Pratinjau Laga

CATATAN PRA PERTANDINGAN: WEST HAM UNITED vs CHELSEA

Bulan terakhir dari kompetisi Premier League ini akhirnya dimulai dengan perjalanan tandang ke stadion London yang tak dihadiri para penonton. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton memberikan pendapatnya mengenai duel tim asal ibukota ini…

Laga ini adalah yang pertama dari tiga pertandingan melawan klub-klub terbawah untuk Chelsea, yang mana sedang membutuhkan maksimal 17 poin dari 21 poin yang tersedia untuk menjamin jatah posisi kompetisi Liga Champions musim depan.

Kemenangan di ajang Piala FA hari Minggu lalu saat berjumpa Leicester berarti The Blues telah memenangkan lima pertandingan terakhir di semua kompetisi, mengalahkan Liverpool (juara Premier League), Manchester City (peringkat kedua), dan sekarang Leicester (ketiga). Kemenangan di West Ham akan membuatnya menjadi enam kemenangan berturut-turut berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Oktober 2019, saat kami sukses menang tujuh kali berturut-turut saat itu.

 

Ross Barkley sends Chelsea to Wembley and FA Cup semi-finals | Unseen Extra

Sementara Chelsea kesulitan untuk menjebol gawang dari dua laga tandang terakhir di London timur yang akan kami kunjungi malam ini, tim tuan rumah menelan kekalahan tiga pertandingan liga berturut-turut tanpa mencetak gol dan tercatat lima kali kebobolan. The Hammers adalah tim dengan performa terendah ketiga di liga selama delapan pertandingan terakhir dan memiliki rekor kandang terburuk ketiga di liga musim ini. Mereka juga tercatat menelan kekalahan lebih dari sebagian besar pertandingan mereka di Stadion London dan kebobolan setidaknya satu gol di masing-masing dari lima pertandingan terakhir mereka.

"Ini adalah pengalaman yang berbeda tanpa kerumunan suporter, saya berbohong jika saya mengatakan bahwa saya menikmati kondisi ini," ungkap manajer West Ham, David Moyes mengakui setelah kekalahan dari Wolves baru-baru ini. "Kami merindukan atmosfer penonton, itulah yang harus kami lakukan untuk menjadi lebih baik ketika berkompromi dengan masalah ini.

"Frank Lampard mungkin akan dimaafkan kali ini karena ketidakhadiran fans tuan rumah yang mungkin akan mengganggu konsentrasinya sepanjang pertandingan, apalagi ia merupakan eks pemain West Ham saat masih muda. Dia melihat skuatnya mulai beradaptasi dengan kehidupan tanpa energi suporter tandang Blues yang kerap memberikan keutamaan saat pertandingan dan mengukir hasilnya disana.

The Blues menargetkan untuk mencatatkan empat kemenangan tandang derbi London di Premier League untuk pertama kalinya sejak 2009

photo of Key Stat Key Stat

Keuntungan Laga Ibukota

Tiga pertandingan liga Chelsea berikutnya ada di London –dan dua di antaranya adalah laga derbi. The Blues telah memenangkan tiga laga besar berturut-turut (di Arsenal, Tottenham, dan Fulham musim lalu) dengan laga tandang ke Crystal Palace sebagai ujungnya.

Tim Frank Lampard tidak hanya memimpin di derbi London musim ini, tetapi juga akan finis sebagai klub dengan posisi tertinggi di kota ini untuk ke-13 kalinya dalam 16 musim terakhir.

Premier League London mini-league
PldWDLPtsPts-per-game
Chelsea6411132.2
Tottenham6312101.7
Arsenal7241101.4
Crystal Palace622281.3
West Ham710610.1

Selain itu, dua klub London barat yaitu Brentford dan Fulham, saat ini berada dalam posisi untuk memperebutkan jatah play-off di kompetisi Championship.

Tolak Ukur dari Laga City

Chelsea sendiri tercatat telah mencetak dua kali atau lebih di masing-masing dari lima pertandingan Premier League terakhir, dan itu sebenernya bisa lebih banyak lagi saat melawan Manchester City Kamis lalu. The Blues dengan cemerlang mengeksekusi rencana memenuhi lapangan saat melawan tim terbaik kedua di papan atas bersama N’Golo Kante dalam peran gelandang jangkar yang lebih cair saat itu.

Ini adalah keempat kalinya musim ini Chelsea berhasil melakukan 10 tembakan tepat sasaran (dibandingkan dengan dua dari tim tamu) setelah Brighton di kandang (10), Watford tandang (10) dan Everton di Stamford Bridge (11).

Pertandingan melawan The Citizens adalah yang kedua di liga musim ini ketika tim lawan memiliki penguasaan bola yang lebih banyak. Yang lainnya adalah Tottenham, yang dimenangkan the Blues dengan skor yang sama seperti Kamis: 2-1.

Christian Pulisic saat ini adalah pemain dengan gol terbanyak  dari kategori pemain berusia 21 atau di bawah pada ajang liga primer musim ini. Dia telah mencetak tujuh gol dengan rata-rata satu gol setiap 172 menit bermain. Tiga gol Willian dalam lima pertandingan telah membawanya ke catatan 60 gol untuk tim London biru. Dia adalah pemain Chelsea ketujuh dari luar negeri yang mencapai tonggak sejarah itu.

Top skorer asing di klub
Didier Drogba 164
Eden Hazard 110
Jimmy Floyd Hasselbaink 87
Gianfranco Zola 80
Eidur Gudjohnsen 78
Salomon Kalou 60
Willian 60
Nicolas Anelka 59
Diego Costa 59

Willian melanjutkan untuk memanjat jajaran top skorer kita

Efek lima pemain pengganti

Suasana asing mungkin berkontribusi pada perbedaan yang tidak biasa dalam waktu mencetak gol sejak liga dimulai kembali: di liga, hanya 28 persen telah dicetak di babak pertama, dengan 72 persen sisanya datang setelah istirahat. Mungkin, aturan lima pergantian pemain ini memiliki efek yang lebih besar dari yang diperkirakan.

Saat babak kedua di kompetisi Piala FA melawan Leicester, Frank Lampard membawa masuk tiga pergantian pemain untuk mengangkat timnya setelah 45 menit babak pertama yang terasa lesu. Hasilnya adalah satu gol apik untuk membuka paruh kedua dari Ross Barkley.

All Angles: Ross Barkley's clinical finish v Leicester

Hal tersebut adalah yang ketiga kalinya sejak liga dimulai kembali, perubahan dari pelatih di babak kedua ini memiliki pengaruh langsung pada hasil pertandingan. Dalam kemenangan vs Manchester City, Tammy Abraham mendapatkan penalti kemenangan vital, dan saat vs Aston Villa, Pulisic mencetak gol penyeimbang lima menit setelah turun dari bangku cadangan.

Menebus kesalahan 'kejutan' saat kalah di laga kandang

Kembali pada akhir November lalu, West Ham berhasil menimbulkan kekalahan kandang yang meresahkan Chelsea dan menyebabkan kegelisahan di Stamford Bridge hingga Februari lalu. Seandainya Aaron Cresswell tidak menemukan celah melewati Kepa Arrizabalaga, atau kiper pilihan ketiga debutan David Martin tidak menjaga clean sheet pertama mereka dalam dua bulan, the Hammers saat ini akan duduk satu dari bawah di klasemen Premier League.

Saat itu adalah kemenangan pertama dari the Irons di Stamford Bridge dalam 17 musim, tetapi mereka telah memenangkan tiga dari tujuh pertandingan terakhir melawan the Blues di markas mereka sendiri. Kemenangan tandang terakhir tim London barat di timur London ini datang pada Maret 2017 di bawah Antonio Conte, saat kinerja brilian tim yang layak melebihi skor kemenangan 2-1 saat itu.

Kemenangan terakhir kami di West Ham terjadi tahun 2017

Moyes sendiri khawatir timnya sedang dalam 'kekurangan dalam pemain bertipikal menyerang, dan kekurangan pilihan pemain' sejak liga bergulir lagi. Pemain multi posisi, Michail Antonio telah dicoba sebagai striker tunggal di kedua pertandingan mereka sejauh ini, dan telah menyumbang dua dari empat tembakan tepat sasaran timnya; namun mereka belum menemukan gol ke gawang lawan.

Absennya pemain utama dari West Ham salah satunya adalah Robert Snodgrass, yang jadi andalan dalam sebagian besar sepak pojok dan tendangan bebas mereka ini sedang memiliki masalah punggung jangka panjang, dan bek mereka Angelo Ogbonna, yang berada di bangku cadangan di laga terakhir mereka.

 

Race for Europe – maximum possible points
PPtsGDMax
1Liverpool318649107
2Manchester City31634484
3Leicester City31553076
4Chelsea31541475
5Wolves32521170
6Manchester Utd31491770
7Tottenham3145966
8Sheffield Utd3144-165
9Arsenal3143264
Next three league matches
LeicesterChelseaWolvesManchester Utd
Everton TWest Ham TArsenal KBournemouth K
Palace KWatford KSheff Utd TAston Villa T
Arsenal TPalace TEverton KSouthampton K

Hammers mulai terpaku?

Menyusul kekalahan kedua dengan skor 2-0 mereka sejak liga dimulai lagi, West Ham kini waspada dengan kondisi satu tempat di atas zona degradasi, satu dari tiga klub di empat terbawah dengan 27 poin.

Namun mereka bisa lebih baik daripada seharusnya. Sebelum pertandingan dilanjutkan, satu formula yang dipertimbangkan untuk menyelesaikan tim mana yang harus terdegradasi adalah menggunakan formula poin-per-game yang ditimbang untuk mencerminkan hasil pertandingan kandang dan tandang. Jika itu diterapkan, the Hammers akan mendapatkan tiket turun ke kompetisi Championship.

Meski demikian, skuat the Irons sekarang adalah satu dari enam klub yang bisa jatuh melalui pintu jebakan degradasi. Penampilan bagus di kandang sendiri biasanya memiliki pengaruh yang signifikan pada kelangsungan hidup tim yang berjuang untuk lolos dari degradasi, namun dengan stadion yang kosong sejak dimulainya liga kembali, tercatat hanya satu tim dari enam lainnya yang sukses meraih kemenangan di rumah mereka sendiri: Brighton melawan Arsenal.

Loading OPTA feed


Undian Piala FA yang Menguntungkan Berlanjut

Pola undian yang didapatkan oleh Chelsea kali ini adalah masih dari tim-tim yang sebelumnya telah kami kalahkan dua kali atau lebih dalam perjalanan untuk mengangkat Piala FA berlanjut dengan pertandingan semi final melawan Manchester United.

Sebelumnya, perjalanan  the Blues di Piala FA telah mengalahkan Nottingham Forest (kalah pada 1999/00, 2006/07), Hull City (1999/00, 2017/18), Liverpool (1996/97, 2011/12), dan sekarang Leicester ( 1996/97, 1999/00, 2011/12, 2016/18).

Dengan Setan Merah, dua kemenangan sebelumnya di jalan menuju kesuksesan datang di laga final itu sendiri: 2006/07 dan 2017/18.

Eden Hazard mencetak gol kemenangan dari Manchester United di final Piala FA 2018


Jadwal & Hasil Premier League

Rabu
Brighton 0 Man Utd 3

Kamis
Arsenal v Norwich 00.00 WIB
Bournemouth v Newcastle 00.00 WIB
Everton v Leicester 00.00 WIB
West Ham v Chelsea 02.045 WIB

Jumat
Sheffield Utd v Tottenham 00.00 WIB
Man City v Liverpool 02.045 WIB
 

Premier League 2019/2020
1Liverpool31282170214986
2Manchester City31203877334463
3Leicester City31167859293055
4Chelsea31166955411454
5Manchester United321410851312052
6Wolverhampton Wanderers321313645341152
7Tottenham Hotspur31129105041945
8Burnley32136133645-945
9Sheffield United31111193031-144
10Arsenal31101384341243
11Crystal Palace32119122837-942
12Everton31118123846-841
13Southampton32124164155-1440
14Newcastle United31109122942-1339
15Brighton32712133444-1033
16Watford32610162949-2028
17West Ham United3176183554-1927
18Bournemouth3176182950-2127
19Aston Villa3276193660-2427
20Norwich City3156202556-3121

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA