbahaya dari sisi kanan sebelum kemudian mengamankan sundulan berbahaya Wilfred Ndidi 15 menit berselang.

The Blues, yang kali ini mengenakan jersey putih, dibuat kesulitan untuk membangun ritme dan di tepi lapangan Lampard menuntut lebih banyak fokus dari para pemainnya.

Kante jadi andalan di lini tengah melawan mantan klubnya

Mulai terbuka

Tim tamu mulai meningkatkan penguasaan bola dan pertandingan segera menunjukkan hasil. Dalam laga kami terdahulu yang berakhir 2-2 melawan tim asuhan Brendan Rodgers pada Februari lalu, dua gol sundulan Toni Rudiger sukses hasilkan satu poin dan situasi bola mati jadi ujian sulit pertama Kasper Schmeichel, di mana kiper asal Denmark itu sukses mengamankan tandukan Christian Pulisic.

Di sisi lain, tembakan mendatar Youri Tielemans sukses diamankan Caballero sebelum umpan Ben Chilwell yang tampak sempurna buat Jonny Evans gagal dimaksimalkan oleh rekan lini belakangnya itu.

Pulisic membawa bola melewati lawan

Leicester belum pernah kebobolan di Piala FA musim ini dan jadi tim kedua dengan pertahanan terbaik di Premier League musim ini, cukup menggambarkan tugas berat yang harus kami emban. Pulisic kemudian hasilkan peluang terbaik kami di paruh pertama, tapi usaha bintang Amerika Serikat itu digagalkan oleh penyelamatan ciamik Schmeichel.

Dengan sedikit waktu tersisa, kedudukan tanpa gol tetap bertahan saat turun minum usai usaha Harvey Barnes dan Jamie Vardy membuka keunggulan, gagal kendati sukses lepas dari lini belakang the Blues.

Pergantian jitu

Lampard membuat keputusan menentukan saat jeda, di mana dia memanfaatkan aturan pergantian dengan mengganti tiga pemainnya sekaligus. Cesar Azpilicueta, Mateo Kovacic, dan Barkley dimasukkan untuk memberi dampak cepat, mengubah tempo, dan intensitas permainan kami.

Kebuntuan akhirnya pecah 18 menit usai jeda dan sang pemain pengganti jadi elemen instrumental untuk bawa Chelsea unggul. Azplicueta memasok umpan ke Willian di sisi kanan, sebelum bintang Brasil itu melepaskan umpan silang yang tajam.  

Barkley membuka keunggulan

Barkley yang melihat peluang tersebut, berlari ke depan untuk menyambut bola ke arah Ndidi sebelum kemudian menyontek bola dengan begitu akurat yang taklukkan Schmeichel. Itu adalah gol ketiga sang gelandang Inggris di Piala FA musim ini sekaligus hadirkan keunggulan krusial buat kami.

Jelang laga berakhir

Chelsea nyaris menambah keunggulan di 30 menit akhir laga, dan Barkley hampir mencetak gol keduanya satu menit saja usai bawa timnya unggul 1-0. Menyambut umpan yang membelah lini tengah lawan, sayang dia terpaksa mengeksekusi dengan kaki minornya yang mengarah tepat pada Schmeichel.

Caballero kemudian mengamankan aksi Chilwell, yang umpan silangnya sempat mengenai mistar Chelsea. Seiring harapan Leicester yang memudar, mereka total menekan untuk hasilkan peluang di masa perpanjangan waktu, meski begitu Azpilicueta entah bagaimana sukses menggagalkan usaha Caglar Soyuncu di udara dan sepakan Ndidi yang melebar.

Barkley kembali nyaris mencatatkan namanya kembali di papan skor tapi Schmeichel mampu lakukan penyelamatan fantastis, meski pada akhirnya tak berarti karena sang gelandang sukses membawa kami raih kemenangan. Chelsea pun bergabung dengan Arsenal dan Manchester United di empat besar, dengan undian akan dilakukan malam ini.

Caballero lakukan penyelamatan

Jimat keberuntungan Leicester untuk Chelsea raih trofi

Pertanda baik untuk the Blues, sebagaimana kami bertandang ke King Power Stadium untuk bentrok perempat-final ini. Kami selalu melaju dalam enam pertemuan menghadapi Foxes di Piala FA, dan yang luar biasa, empat di antaranya berakhir dengan raihan trofi.

Kini tinggal berjarak dua kemenangan guna raih trofi tersebut untuk kali kesembilan, dengan kami tiga kali sukses melaju ke semi-final dalam empat musim terakhir. Tidak ada klub lain yang punya rekor lebih baik dalam 19 tahun terakhir, di mana kami juga tampil di semi-final sebanyak sepuluh kali.

Perubahan dilakukan

Dengan jadwal padat antara saat ini dan penundaan musim ini, Lampard memaksimalkan seluruh skuad dalam perjalanan ke Leicester dan membuat enam perubahan dari bentrok melawan Manchester City Kamis lalu.

Tammy Abraham tampil sejak menit perdana untuk kali pertama sejak awal Februari di stadion ini, di mana laga berakhir imbang 2-2 berkat dua gol Rudiger. Sang bek Jerman jadi satu dari lima pemain yang tak dirotasi, bersama Kurt Zouma yang jadi pasangannya di lini belakang.  

Apa selanjutnya?

Setelah ini kami akan kembali beraksi di Premier League pada Kamis dini hari di London Stadium melawan West Ham, pada pukul 02.15 WIB. Setelahnya kami akan menjamu Watford di Bridge pada 5 Juli dini hari.

Chelsea Caballero; James (Azpilicueta h/t), Zouma, Rudiger, Emerson; Kante, Gilmour (Kovacic h/t); Willian (c) (Pedro 78), Mount (Barkley h/t), Pulisic (Loftus-Cheek 72); Abraham
Cadangan Kepa, Alonso, Jorginho, Batshuayi
Pencetak gol Barkley 63

Leicester City Schmeichel; Justin, Soyuncu, Evans, Chilwell; Tielemans, Ndidi; Perez (Albrighton 57), Praet (Choudhury 57), Barnes (Gray 76); Vardy
Cadangan Ward, Morgan, Fuchs, Bennett, Mendy, Iheanacho
Kartu kuning Soyuncu 23

Wasit Mike Dean

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA