Berita

Trio skuad binaan sepakati kontrak dan peminjaman

Striker skuad binaan Charlie Brown memperpanjang masa pinjaman di Belgia musim 2020/21, sedangkan Jack Wakely dan Jon Russell menandatangani kontrak baru Chelsea.

Brown awalnya dipinjamkan ke Royale Union Saint-Gilloise Januari lalu dan sudah mencatat tiga penampilan untuk tim asal Brussels itu, yang nyaris saja menembus play-off divisi dua. Pemain 20 tahun itu mencetak lima gol dalam 18 penampilan untuk skuad binaan kita sebelum masa pinjaman tersebut dan kini akan kembali ke Belgia untuk satu musim penuh.

Brown merupakan top skorer tim Akademi musim 2018/19 dengan catatan 20 gol dalam 31 penampilan. Dia menandatangani kontrak Oktober 2018, yang membuatnya berkomitmen ke Chelsea hingga musim panas 2021.

Sementara, Russell dan Wakely menyetujui perpanjangan kontrak satu tahun menjelang dimulainya musim baru. Dua pemain ini membantu tim muda kita mencatat rekor tak terkalahkan pada Premier League 2 sebelum pandemi virus corona menghentikan kompetisi yang menyisakan empat laga lagi.

Pemain belakang Wakely mencatat 18 penampilan untuk tim asuhan Andy Myers, sedangkan gelandang Russell mencetak tiga gol dalam 11 pertandingan. Kontribusi itu membawa The Blues memimpin klasemen sebelum penghentian kompetisi. Premier League belum mengumumkan keputusan kelanjutan kompetisi musim 2019/20.

Ada pula sejumlah kontrak baru jangka panjang hingga 2023 bagi Levi Colwill dan Bryan Fiabema. Colwill tumbuh dengan impresif musim ini setelah menandai debut di skuad binaan, sedangkan Fiabema didatangkan dari Tromso IL, Februari lalu.

Di tempat lain, bek tim muda Josh Brooking dan Charlie Wiggett membubuhkan tanda tangan mereka di kontrak profesional pertama dengan komitmen pada klub hingga Juni 2022.

Eks pemain muda Reading, Brooking, mengukir 12 penampilan untuk tim U-18 musim lalu, sedangkan Wiggett 14 kali berlaga untuk tim asuhan Ed Brand sekaligus turun debut di UEFA Youth League. Rekan setim mereka, Ethan Wady, juga menyetujui kontrak baru berdurasi satu tahun.

Ada pula dua lulusan Akademi yang meninggalkan Stamford Bridge musim panas ini karena akhir masa kontrak. Josh Grant mulai berlatih di Chelsea saat masih berusia tujuh tahun dan meninggalkan segunung pencapaian, terbaru adalah membawa Plymouth Argyle meraih tiket promosi otomatis ke League One saat dipinjamkan musim ini.

Dia dinobatkan sebagai Scholar of the Year 2016 setelah tampil sebagai kapten tim muda untuk meraih gelar juara kedua dalam beberapa tahun terakhir, begitu pula dengan sejumlah prestasi di kelompok usia muda, seperti FA Youth Cup, UEFA Youth League, dan liga nasional.

Pemain belakang kelahiran Brixton itu menghabiskan dua musim terakhir dengan tampil di League Two untuk Yeovil Town dan Plymouth berturut-turut.

RIchard Nartey pindah setelah 12 tahun bersama klub. Bek tenang yang bertipe ball-playing ini punya peran besar saat tim U-18 merebut tiga gelar musim 2016/17 ditambah dengan enam penampilan untuk skuad binaan pada musim yang sama.

Setelah dua musim di skuad U-23, Nartey menandai langkah pertamanya di ajang senior dengan menghabiskan musim bersama klub League One Burton Albion, tampil dalam 29 pertandingan. Mereka menghuni peringkat 12 di klasemen akhir setelah musim dihentikan dan peringkat ditentukan berdasarkan poin-per-laga.

Pemain yang juga pindah adalah Marcel Lavinier, Jake Askew, Jordan Aina, dan James Clark, meski penyesuaian dilakukan guna memperpanjang masa tinggal mereka musim panas ini menyusul kondisi pandemi COVID-19. Empat pemain itu menandatangani perpanjangan kontrak satu bulan dan pada saat bersamaan mereka mencari klub baru.

Kami berterima kasih atas segala kontribusi mereka selama menjadi pemain Chelsea dan berharap sukses menyertai karier mereka di masa datang.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA