Analisis

Cesar Azpilicueta mengevaluasi kekalahan derby dan bagaimana kita harus merespon

Kebangkitan Chelsea sejak restart berakhir di London timur dengan kekalahan domestik pertama dalam delapan pertandingan dari tim yang terancam degradasi, West Ham.

Dua gol Willian tidak cukup buat tim asuhan Frank Lampard, yang kebobolan dua gol dalam enam menit di setiap babak. Andriy Yarmolenko kemudian menyarangkan gol kemenangan di akhir laga yang dipentaskan di Stadion London.

Dapat dipahami jika kubu The Blues merasa kekecewaan saat pertandingan berakhir. Lampard menyinggung soal kesalahan yang mahal dan kurangnya konsistensi. Perasaan yang sama juga didapat kapten Cesar Azpilicueta, yang mengamini penilaian sang pelatih tentang kurang tajamnya tim, baik bertahan maupun menyerang, menentukan hasil pertandingan.

"Ketika menghadapi tim di Premier League seperti West Ham, yang berjuang selamat dari degradasi, Anda sadar mereka bisa bangkit dan akan berjuang keras," ujar pemain asal Spanyol itu.

"Semuanya salah kami karena tidak cukup kejam dalam menyelesaikan pertandingan."

Sang kapten menegaskan para pemain akan mengambil waktu untuk berefleksi dari penampilan, baik individual maupun kolektif, supaya memastikan bahwa mereka belajar dari kesalahan dan akan bangkit lebih tangguh.

"Kami harus jujur dalam menganalisis diri sendiri dan tim karena dengan pertandingan seperti ini, semuanya kami yang menentukan," jelasnya.

"Kami harus bertanggung jawab dan mampu menerima saat kami tidak melakukan hal yang benar dan saat kami melakukan kesalahan."’

Azpilicueta bersyukur pertandingan terus datang beruntun, yang akan memberikan tim kesempatan yang cepat dalam membenahi berbagai kesalahan dari pertandingan West Ham. Calon lawan The Blues berikutnya adalah tim pejuang degradasi lain, Watford, yang akan bertandang ke Stamford Bridge, Sabtu malam.

"Buat saya sendiri sebagai bek, kebobolan tiga gol sungguh membuat frustrasi dan mengecewakan dan ini melukai," sambungnya.

"Saya tak sabar untuk kembali bekerja dan berlatih, memainkan pertandingan berikutnya karena saya pribadi merasa sangat buruk dan sangat frustrasi. Saya ingin segera bermain di pertandingan berikutnya untuk secepat mungkin mengatasinya".

Baca juga: Willian sesalkan kekalahan

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA