Berita

Lampard bahas VAR, kedatangan dua pemain baru & dua pemain absen untuk laga melawan Watford

Dalam konferensi pers jelang pertandingan melawan Watford, Sabtu (4/7), Frank Lampard menyatakan dua pemain akan absen serta situasi terkini dua pemain baru dan menegaskan tanggung jawab kolektif saat bertahan sebagai tim.

Dengan padatnya jadwal pertandingan, sang manajer kembali berada di ruang media Cobham untuk melayani sejumlah pertanyaan jurnalis melalui panggilan video Zoom dalam semangat kenormalan baru.

Lampard memulai dengan membeberkan kabar terkini tim yang menghadapi laga kelima dalam 14 hari terakhir, yaitu menjamu Watford di Stamford Bridge Sabtu malam, serta kondisi terkini cedera Fikayo Tomori dan Mateo Kovacic.

"Fikayo masih belum fit," ujar Lampard. "Mudah-mudahan dia bisa berlatih lagi dengan tim kira-kira pekan depan. Dia bekerja dengan tekun, tapi masih sulit untuk membawanya ke lapangan latihan."

"Kovacic masih akan absen. Otot Achilles-nya sakit saat pertandingan melawan West Ham dan dia akan absen pada pertandingan nanti, mungkin juga pertandingan berikutnya, tapi mudah-mudahan tidak terlalu lama."

Lampard juga menyampaikan informasi tentang kapan Timo Werner dan Hakim Ziyech tiba di Cobham.

"Mereka belum datang. Sama seperti negara lain, kami harus menunggu perkembangan karantina guna memastikan para pemain bisa melakukan perjalanan dan bekerja saat kami butuhkan nanti."

"Soal Timo Werner, dia baru saja menyelesaikan musim, jadi dia layak mendapat istirahat nutuk saat ini dan akan kembali kira-kira akhir Juli. Ziyech akan tiba lebih cepat, tapi kami harus menunggu perkembangan karantina sebelum bisa memastikannya."

Frank mengatakan, dia tak memusingkan masalah transfer setelah ada pertanyaan yang mengaitkan Emerson dengan kepindahan ke Italia.

"Saya tak tahu ada pembicaraan. Apa yang saya lakukan saat ini adalah fokus kepada tim dan skuad dari hari ke hari. Saya tak punya diskusi apa pun terkait bursa transfer, baik soal siapa yang akan didatangkan maupun siapa yang akan hengkang."

"Jelas pertanyaan itu akan kami jawab saat musim berakhir ketika jendela transfer dibuka, tapi saya tak mau terpengaruh dengan adanya rumor atau gosip dan saya tidak terlibat, jadi kami hanya akan terus berlatih."

Lampard ditanya tentang pendapatnya soal gol Tottenham yang dibatalkan VAR dan penggunaan teknologi video dalam sepakbola.

"Saya pikir seharusnya tidak dianulir. Banyak contoh yang bermunculan musim ini, terkadang itu merugikan dan terkadang menguntungkan. Ketika saya mendengar manajer lain mengeluh, saya maklum karena secara emosional sungguh sulit menerima keputusan seperti itu."

"Saya juga bersimpati kepada para wasit dan petugas VAR dalam hal ini karena ada peraturan tertulis. Memang seharusnya akal sehat digunakan, tapi kalau sudah tertera di dalam buku peratura, handball harus diberikan."

"Kita perlu berefleksi besar-besaran akhir musim nanti. VAR banyak membantu kita, tapi masih banyak cara memperbaikinya dan saya pikir kita semua perlu duduk bersama di akhir musim - wasit, manajer, pemain, semua orang yang terlibat di sepakbola yang mencintai olahraga ini bisa memberikan masukan untuk mencoba dan menjangkau solusi yang kita inginkan."

Marcos Alonso menjadi sasaran kritik tengah pekan dan sang bos menjawabnya dengan menjelaskan peranan full-back modern.

"Mereka punya tanggung jawab untuk melakukan keduanya [menyerang dan bertahan] dan itu hal yang penting. Kami mencoba bermain sepakbola dan menjadi progresif, tapi tentu kami tidak melakukannya dengan niat ingin kebobolan. Upaya lari menutupi merupakan bagian besar dalam sepakbola dan para pemain harus melakukannya baik itu pada menit pertama maupun menit ke-90."

"Saya pikir tidak adil hanya menilai Marcos dari satu insiden - dia bisa menutupi dan kami mampu menutupi lebih baik sebagai tim, tapi itu harus sesuatu yang fundamental bagi tim. Tim harus berlari ke belakang sebanyak berlari ke depan, dan pemain harus mau berlari dalam situasi sulit untuk membantu tim."

"Saya tidak bisa mengeluh tentang hal itu tahun ini karena secara umum kami memiliki hasrat untuk menekan lawan dengan sangat baik dan ketika kehilangan bola kami harus menutupinya dan bertahan."

Lampard mewaspadai bahaya yang bisa ditimbulkan Watford.

"Mereka tim yang berbahaya dan dengan Nigel Pearson mereka telah menunjukkan keinginan besar untuk keluar dari kesulitan. Dia datang pada saat yang sulit, tapi mereka punya semangat. Jadi, saya tak mau terlalu terpengaruh dengan hasil baru-baru ini. Kami tahu mereka tim yang sangat bagus dan mereka mengincar poin."

"Beberapa hari lalu kami menghadapi tim dengan kesulitan serupa, jadi kami harus mewaspadai bahaya pertandingan nanti."

Terakhir, Lampard merespon pertanyaan tentang nominasi dirinya sebagai Manager of the Month.

"Masih ada West Ham di dalam kepala saya, jadi saya agak terkejut meski ini hal kecil yang bisa saya banggakan. Bukan hal yang besar atau penting, tapi membuktikan kalau kami dalam performa yang bagus - lima kali menang dalam lima pertandingan selama periode tersebut, dan bermain dengan baik."

"Jelas pertandingan melawan West Ham mengecewakan, kami sadar akan hal itu tapi sebelumnya kami tampil dengan baik. Penghargaan ini selalu menjadi penghargaan kolektif karena menjadi buah kerja sama pemain dan staf kepelatihan."

-Pilih Frank menjadi Manager of the Month di sini

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA